manfaat ngeblog BLOGGER sandi iswahyudi18 Blogger dari Berbagai Kalangan, Berbagi Manfaat, Tips-Trik Ngeblog Pada Mahasiswa Baru FPP UMM — Bersyukurlah bagi Anda yang saat ini sudah berada di dunia kepenulisan, khususnya blogging. Sebab tidak banyak generasi muda yang tertarik.

Bagi Anda yang tertarik atau suka menulis, jangan setengah-setengah. Sekalian saja tenggelam. Maksudnya sekalian fokus, konsisten, dan komitmen.

Agar apa yang didapatkan tidaklah setengah-setengah. Seperti yang pernah disampaikan paklek saya di Kalimantan, pada saya, “Kalau kamu sudah terjun disatu bidang, ya sudah kamu fokus di sana. Jangan pindah-pindah!”

Hikmah ini saya dapat saat mengisi materi di Fakultas Pertanian Peternakan UMM dihadapan sekitar 700 mahasiswa baru dalam acara Student Day, Sabtu (21/11).

Padahal saya kemarin menyampaikan materi tentang dunia blogging dengan kemasan yang menarik.

Menarik dari segi penyampaian, dan segi peluang baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Soalnya, kalau pengalaman saya saat masih jadi mahasiswa baru. Hanya dapatkan informasi secara umum/lebih ke teknis tentang dunia blogging.

Saya membuka materi pertama dengan pengalaman saya Rabu-Jumat mendapat undangan dari ASUS yaitu, Zen Festival Indonesia 2015. Di sana, saya sampaikan bahwa saya mendapat produk terbaru ASUS yaitu Zenfone Selfie dan mendapat doorprize ASUS Zenbook UX305.

Mereka bersorak menandakan keinginan untuk mendapatkannya juga. Setelah itu, saya sampaikan manfaat dan peluang ngeblog dari berbagai sisi. Seperti yang sudah saya jelaskan ditulisan sebelumnya yaitu, Berbagi 8 Manfaat Jadi Blogger yang Saya Rasakan dengan Booklicious Malang.

Selama presentasi saya lebih banyak melakukan kontak mata dengan para mahasiswa. Baik yang cewek maupun cowok. Lewat cara seperti ini saya jadi tahu mana yang antusias dan asal mendengarkan.

Mereka yang antusias terlihat dari bagaimana mereka bersikap dan memandang.

Memang, segala hal yang berhubungan dengan literasi tidak mudah untuk disebarkan di Indonesia. Namun itu tidak menjadi halangan, untuk terus sebarkan asyiknya menulis.

Saat saya tanya, siapa yang tertarik untuk ngeblog? Sekitar 20 orang mahasiswa-mahasiswi angkat tangan. Namun persentase terbesarnya adalah mahasiswi.

Mungkin ini juga salah satu indikator, kenapa perkumpulan blogger lebih banyak jenisnya adalah cewek daripada cowok. Kalau yang saya tahu perkumpulan blogger cowok cuma Blogger Laki, sedangkan yang cewek, banyak sekali jenisnya.

Setelah itu diakhir slide saya memberikan dua kutipan dari dua tokoh yang berbeda.

Pertama dari Teguh Sudarisman, Pemimpin Redaksi Kalstar Inflight Magazine

Ngebloglah selagi muda dan single. Kau tak akan pernah tau kemana blog akan membawamu pergi.

Kedua dari Walikota Bandung, Ridwan Kamil

“Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki.”

Dua kutipan tersebut sebagai pemerkuat tentang pentingnya menjadi seorang blogger. Bukan blogger yang hanya mencari eksistensi semata, namun sebagai pejuang penyebar virus positif bagi yang lain.

Sebab dengan menjadi blogger, kita akan terus terpacu untuk hasilkan konten-konten yang positif dan soluti.

Saat sesi pertanyaan, saya pikir gak ada yang bertanya. Ternyata tidak, kemarin yang bertanya sekitar delapan orang mahasiswa-mahasiswi. Rata-rata mereka bertanya terkait motivasi, konten hingga google adsense.

Melihat antusias seperti itu, sebelum saya tutup acaranya, saya memberikan tantangan pada mereka untuk meliput kegiatan ini. Kemudian memposting baik diblog atau catatan FB, setelah itu mereka tag saya.

Saya kasih mereka waktu satu minggu. Itu nanti mereka yang sudah mengumpulkan tulisan akan saya bimbing untuk menjadi blogger. Hingga sekarang belum ada yang menulis. Mungkin karena kesibukan mereka, atau sebab hal lainnya.

Lewat acara ini, saya mendapatkan banyak hikmah. Salah satunya, tentang keteguhan dan konsistensi. Sekarang, mungkin mereka tidak tertarik, tapi esok mereka akan tahu.

O iya, kemarin dalam presentasi saya, saya juga merangkum manfaat yang sudah dirasakan oleh beberapa blogger dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Jadi, apa yang saya sampaikan kemarin kompilasi dari pengalaman saya, serta blogger lainnya dari beragam latar belakang.

17 Blogger berbagi manfaat, tips-trik, dan pesan bagi generasi muda tentang dunia blogging

Berikut beberapa blogger yang sudah mengisi di kuesioner yang sudah saya sediakan.

Saya menanyakan tiga pertanyaan pokok, yaitu manfaat menjadi blogger yang sudah dirasakan, tips dan trik untuk merasakan manfaat ngeblog, dan pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran.

Semoga bermanfaat bagi Anda, karena semua yang mengisi kuesioner ini sudah merasakan manfaat menjadi blogger yang luar biasa.

Pertama, M. Yunus, pengajar, ngeblog sejak 19 Maret 2015

Situs: 

kompasiana.com/m_yunus

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, jalan-jalan gratis, produk gratis, tidur di hotel gratis, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, menang lomba ngeblog, dikenal oleh banyak orang, bertemu-satu acara dengan orang terkenal, dan semakin lancar menulis artikel.

Tips dan trik:

Rajin mengunjungi blog, menyapa lewat blog, sharing, dan mulai belajar menuliskan pengalaman menarik diblog.

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Bunuh waktu senggangmu dengan ngeblog dan menulis, engkau akan dibawa entah ke mana hingga menemui takdirmu sendiri.

Kedua, Yulia, ibu rumah tangga, ngeblog sejak 04 April 2013

Situs:

julayjo.blogspot.co.id
julayjo.wordpress.com
tipsdantrikjulayjo.co.id
puisisisiromantisku.co.id
kompasiana.com/julayjo
julayjo.blogdetik.com

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, kuliner gratis, produk gratis, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, menang lomba ngeblog, dikenal oleh banyak orang, mudah dapat pekerjaan, dan bertemu-satu acara dengan orang terkenal.

Tips dan trik:

Rajinlah menulis dan membaca situasi

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran :

Jangan sia-siakan waktu muda dengan hal-hal mubazir!

Ketiga, Ila Rizky Nidiana, freelance, ngeblog sejak 08 Oktober 2009

Situs:

ilarizky.com
ilarizky.blogspot.com
resep.ilarizky.com
resensi.ilarizky.com

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, jalan-jalan gratis, kuliner gratis, produk gratis, tidur di hotel gratis, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, menang lomba ngeblog, dikenal oleh banyak orang, mudah dapat pekerjaan, dan bertemu-satu acara dengan orang terkenal.

Tips dan trik:

Berlatih menulis setiap hari minimal membuat 1 tulisan 500-1.000 kata selama 2 tahun, rajin ikut lomba untuk mengasah kemampuan dan melatih mental pemenang.

Insya Allah akan terbiasa menulis hingga tahun-tahun berikutnya.

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Proses menghasilkan sesuatu dari blog tidak instan. Pahami bahwa menulis bisa memberikan banyak manfaat jika kita fokus untuk terus memperbaiki kualitas tulisan kita.

Keempat, Ani Berta, freelance, ngeblog sejak 14 Juli 2008

Situs:

anny.blogdetik.com
duniaspasi.blogspot.com

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, jalan-jalan gratis, kuliner gratis, produk gratis, tidur di hotel gratis, jadi pemateri/pembicara, menghasilkan buku, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, menang lomba ngeblog, dikenal oleh banyak orang, mudah dapat pekerjaan, dan bertemu-satu acara dengan orang terkenal

Tips dan trik:

Jadi diri sendiri, selalu belajar dan antikritik

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Tangkap peluang dan jangan berhenti belajar

Kelima, Dhanang Sukmana Adi, jurnalis, blogger dan dosen, ngeblog sejak 1 Januari 2008

Situs:

dsukmana.wordpress.com
soloinfoID.com

Manfaat ngeblog:

Jalan-jalan gratis, kuliner gratis, produk gratis, tidur di hotel gratis, jadi pemateri/pembicara, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, menang lomba ngeblog, dikenal oleh banyak orang, dan bertemu-satu acara dengan orang terkenal.

Tips dan trik:

Keep blogging dan blogwalking yang penting tulus jangan semata-mata pengen dapat imbalan dari blognya

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Tulislah apa yang dikerjakan, kerjakan apa yang kamu tulis

Keenam, Putu Sukartini, ibu rumah tangga, ngeblog sejak 10 Agustus 2008

Situs:

itsmearni.wordpress.com

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, jalan-jalan gratis, kuliner gratis, produk gratis, tidur di hotel gratis, jadi pemateri/pembicara, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, menang lomba ngeblog, dikenal oleh banyak orang, dan bertemu-satu acara dengan orang terkenal.

Tips dan trik:

Ngebloglah dari hati. Tak perlu terpaku pada tujuan berupa hadiah-hadiah. Lakukan saja. Maka rasakan manfaat berbagi lewat tulisan. Niatkan untuk berbagi, jangan terlalu hitung-hitungan!

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Ada banyak cara untuk menunjukkan bahwa kita “ada” tapi yang membuat kita akan dikenang adalah karya. Tulisan lewat blog adalah salah satunya.

Kita tidak tahu kemana tulisan itu akan berjalan, melintas batas, tapi yakinlah selama itu untuk kebaikan maka bonusnya adalah kebahagiaan 🙂

Ketujuh, Avy Chujnijah, ibu rumah tangga, ngeblog sejak 14 April 2014

Situs:

kompasiana.com/mbakavy
warungbulik.blogspot.co.id

Manfaat ngeblog:

Menang lomba ngeblog

Tips dan trik:

Harus pinter mencari relasi dan menjaga hubungan antar blogger. Karena dari teman yang lain kita bisa mendapat informasi yang bermanfaat.

Misalkan di ajak review atau liputan. Disitulah kita bisa menambah network.

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Ngeblog adalah menyalurkan hobi. Tapi kalau ditekuni dengan serius, bisa menghasilkan pendapatan. Atau bisa juga menjadi pekerjaan yang menjanjikan.

Kedelapan, Teguh Sudarisman, Pemimpin Redaksi Kalstar Inflight Magazine, ngeblog sejak 01 Maret 2007

Situs:

TGIFmag.com

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, jalan-jalan gratis, kuliner gratis, tidur di hotel gratis, jadi pemateri/pembicara, menghasilkan buku, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, menang lomba ngeblog, dikenal oleh banyak orang, dan bertemu-satu acara dengan orang terkenal

Tips dan trik:

  1. Blogging is a serious business. Jadi kalau bisa sejak awal memperlakukan blogging sebagai suatu hal yang serius, bukan main-main atau sekadar hobi atau mengisi waktu luang saja
  2. Serius ini ya maksudnya nulisnya diperbagus (dengan belajar EYD, tata bahasa, teknik penulisan, cara berbahasa tulis yang elegan, dsb), juga berlatih memotret (kalau blognya berkaitan dengan traveling atau foto-foto)
  3. Carilah template blog yang bagus dan rapi, yang mendukung dan mempercantik tampilan blog. Banyak ko yang gratisan di WordPress
  4. Fokuslah di satu topik saja, atau 2 topik yang berkaitan (misal travel dengan fotografi, tavel dengan review hotel atau review resto). Tidak perlu menjadi pasar atau supermarket, tapi cukup menjadi kafe khusus kopi Indonesia saja
  5. Aktif menulis posting (saya belum bisa karena banyak kesibukan) dan promosikan di media sosial
  6. Leverage-kan nulis blog itu dengan mengirim artikel ke media massa agar dapat modal untuk membiayai blog atau liputan. Blog saya isinya artikel yang saya kirim dan dimuat di media massa dulu, baru diposting di blog, bukan sebaliknya seperti banyak orang. Jadi kualitas tulisan di blog sama dengan di media cetak, dan nggak perlu ngedit ulang
  7. Aktif menjalin networking dengan komunitas blogger maupun dengan pihak-pihak yang relevan dengan tema blog
  8. Manfaatkan tawaran untuk review produk, jadi buzzer, jadi affiliasi dsb sepanjang relevan dengan isi blog. Kan lumayan supaya bisa membiayai blog. Kalau tidak dapat uang, gimana cara membiayai blog dan liputannya?

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran :

Ngebloglah selagi muda dan single. Kau nggak akan pernah tau ke mana blog itu akan membawamu pergi. 😀

Kesembilan, Fendi Chovi, jurnalis, ngeblog sejak 08 Juni 2014

Situs:

mapping-map.blogspot.co.id

Manfaat ngeblog:

Jalan-jalan gratis, tidur di hotel gratis, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan.

Tips dan trik:

Menulis yang pembaca sukai.

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Semoga aktif dan berbagi konten positif.

Kesepuluh, Ardiba Sefrienda, mahasiswa pasca sarjana, ngeblog sejak 08 September 2013

Situs:

ardiba.com

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, kuliner gratis, produk gratis, menghasilkan buku, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan.

Tips dan trik:

  1. Konsisten menulis, pokoknya nulis aja nggak usah kebanyakan mikir.
  2. Harus sabar, semua manfaat tersebut tak bisa didapat secara instan, butuh kerja keras, dan kesabaran
  3. Gabung di komunitas Blogger, biar koneksi berkembang dan dapet bocoran info yang lagi hits. Saya sendiri sering kulineran gratis gara-gara info dari komunitas blogger.

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Anak muda harus ngeblog! Ngeblog adalah cara asyik buat eksis. Ngeblog nggak harus tulisan, gambar dan video juga bagus buat materi ngeblog.

Kesebelas, Andri Surya, content writer, ngeblog sejak 8 November 2010

Situs:

sangsurya-andrisurya.blogspot.co.id
bukubukuseru.wordpress.com
wisatadankulinerseru.blogspot.co.id

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, menghasilkan buku, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, menang lomba ngeblog, dan bertemu-satu acara dengan orang terkenal.

Tips dan trik:

Menulis secara konsisten walau tidak setiap hari. Berbagi hal kecil namun berdampak positif

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Konsisten menulis dan mengunjungi blog milik blogger lain

Kedua belas, Meykke Santoso, guru bahasa inggris, ngeblog sejak 08 November 2009

Situs:

meykkesantoso.com

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, produk gratis, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, menang lomba ngeblog, dikenal oleh banyak orang, dan mengabadikan momen yg terjadi.

Tips dan trik:

Tulis apa saja yang terlintas dipikiranmu dan jadikan menulis sebagai kebutuhan

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Terus menulis, terus berkarya. Karena penulis boleh mati, tapi tulisannya akan tetap abadi.

Ketiga belas, N. Firmansyah, mahasiswa, ngeblog sejak 12 Januari 2010

Situs: 

nfirmansyah.com
n-firmansyah.blogspot.com

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, menghasilkan buku, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, menang lomba ngeblog, dan dikenal oleh banyak orang.

Tips dan trik:

Menulis dan menulis. Konsisten!

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Untuk yang belum punya blog: segera bikin blog dan mulai menulis!
Untuk yang sudah punya blog: terus menulis dengan konsisten dan percaya diri!

Keempat belas, Ihwan Hariyanto, PNS, ngeblog sejak 03 Juli 2007

Situs:

keluargabiru.com
ihwan.wordpress.com

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, kuliner gratis, produk gratis, tidur di hotel gratis, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, menang lomba ngeblog, dan dikenal oleh banyak orang.

Tips dan trik:

Rajin posting dan blogwalking.

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Rajinlah yang ngeblog dan eksplorasi semua kemampuan, jangan pelit untuk berbagi ilmu dan informasi.

Kelima belas, Widya Herma, copy writer, ngeblog sejak 21 Maret 2011

Situs:

widyaherma.com
kisahlapar.com
femazone.blogspot.co.id

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, jalan-jalan gratis, kuliner gratis, produk gratis, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, dikenal oleh banyak orang, mudah dapat pekerjaan, dan bertemu-satu acara dengan orang terkenal.

Tips dan trik:

Sering mengupdate blog, mengikuti berbagai macam komunitas ngeblog.

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Jangan tunda kesempatan terbaik untuk mendapatkan pengalaman menakjubkan dengan ngeblog!

Keenam belas, Elang Wicakso, swasta, ngeblog sejak 01 Oktober 2014

Situs:

Elangg.com
Amipop.com
Beritasurabaya.web.id
Papsnotes.blogspot.com

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, kuliner gratis, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, dikenal oleh banyak orang, mudah dapat pekerjaan, bertemu-satu acara dengan orang terkenal, dan mematangkan ilmu menulis.

Tips dan trik:

Konsisten menulis, belajar menulis yang baik, mencari passion kita di bidang apa, banyak bergaul/ikut komunitas.

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Temukan banyak manfaat dari ngeblog, hobi apapun bisa jadi konten yang bagus untuk menulis.

Ketujuh belas, Bai Ruindra ngeblog sejak 01 Januari 2011

Situs:

bairuindra.com

Manfaat ngeblog:

Tambahan uang bulanan, jalan-jalan gratis, produk gratis, tidur di hotel gratis, menghasilkan buku, nambah teman dan jaringan, berbagi ilmu, pengalaman, dan kebaikan, menang lomba ngeblog, dikenal oleh banyak orang, dan bertemu-satu acara dengan orang terkenal

Tips dan trik:

Satu kunci; menulis!

Pesan bagi anak muda tentang dunia perbloggeran:

Ayo berbagi melalui tulisan inspiratif dan bermanfaat!

Jadi dari 18 blogger—termasuk saya—dari berbagai latar belakang, mengatakan hal yang sama tentang manfaat menjadi blogger. Sekarang apakah Anda masih menimbang-nimbang untuk jadi blogger?

Semoga kompilasi ini bermanfaat. Sekali lagi terima kasih kepada 17 blogger yang sudah bersedia meluangkan waktu untuk mengisi kuesionernya. Semoga kita tetap konsisten ngeblog dan berbagi. Selamat ngeblog dan jangan lupa ceritakan pada dunia apa manfaatnya menjadi blogger!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here