5 Langkah Mudah Merekam Layar Smartphone Anda

“Iya mas, saya dapat penghasilan lumayan dari membuat video yang saya upload di youtube. Daftar ke google adsense juga gampang mas,” ucap Mas Febri blogger Riau yang saya tanya tentang cara menghasilkan komisi dari youtube saat di acara Zen Festival Indonesia 2015.

Februari 2016, saya baru praktik membuat video tutorial. Jenis video, yang menurut saya mudah pembuatannya. Tinggal langsung gunakan aplikasi, berbicara, tambah pemanis sebagai pelengkap, dan upload ke youtube.

Saya sendiri membuat video tutorial dari hal sederhana, yaitu tutorial membuat blog lewat wordpress dan terkait Zenfone Selfie.

Kalau membuat tutorial tentang wordpress, saya gunakan aplikasi Camtasia Studio. Sedangkan Zenfone Selfie, saya gunakan Az Screen Recorder. Aplikasi android yang saya download di google play secara gratis.

Setelah saya coba, caranya mudah, dan hasilnya juga tidak buruk, hehe. Silakan cek di channel youtube saya.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara membuat video dengan AZ Screen Recorder, saya akan berbagi alasan kenapa saya membuat video. Siapa tahu dari Anda, setelah membacanya, akan terinspirasi untuk terjun menjadi seorang videografer.

Empat alasan membuat video

Pertama maksimalkan potensi dan peluang yang ada

Potensi, saya suka teknologi, sedang belajar public speaking, dan berbagi. Sedangkan peluangnya, lewat video, saya juga bisa hasilkan uang. Selain itu, daftar google adsense di youtube lebih mudah daripada lewat blog.

Terbukti punya saya, sudah aktif, saat itu saya upload sekitar 10 video terus saya daftarkan adsense. Coba lihat video saya, iklan pasti akan keluar.

Inikan juga peluang. Tinggal kita saja memanfaatkannya dengan maksimal. Banyak jenis video yang bisa dihasilkan. Kita tinggal serius dan konsisten di sana, pasti dalam waktu tidak lama akan dapatkan penghasilan.

Kedua, meningkatkan personal branding

Saat saya baca buku Personal Brand-Inc menyebutkan, 77% perusahaan mencari calon karyawannya lewat media sosial.

Oleh sebab itu dengan membuat video yang kita suka dan sesuai keterampilan, tentu akan memberikan nilai plus bagi personal brand kita. Artinya peluang dan kesempatan yang lebih besar akan kita dapatkan.

Ketiga, membantu lebih banyak orang

Saya membuat video pertama, yaitu tutorial blog dari wordpress. Salah satu alasan yang mendasarinya yaitu, beberapa teman saya masih bingung membuat blog lewat wordpress. Akhirnya saya membuat video ini, dengan harapan bisa membantu lebih banyak orang dari berbagai daerah.

Bagi yang tidak suka membaca, video semacam ini jelas sangat membantu. Jadi bisa mendengarkan, sekaligus praktik langsung.

Anda juga bisa membuat video tutorial dengan melihat kebutuhan sekitar. Insyaa Allah walau video kita tekniknya sederhana, namun jika menghadirkan solusi dari permasalahan orang-orang. Pasti akan banyak diakses.

Keempat, meningkatkan keterampilan

Saya berpikir di era sekarang, saya tidak boleh hanya memiliki satu keterampilan saja, misalnya ngeblog. Saya harus melengkapi dengan keterampilan yang saling berhubungan, seperti memotret dan membuat video.

Kalau saya memiliki minimal ketiga keterampilan ini, bisa dipastikan kesempatan saya akan lebih besar daripada yang lain. Serta konten yang saya hasilkan akan lebih menarik dan menjual daripada lainnya.

Selain membuat video, saya sekarang juga sedang belajar membuat desain untuk pemanis dipostingan.

Keempat poin di atas adalah motivasi kenapa saya belajar video. Bagaimana dengan Anda, apakah memiliki motivasi yang berbeda? Mari ceritakan pada saya dikolom komentar ya 🙂

Selanjutnya saya akan berbagi bagaimana cara membuat video tutorial dengan AZ Screen Recorder.

  1. Download aplikasinya di google play, jika Anda pengguna iOS sepertinya juga sudah tersedia.
  2. Kemudian tekan aplikasi AZ Screen Recorder, maka akan muncul empat tombol seperti gambar 1.
  3. Untuk memulai rekaman layar, Anda tinggal tab pada tombol 1. Maka akan langsung muncul angka hitungan 3, 2, 1. Maka proses perekaman pun berlangsung.
  4. Anda bisa membuat tutorial terkait game, aplikasi, sistem di smartphone/apa pun itu. Aplikasi ini juga bisa merekam suara kita. Jadi video yang akan Anda hasilkan akan lebih maksimal.
  5. Jika sudah selesai silakan tekan aplikasinya lagi. Nantinya dipengaturan Anda bisa mengatur dengan menggoyangkan smartphone/tarik layar dari atas ke bawah untuk mematikan perekaman. Setelah itu, jika video ingin diperbagus silakan. Tapi jangan lupa, langkah terakhir upload diakun youtube Anda.

aplikasi Az Screen Recorder


Gb 1. Tampilan menu aplikasi Az Screen Recorder (Dok. Pribadi)

Berikut keterangannya:

Tombol 1, berguna untuk mulai merekam layar smartphone

Tombol 2, pengaturan. Gunanya untuk mengatur bagaimana cara mematikan perekaman yang disuka, memberikan watermark/logo, menghidupkan microphone, hingga mengatur kualitas perekaman.

Tombol 3, galeri. Video yang sudah dihasilkan, bisa dilihat di sini.

Tombol 4, keluar dari aplikasi.

Bagaimana mudah bukan? Silakan mencoba dan saya tunggu karyanya.

Ini karya saya, langganan ya 🙂

Reply