buku nabi Muhammad sandi iswahyudi
Buku Muhammad, Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik, karya Martin Lings, patut untuk dijadikan buku favorit keluarga

Buku Muhammad Karya Martin Lings: Membuatku Tersadar Tuk Pelajari Lebih Lanjut Tentang Nabi Muhammad SAW — Minggu lalu, sikap sombong, dingin, atau mungkin ketidakpedulian pada kekasih Allah sirna. Entah bagaimana aku mendeskripsikan tentang sikap dan tindakanku ini.

Aku seperti terhipnotis, tangan bergerak mengambil buku dengan tebal 555 hal hard cover di sebuah rak toko buku di Kota Malang. Membaca sampulnya, dan beberapa bab awal.

Saat membaca bab awal, aku ingin terus membaca bab kedua, dan seterusnya. Rasa dahaga yang selama ini tertutup, kembali menganga.

“Saya langsung membacanya sampai habis, membacanya lagi, dan masih saja terpesona,” ungkap Titus Burckhardt memberikan testimoni di sampul depan buku ini.

Aku tahu jika kekasih Allah itu suri teladan yang baik. Segala sesuatu darinya perlu di contoh, seperti yang telah disebutkan dalam Al-Quran:

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah (Al-Ahzab: 33:21)

Dalam buku The 100 karya Michael Hart a Ranking of the Most Influential Persons in History,” (Seratus; Ranking Orang-orang Paling Berpengaruh dalam Sejarah) Nabi Muhammad oleh penulis dijadikan sebagai tokoh pertama yang paling berpengaruh dalam sejarah dunia.

Namun entah, apa yang membuatku baru tersadar membacanya bulan ini, kenapa tidak dari dahulu?

Padahal sebelumnya aku telah baca beberapa biografi tokoh sukses. Ah mungkin aku terlalu buta/sombong. Sehingga orang yang sikapnya telah dipuji oleh Allah aku tak tertarik untuk membaca, belajar, dan meneladaninya.

BACA JUGA: 5 Langkah Membuat Anak Gila Membaca Sejak Bayi Ala Mohammad Fauzil Adhim

Sedangkan tokoh yang belum tentu dapat pujian dari Tuhan sudah aku baca. Alhamdulillah puasa ini, aku telah disadarkan oleh-Nya.

Tahukah apa buku itu? Ya, buku itu berjudul Muhammad, Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik, karya Martin Lings, terbitan Serambi

Apa isinya buku ini?

Buku ini berisi kisah lahirnya ayah nabi, pernikahan dengan Aminah, lahirnya nabi, perjuangan nabi menyebarkan agama Islam, hingga nabi meninggal dunia. Kisahnya di ambil dari buku-buku biografi dan sejarah klasik abad ke-8 dan ke-9 M. Serta kumpulan hadis nabi dari abad ke-9.

Di sini aku membaca, bagaimana nabi sejak kecil sudah ditinggal oleh kedua orang tuanya, sudah terbiasa bekerja dengan menggembala, kemudian berdagang keluar Mekah. Sehingga sejak kecil beliau sudah memiliki kecakapan baik hard dan soft skill.

BACA JUGA: Lika-liku Belajar Ngeblog dari 2014 Sampai Memiliki 3 Blog

Kalau saya dahulu waktu kecil, masih bermain dengan teman, menangis ketika mainan di ambil, serta jauh dari kata mandiri. Beda dengan Nabi Muhammad sejak kecil.

Kemudian buku ini juga menceritakan peperangan nabi, tentang apa alasannya. Bagaimana nabi mengatur strategi perang, kemudian cara pengambilan keputusannya, serta kepemimpinan beliau. Baik kepemimpinan ketika di medan perang, dalam komunitas (umat) atau keluarga.

Kerennya buku ini

Hebatnya sang penulis yaitu Martin Lings, menulis biografi nabi tidak seperti menulis sebuah catatan sejarah yang membosankan. Martin menulis dengan sangat apik.

Ketika membaca, saya merasa berada di cerita itu. Misalnya ketika nabi disiksa oleh kaum kafir karena menyebarkan agama baru—dilempari kotoran, dicemooh, dll—hingga nabi ketika dalam peperangan.

Alhasil, saya mendapatkan pesan dari cerita itu. Hati dan pikiran saya terpikat untuk terus menyelesaikan cerita hingga halaman akhir. Kadang sedih, senang, cemas, dan ragam perasaan yang muncul mengiringi perjalanan cerita.

BACA JUGA: (+Video Animasi) Lika-liku Belajar Membuat Video Animasi

Dampak terbesar lainnya, saya akan membaca biografi Nabi Muhammad secara lebih spesifik. Misalnya dalam hal kepemimpinan beliau, rumah tangga/lainnya.

Buku ini hanya sebagai cendela yang membuka samudera ilmu yang luas. Dia memberikan keterikatan dan kunci pada pembacanya agar terus membaca tentang nabi lebih jauh dan lebih dalam.

Beruntung pada umur 24 tahun, saya sudah membaca buku ini. Jika Anda membaca tulisan ini, saya sarankan ketika ke toko buku/membuka toko buku digital untuk mencari judul buku ini dan membaca sinopsisnya/halaman pertamanya. Insyaallah hati dan pikiran Anda akan tertaut untuk membacanya lebih lanjut.

Buku yang menurut saya, pantas untuk dikoleksi dan dibaca ulang.

“Ketika membaca Muhammad karya Lings ini, kita akan merasakan semacam efek kimia pada narasi dan komposisi bahasa yang terombinasi dengan keakuratan serta gairah sastrawi. Lings adalah cendekiawan-penyair,” Profesor Hamid Dabashi, Columbia University.


Buku benar samudera ilmu. Buku benar, sebaik-baik sahabat.

Membaca biografi orang-orang sukses. Aku jadi tahu, bagaimana cara menjadi seperti mereka.

Membaca buku biografi nabi menjadikanku tahu bagaimana caranya bersikap dikeluarga, umat, hubungan dengan manusia dan Allah.

Tak ada waktu untuk mencoba-coba. Aku harus banyak membaca buku-buku tentang Nabi Muhammad dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Harapannya satu, “sukses dunia akhirat seperti beliau. Serta esok bisa satu tempat dengan nabi.” Aamiin

Selamat membaca dan bersahabat dengan buku.

15 KOMENTAR

  1. Kalau baca dari ulasanmu kayaknya gaya penulisan biografi ini ringan ya San. Semoga bisa berjodoh dengan buku ini, udah lamaaa aku ga baca buku 🙁

  2. Aku baca ini aja kok sampe merinding mas Sandi.
    Maasyaa Allah.
    Pengen baca bukunya. Lengkap banget sampe kisah ayah dan ibu Nabi Saw juga ada. Kisah ini jarang ada di buku shirah lainnya.

  3. Aku punya buku Hikayat “Muhammad” yang halamannya 500+. Isinya juga cukup menarik mas, tapi kayaknya buku Biografi Muhammad juga bisa masuk koleksi saya, nih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here