Pemateri SMK: 10 Trik Sukses Prakerin dan Melipat Gandakan Manfaatnya

pemateri di SMK

Saya menanyangkan video tentang seorang anak IPB yang bisa meraih mimpi-mimpinya berawal dari keyakinannya menulis 100 mimpinya (Dok. Pribadi)

Pengalaman adalah guru terbaik.

Transformasi diri yang terjadi begitu menakjubkan, dari yang biasa saja saat kuliah. Berubah 180 derajat menjadi semakin baik. Selain untuk menyesuaikan diri, juga ajang untuk perbaikan. Saya semakin disiplin, komunikatif, mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dengan cepat, memahami ritme pekerjaan, dan tentunya mudah bergaul. Itulah pengalaman berharga saya saat magang di Kecap Bango Unilever.

Hari ini saya kembali ke memori masa lalu saat masih gunakan seragam abu-abu di SMK Negeri 2 Batu. Beberapa kali terlambat datang dan dihukum dengan mencabut rumput, tidak aktif ikut kegiatan organisasi, dan pendiam. Serta lewat sekolah ini, saya bisa merasakan dunia kampus di UMM.

Besar, mewah, dikelilingi sawah, dan dua gunung, serta ditunjang dengan fasilitas yang lengkap. Itulah gambaran sekolah saya sekarang. Sekolah yang telah berkembang sedemikian pesatnya.

Alhamdulillah Jumat (19/2/2015), saya mendapat kesempatan menjadi pemateri pada murid-murid kelas 2 sebanyak 58 orang, jurusan agribisnis pengolahan hasil pertanian dan perikanan. Agendanya berupa pembekalan bagi mereka yang akan melaksanakan Prakerin (Praktik Kerja Industri) di dunia usaha/industri.

Saya mengisi tentang pentingnya memiliki motivasi diri, soft skill, dan kemampuan untuk melipat gandakan manfaat Prakerin. Materi saya sarikan dari pengalaman pribadi dan beberapa literatur.

Kemarin saya menyampaikan 10 Trik Menikmati Prakerin & Melipat Gandakan Manfaatnya. Namun di tulisan ini, saya hanya akan menyampaikan empat poin saja. Di mana empat poin ini, kemarin saya jelaskan lebih mendalam.

Pertama tahu tujuan dan mimpi

Saya dahulu saat SMK, Prakerin di dua industri berbeda dengan tujuan jangka pendek hanya untuk menyelesaikan tugas sekolah. Sedangkan jangka panjangnya sekadar mendapatkan pengalaman.

Tujuan semacam itu membuat saya tidak berkembang, saat di industri saya hanya melakukan apa yang harus dilakukan. Selain itu tidak. Padahal saat Prakerin di industri harus dimaksimalkan sebaik mungkin.

Makanya tujuan dan mimpi sangat memengaruhi seseorang dalam beraktivitas. Kemarin saya menekankan ini pada mereka tentang pentingnya memiliki tujuan dan mimpi yang tinggi.

Ketika ini dimiliki mereka akan mampu memaksimalkan kesempatan yang ada. Hal ini juga sudah saya terapkan ketika 2014 melaksanakan magang di Unilever. Hasilnya saya mendapatkan beragam manfaat.

Kedua bisa melakukan hal sepele hingga penting

SMS atau kirim email adalah hal sepele yang semua orang bisa melakukan. Tapi tidak semua orang tahu, bagaimana SMS/kirim email sesuai etika.

Teman kuliah saya ada juga yang dia masih bingung bagaimana SMS dan kirim email ke dosen. Padahal hal inikan sepele/mendasar.

Sedangkan untuk hal pokok yang harus diketahui, adalah membuat PPT yang menakjubkan dan manajemen konflik.

Saya kemarin menjelaskan poin bagaimana etika kirim email, SMS, membuat PPT hingga manajemen konflik. Saya berikan mereka tips-tips yang bisa dilakukan.

Poin utama yang harus dipahami bersama terkait manajemen konflik. Sebab saat dilapangan sangat rawan terjadi permasalahan internal dalam satu tim Prakerin.

Jika tidak diselesaikan dengan cepat, rawan terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Dampak lebih besarnya, bisa membuat nilai dalam suatu tim Prakerin jelek dan kekecewaan industri ke sekolahan.

Memang jika ingin memperdalam manajemen konflik, tempat yang pas lewat aktifitas di organisasi. Namun dengan beberapa tips sederhana yang saya berikan, bisa membantu mereka menjalani lika-liku yang terjadi nantinya.

Ketiga, afirmasi diri

Pengalaman saya magang di Unilever selama satu bulan di Subang, telah mengajarkan pentingnya mengoptimalkan kekuatan alam bawah sadar.

Tekanan, tanggung jawab, amanah, dan mimpi membuat pikiran tiap hari mudah sekali terserang stres. Salah satu cara meredakannya melakukan afirmasi diri.

Saya biasanya melakukannya saat akan tidur, dengan kondisi lampu saya matikan. Kemudian saya mainkan video Kitaro yang Silk Road. Instrumen dan gambar yang pas, membuat pikiran saya tenang dan nyaman. Pada saat itu, saya berbicara dengan diri sendiri dengan kata-kata afirmasi.

Seperti, Sandi kamu pasti sukses kamu akan menjadi orang besar kamu pasti bisa jalani dan hadapi ini. Ini adalah tahapan untuk kamu jadi orang besar tinggal kamu yakin, hadapi dengan tenang, dan optimis

Bismillah… Wahai tubuh, kamu sehat selalu ,kamu kuat dan mudah beradaptasi.

Selain itu, saya juga biasa berdoa disujud terakhir ketika shalat. Di mana pada sujud terakhir, merupakan waktu yang pas untuk berdoa dan meminta kepada-Nya.

Sebenarnya setiap orang itu bisa sukses. Tinggal mau memperbesar kapasitas dan yakin pada dirinya sendiri serta Tuhan tidak.

Keempat, menjaga silaturrahim dan melipat gandakan manfaat

Trik keempat yang tidak banyak peserta Prakerin melakukannya, adalah menjaga hubungan pertemanan yang sudah terjalin serta melipat gandakan manfaat.

Kebanyakan yang saya jumpai, setelah selesai Prakerin mereka tidak menjaga hubungan pertemanan yang sudah terjalin. Minimal menanyakan kabar atau aktivitasnya sekarang.

Manfaat perbanyak pertemanan dan menjaganya jelas, yaitu berlimpahnya rezeki dan ilmu.

Selain itu, rata-rata setelah Prakerin tidak ada tindakan melipat gandakan manfaat dengan menuliskan pengalaman di blog atau media sosial lainnya.

Sebagian besar, aktivitas yang dilakukan pasca Prakerin hanya menyelesaikan laporan. Padahal jika mau mengabadikan luar biasa dampaknya.

Pengalaman saya mengabadikan magang di Unilever lewat blog, memberikan beragam manfaat bagi saya dan orang lain. Saya bisa mengingat pelajaran-pelajaran penting ketika di sana, bagian dari branding diri, serta menginspirasi orang lain.

Sejak kemarin, seingat saya, sudah ada sekitar lima orang lebih yang menanyakan tentang bagaimana magang di Unilever, setelah mereka baca tulisan saya di blog.

Dua pesan terakhir

Kemudian setelah menjelaskan empat hal di atas. Saya memberikan dua pesan terakhir buat mereka.

Pertama pentingnya aktif di organisasi. Saya menyarankan pada mereka, mumpung masih kelas dua, sebaiknya nanti saat kelas tiga aktif di organisasi.

Aktif di organisasi terbukti bisa membuat seseorang bermetamorfosa dari pendiam dan pemalu menjadi aktif serta produktif.

Kedua, terjun ke dunia blog. Dunia internet sudah dikenal oleh mereka. Sayangnya saat kemarin saya tanya, banyak yang masih belum tahu blog. Padahal manfaatnya luar biasa (Baca juga: Beragam Manfaat Ngeblog).

Pertemuan kemarin berjalan sekitar satu jam lebih. Saya menampilkan juga beberapa video terkait materi.

Saya juga mendorong mereka untuk berani bermimpi, salah satunya melanjutnya studi. Alhamdulillah kemarin sebagian ingin melanjutkan studi, sisanya bekerja.

Doa saya semoga mimpi mereka terwujud. Mereka pasti sukses, baik yang ingin bekerja/atau kuliah.

Kuncinya yakin pada diri dan kebesaran Tuhan. Saya dahulu juga berasal dari keluarga sederhana, alhamdulillah dengan kuasa-Nya saya bisa kuliah sampai sekarang.

Reply