De Pawon Malang: Kombinasi Masakan Eropa dan Jawa

Malang bukan hanya kota pelajar namun juga kuliner. Mulai dari cita rasa lokal, luar negeri hingga kombinasi di antara keduanya ada.

Malang itu kalau pagi atau malam dingin. Namun jika sudah siang, kisaran pukul 12.00 s/d 14.00 WIB cuacanya panas. Saya kalau pukul segitu lebih suka di bawah pohon—dingin dan sejuk/atau cari tempat yang nyaman. Alhasil biasanya, waktu seperti itu, cocok untuk tidur siang sejenak/bersantai.

Tapi, Sabtu (15/8/2015) pukul 13.00-an, saya malah menerobos padatnya jalur transportasi di daerah Galunggung Malang, menuju de Pawon.

Apalagi kalau bukan cari tempat nongkrong dan kuliner yang enak. De Pawon, salah satu tempat kuliner di Malang, yang memadukan konsep makanan Eropa (dilihat dari kata ‘de’) dan Jawa (dari kata ‘pawon’) terletak di Jl. Galunggung 89F.

Letaknya berada dideretan ruko, dengan tulisan besar di depan “de Pawon Steak & Whatever.” Saya ke sini tidak sendiri, saya bersama Mbak Anis—blogger dan pemilik penerbit indie Ae Publishing—dan Mas Ihwan bersama istri dan anaknya—blogger dan pemilik penerbit indie Mozaik Publishing.

Dekorasi lucu, berseni, dan memadukan dua unsur: timur dan barat

Setalah sampai lokasi, saya disuguhi dengan dekorasi yang lucu dan berbau seni. Dinding samping kanan saya, ada gambar Candi Borobudur, sedangkan sisi kiri, gedung-gedung yang menjulang tinggi. Jelas dari dua gambar ini, pemilik ingin menegaskan bahwa tempat makannya benuansa timur dan barat.

Kuliner Malang De Pawon

Dekorasi De Pawon

Saya pun juga melihat wadah untuk garam dan merica bentuknya lucu. Kemudian ada hiasan-hiasan di dinding dan lampu untuk menunjang kesan eksotis. Terus, kursi dan meja yang minimalis mampu memberikan pengunjung rasa nyaman dan tenang.

Dekorasi dinding yang keren, membuat pecinta selfie suka berfoto ria. Sedangkan saya sendiri, suka memfoto dekorasinya saja.

Es moshi, es andalan di saat panas menerjang

Teman-teman sibuk berfoto ria, saya pun memesan salah satu minuman spesial di de Pawon. Namanya es moshi, di dalamnya ada campuran puding, cincau, marshmallow, dan es krim bulat yang lembut dari tiga varian rasa: vanilla, cokelat, dan strawberry. Kesempatan kali ini, saya memesan yang es krimnya cokelat.

Kuliner Malang De Pawon

Es moshi salah satu menu andalan di de Pawon Malang (Dok. Pribadi)

Saat es moshi datang, saya tidak langsung menyantapnya. Saya masih ingin melihat dan memotretnya. Sayang kalau gak difoto, sebab campuran warna yang dihasilkan indah. Setelah saya foto.

Saya pun mencoba sedikit demi sedikit es krim cokelatnya, rasanya lembut dan tak ingin cepat menghabiskannya.

Berhubung saya suka es dan cuaca sedang panas, saya pun menikmatinya dengan perlahan-lahan. Hem nikmat, apalagi kalau seperti ini bisa melihat pemandangan alam yang indah atau mendengar alunan alam. Hem… suasana yang pas bukan, untuk bersantai. ๐Ÿ˜€

Sesi kali ini, saya tidak langsung menghabiskannya, saya tahan untuk dimakan lagi setelah makanan utama selesai disantap.

Nasi Goreng de Pawon

Berhubung saya suka sama nasi goreng, maka untuk makanan utama saya pilih ini. Nama menunya Nasi Goreng de Pawon. Nasi goreng dengan campuran ayam, kemudian ada telur ceplok, ditemani dengan irisan timun, salad, dan beberapa cabai hijau.

Kuliner Malang De Pawon

Nasi goreng de Pawon (Dok. Pribadi)

Rasa nasi gorengnya enak. Apalagi saat dibarengi dengan memakan cabai hijau setengah dari ukuran keseluruhan. Hem, sensasi yang dihasilkan mantap dan menambah selera makan. Apalagi saya suka sama yang pedas-pedas. Jadinya, makan nasi goreng dengan cabai hijau utuh menjadi pelengkap wajib yang harus ada. Kemudian timun pun, tak lepas dari santapan.

Selain sebagai penetral pedas, timun juga bagus buat pencernaan. Sehingga kalau makan apa pun, jangan lupa seimbangkan sama sayurannya juga ya ๐Ÿ™‚

Jatuh cinta sama steak Eropa rasa Jawa

Selain es moshinya yang mantap dan segar, ada menu lain yang saya suka di de Pawon. Menu tersebut iyalah steak crispy beef dengan siraman saus jamur.

Ada atraksi menarik yang saya lihat saat menu ini diantarkan ke meja kami. Saus berbunyi dan mengeluarkan asap, seperti air yang mendidih. Hal itu terjadi beberapa saat saja. Hem atraksi yang membuat saya ingin kenal lebih jauh—segera merasakannya.

Kuliner Malang De Pawon

Steak salah satu menu andalan di de Pawon Malang (Dok. Pribadi)

Steak crispy beef kalau saya amati terdiri dari, sayuran (wortel dan buncis), kentang (karbohidrat/pengganti nasi), daging sapi krispy dan disiram dengan saus jamur (sumber protein). Sehingga saat menghabiskan ini, perut sudah terasa kenyang. Rasanya pas sesuai lidah orang Jawa.

Kentang, wortel, dan buncis matangnya pas. Jadi gizinya masih banyak tersisa dan saya juga masih bisa merasakan teksturnya. Steak yang tersedia di de Pawon terdiri dari dua macam daging: ayam dan sapi, dengan berbagai variasi. Sedangkan untuk sausnya sendiri terdapat tiga macam: saus original, black pepper, dan jamur.

Bagi Anda yang suka pedas, bisa ditambah cabai atau minta sambal/saus yang pedas. Rasanya akan semakin mantap pastinya.

Mie ndower yang bisa bikin bibir panas

Kalau misal ingin menu yang pedas di de Pawon Malang. Telah disediakan juga di sini, mie ndower.

Mie ndower tersedia dari level 1-5, dengan topping ayam goreng tepung. Kemarin Mbak Anis coba yang level dua saja, sudah kepedasan, apalagi di atas itu. Namun bagi Anda pecinta kuliner pedas, Anda tentu bisa menjadikannya pilihan.

Kuliner Malang De Pawon

Mie ndower, dari level 1-5 (Dok. Pribadi)

Cara mudah untuk mengontrol rasa pedasnya, Anda bisa pesan minuman dingin, satu atau dua. Bisa dipastikan panas itu akan diusir seketika.

Saya kemarin mencoba mie ndower, cuma satu kali saja. Sensasi pedasnya sudah terasa, apalagi Mbak Anis yang menghabiskan satu mangkuk. Hem…, untung saja mbaknya pesan minuman dingin. Jadi kalau orang melihat dari jauh tidak terlihat kalau lagi kepedasan/ndower ๐Ÿ˜€

Menu lain banyak, lesehan juga ok

De Pawon juga memiliki banyak pilihan menu seperti snack, steak (daging ayam atau sapi), nasi goreng, berbagai olahan mie, hingga berbagai minuman yang membuat orang penasaran.

Kemarin Mbak Anis dan Mas Ihwan sekeluarga juga memesan cheezy bites (mozarella goreng) berisi empat buah, mie ramen super dengan topping daging, crabstick, telur, dan jagung, cotton cake in the box rasa vanilla dan cokelat, ice blended grea tea cookies, dan susu goncang rasa cokelat.

Bagi Anda yang suka makan sambil lesehan untuk menikmati tiap suapan. Maka bisa makan di lantai dua.

Kuliner Malang De Pawon

Beberapa menu yang di pesan oleh temen-temen (Dok. Pribadi)

Saya kemarin, baru tahu kalau de Pawon ada lantai dua (lesehan), saat prosesi makan sudah berlangsung. Jadinya saya tetap makan di lantai pertama deh.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk merasakan menu-menu di de Pawon Malang? Silahkan dicoba dan dirasakan kombinasi masakan Eropa dan Jawanya! Ke sini bisa sendiri, sama teman, atau keluarga.

De Pawon: Steak and Whatever

Jl. Galunggung No.89F Malang  Buka dari pukul 12.00 s/d 22.00 WIB  HP: 083848615933  Fanpage: De Pawon  Melayani delivery order minimal Rp 50.000,-  Gratis ongkos kirim untuk daerah Galunggung dan sekitarnya.

11 Comments

Reply