Mimpi, 2016 Menjadi Pebisnis Online dengan BOS Malang

 

pebisnis online

Apakah Anda ingin menjadi bagian dari perubahan Indonesia? Jadilah pengusaha! Sebab Sri Sultan Hamengkubuwono X bilang, Indonesia akan menjadi negara maju jika 2% penduduknya menjadi pengusaha.

Hasrat mulai menguat untuk menjadi pengusaha lahir sejak 2015 saat serius menekuni dunia blog dengan membuat domain sandibrand.com. Saya jadikan blog ini seperti bisnis. Saya maksimalkan setiap tulisan yang akan terbit, saya komitmen, dan konsisten.

Alhamdulillah hingga saat ini, saya sudah merasakan manfaat ngeblog. Seperti jalan-jalan gratis, jadi pemateri, mendapatkan produk gratis, memperoleh honor, dan berbagi inspirasi bagi yang lain.

Lewat pengalaman ini, saya mempelajari lebih lanjut terkait dunia maya. Ternyata dari berita yang saya baca, menyebutkan dua fakta menarik, pertama Indonesia termasuk negara terbesar dunia, dan kedua, 40% lebih pengguna internet adalah generasi muda.

Ditambah dengan fakta di lapangan, saat ini banyak perusahaan dan instansi yang bekerja sama dengan blogger.

Kesempatan dan peluang besar untuk buat usaha bukan? Saya pun kemudian mengonsep untuk membuat start up yang berhubungan dengan media sosial. Saya memilih bisnis dibidang ini, sebab ada lima alasan. Berikut alasannya.

Pertama, murah dan dibutuhkan

Saat ini dan ke depannya, orang akan sulit lepas dari media sosial. Minimal dalam sehari, akan melihat media sosial setidaknya tiga kali. Ini membuktikan, jika media sosial dibutuhkan oleh banyak orang.

Serta untuk mengakses/membuat media sosial cukup murah. Cuma menyediakan kuota internet, sedangkan media sosialnya sendiri gratis.

Kedua, pengguna media sosial akan terus berkembang

Saya menyakini pengguna media sosial di Indonesia ke depannya, akan terus berkembang. Dibuktikan dengan penggunaan jaringan 4G LTE. Ketika akses internet semakin cepat, artinya mereka akan butuh informasi yang juga cepat serta beragam.

Ketiga, dikerjakan di mana saja

Poin yang paling menarik, bisnis diinternet bisa saya kerjakan di mana saja dan kapan saja. Sehingga nantinya saya bisa kerja sambil jalan-jalan. Makanya Januari 2016 kemarin, saya buat travel blog, mbolang.com.

Keempat, tanpa batas waktu

Kalau bisnis konvensional, umumnya beroperasi 8-12 jam. Sedangkan bisnis online, 24 jam non stop. Berartikan peluangnya lebih besar dibisnis online.

Kelima, sesuai passion

Pemilihan bisnis online, bermuara pada kesukaan dan passion. Saya suka media sosial, karena memiliki pengalaman di sana, dan punya banyak kenalan yang luar biasa.

Saya ingin aktivitas di media sosial, bukan hanya tempat untuk berbagi informasi semata, namun juga bisnis.

Maka saya menekuni bidang yang berhubungan dengan media sosial dan semacamnya di dunia online. Terpenting dari sini, kalau saya pelajari dari buku dan pengalaman orang sukses, saya harus melakukan sesuatu karena passion.

Jika sudah berhubungan dengan suka dan passion, kita mengerjakan tidak dibayar pun ok, bahkan dalam kondisi tertentu kita membayar pun tidak masalah.

Setelah mengetahui dan mengalami sendiri bagaimana peluang di media sosial. Kemudian saya mencari informasi lebih dalam, terkait komunitas, kelas/program untuk mencetak pebisnis di daerah Malang.

Komunitas Public Speaking Malang hingga BOS

Alhamdulillah pada Senin (11/1/2016) saat sesi terakhir sharing tentang membuka acara dengan memukau, saya mendapatkan informasi dari Mas Obi, pendiri Komunitas Public Speaking Malang tentang adanya kelas bisnis yang diadakan pada Februari 2016.

Berikut rangkuman tentang kelas bisnis yang diterangkan oleh Mas Obi, yang ternyata juga menjadi coach di BOS.

Siapa tahu, bagi Anda yang sekarang tinggal di Malang dan sekitarnya, membutuhkan informasi ini.

Tentang kelas bisnis

Kelas bisnis merupakan program dari BOS (Business Owner School), yaitu pendidikan informal yang fokus untuk menciptakan pengusaha/bos.

BOS sendiri didirikan di Malang pada 2006, dengan nama awal ISI Way University oleh Ridwan Abadi, seorang mentor bisnis yang telah melahirkan banyak pengusaha muda di Jawa Timur.

Setelah itu mengalami perubahan nama, menjadi Mark-C, berlanjut pada akhir 2011, berganti menjadi BOS. Nama yang mudah diingat serta visi yang lebih besar.

Program BOS

Program BOS memiliki empat tingkatan, yaitu start up, grow up, establish dan wealthy. Di mana tingkatan ini disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Kalau kayak saya, saya akan ikut yang kelas start up.  Karena saya belum tahu bisnis sejak awal. Belum tahu fondasi kenapa saya harus menjadi pebisnis dan memperjuangkannya.

Kalau misalnya, Anda sudah tahu bisnis, bisa ikut ke level kedua/selanjutnya.

Fasilitas dan manfaat yang akan diterima siswa

Terus BOS juga memberikan beberapa fasilitas dan manfaat bagi siswanya, yaitu:

  1. Modul disetiap jenjang/level bisnis
  2. BOS memfasilitasi seluruh kebutuhan siswa dalam pengembangan bisnis (konsultasi, desain, outlet, atribut promosi, dsb)
  3. Akan tergabung di Komunitas BOS yang sudah berdiri sejak 2006. Sehingga siswa nanti akan berkumpul dengan para alumni dan memiliki banyak jaringan.
  4. Mendapatkan kartu member yang berlaku seumur hidup.

Lewat penjelasan singkat dari Mas Obi, saya tertarik ingin masuk kelas start up. Soalnya setelah saya amati, kelas semacam ini yang ada di Malang, hanya BOS.

Ada sekolah bisnis dengan jangka waktu lebih lama, tapi di luar Malang, yaitu kuliah 1 tahun di Sekolah Bisnis Umar Usman sama Young Entrepreneur Academy.

Berhubung kuliah saya belum selesai, saya memutuskan lebih memilih yang di Malang. Jadi nanti sambil ikut kelas bisnis, saya menyelesaikan skripsi, dan mengembangkan soft skill.

Beberapa hari setelahnya, saya ke kantor Mas Obi yang terletak di Dinoyo, Malang. Saya bertanya lebih lanjut terkait kelas start up-nya, mulai dari apa saja yang dipelajari, hingga berapa biayanya.

Berikut saya rangkumkan hasil diskusi terkait kelas start up. Di mana kelas ini, jangka waktunya satu bulan. Siapa tahu, sebagian dari Anda tertarik untuk ikut kelas ini.

Apa saja yang dipelajari

  1. Anda akan mempelajari bagaimana menjadi seorang pengusaha yang intelektual dan berkarakter.
  2. Bagaimana membangun bisnis tanpa modal.
  3. Bagaimana mencari ide dan peluang bisnis.
  4. Bagaimana membuat bisnis plan.
  5. Bagaimana kebanjiran order lewat online marketing.
  6. Jurus jitu offline marketing yang efektif dan efisien.
  7. Teknik presentasi dan negosiasi.

Keunggulan BOS

  1. Sistem pembelajaran lebih banyak praktik, sisanya yaitu 30% teori. Kurikulum diaopsi dari sekolah-sekolah bisnis terbaik dunia.
  2. Dibimbing oleh trainer-trainer berpengalaman dan ilmu yang diajarkan pun dapat langsung dipraktikkan
  3. Siswa dibimbing hingga menjadi pengusaha
  4. Membentuk kepribadian, mental, dan pola pikir pengusaha

Biaya pendaftaran, hanya Rp 500.000,-

Terus yang membuat hati saya langsung gabung, dikarenakan ada diskon sebesar 50%. Yaitu bagi 10 pendaftar pertama, jadi cuma bayar Rp 500.000,-, dari harga awal Rp 1.000.000,-.

Bagaimana apakah Anda tertarik daftar? Entah hingga saya nulis ini sudah berapa pendaftar. Ayo daftar, siapa tahu nanti kita bisa satu kelas.

Biasanya, kesempatan itu tidak akan datang untuk kedua kalinya. Makanya orang-orang sukses bilang, pintar-pintar memanfaatkan kesempatan yang ada.

Bagi yang tertarik/mungkin ingin tanya-tanya lebih jauh, bisa kontak Mas Obi di 0857 480 740 30, atau cek di fanspage BOS (Business Owner School) atau websitenya, Kampusbos.com

Semoga langkah ini, menjadi loncatan besar saya menjadi pebisnis online, blogger, traveler, dan pembicara nasional. Aamiin.

Reply