ASUS sandi iswahyudi5 Pelajaran Penting Peluncuran 4 Produk Terbaru ASUS di Zen Festival Indonesia 2015 — Walaupun Zen Festival Indonesia 2015 sudah berjalan satu minggu yang lalu. Namun, hingga sekarang pengalaman tersebut tidak akan terlupakan.

ASUS mengundang semua media online-cetak serta blogger untuk menyaksikan acara tersebut.

Kalau di media lain, sudah banyak yang membicarakan bagaimana berjalannya acara tersebut. Di postingan ini saya menampilkan pelajaran yang saya dapat dari peluncuran kemarin.

Berikut lima pelajaran yang saya dapat.

Pelajaran penting yang perlu kita raih dalam mengikuti suatu acara adalah adakah hikmah yang dapat diambil dan dibagikan ke yang lain.

Pertama ASUS selalu menghadirkan inovasi

Inovasi adalah kunci utama kesuksesan ASUS. Kalimat yang saya kutip dari website ASUS.

Memang salah satu cara untuk bisa bersaing dan menjadi pemenang adalah inovasi.

Tanpa inovasi baik itu perusahaan hingga personal, sulit untuk bersaing-jadi pemenang.ASUS salah satu perusahaan yang konsen dengan inovasi.

Hal ini saya lihat saat kemarin hadir di Zen Festival Indonesia 2015, Kamis (19/11), ASUS menghadirkan empat produk smartphone terbarunya dengan berbagai spesifikasi.

Pertama Zenfone 2 Deluxe. Smartphone premium yang memiliki RAM terbesar yang saat ini ada di pasaran, yaitu 4 GB, gunakan prosesor quad core, dan kapasitas memori 256 GB—128 GB internal dan 128 GB microSD.Inovasi lainnya, ASUS gunakan ilusion cover yang memiliki bentuk bagaikan kristal yang unik dan elegan.

Kamera belakang Zenfone 2 Deluxe 13 MP laser auto fokus dengan kecepatan fokus pada objek foto kurang dari 0,03 detik.Kamera depan 5 MP. Smartphone premium ini dilengkapi dengan baterai 3.000 mAh, jaringan 4G LTE, dan layar gorilla glass 3.

Kedua Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550K, memiliki fitur utama laser auto fokus pada kamera utama yang mampu menangkap objek foto 0,03 detik.

Dilengkapi dengan dua tone LED flash yang lebih terang, sehingga mampu hasilkan warna lebih natural daripada smartphone lainnya.

Terus pada fitur kamera ada mode manual, layaknya kamera DSLR profesional. Konsumen bisa mengatur secara manual nilai ISO, shutter speed, white balance, metering focus, dan exposure value.

Ketiga, Zenfone Max, memiliki baterai kapasitas ekstra besar, yakni 5.000 mAh. Konsumen bisa gunakan smartphone ini sebagai power bank. Masa aktif yang ditawarkan sangat panjang, lebih dari dua hari.

Keempat, Zenfone Selfie ZD551KL. Sangat cocok bagi Anda yang suka selfie, traveler, blogger/reporter yang membutuhkan alat pengambil gambar dengan bagus.

Smartphone ini dilengkapi kamera depan dan belakang beresolusi tinggi, yaitu 13 MP. Depan belakang terdapat dual flash LED yang mampu hasilkan warna lebih natural daripada smartphone lainnya.

Hikmah pertama

Inovasi dan kreatifitas adalah hal yang diperlukan oleh semua orang. Dua kata itu yang akan menjadikan seseorang mampu bersaing-pemenang.

Seperti halnya seorang blogger. Mereka harus mampu hadirkan konten yang dibalut dengan inovasi dan kreatifitas.

Tanpa hal itu jelas, mereka akan sulit untuk minimal dikenal sesama blogger, bahkan calon klien.

Kedua mengikuti perkembangan konsumen Indonesia

Konsumen Indonesia, suka dengan sesuatu yang instan, dengan harga terjangkau, enak dipandang, dan kualitas baik. ASUS menjawab semua itu dengan menghadirkan empat produk smartphone di atas.

Konsumen Indonesia saat ini demam dengan selfie/bereksis ria di media sosial. Maka mereka membutuhkan kamera smartphone kualitas bagus dengan harga terjangkau.

Empat produk di atas kamera belakang beresolusi 13 MP dengan teknologi laser auto fokus. Sehingga kamera mampu fokus pada objek foto kurang dari 0,03 detik. Hebat bukan? Saya sendiri sejak kemarin memang sedang mencari kamera smartphone yang memiliki resolusi besar.

Kamera ini saya gunakan untuk mendukung pekerjaan saya baik sebagai blogger, freelance writer/reporter.

Kemudian dari segi harga juga beragam, untuk Zenfone 2 Deluxe Rp 5.999.000, Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL Rp 2.399.000, Zenfone Max 2.499.000, dan Zenfone Selfie ZD551KL untuk yang memori internal 16 GB Rp 2.799.000, sedangkan 32 GB Rp 2.999.000.

Terkait harga yang ditawarkan oleh ASUS untuk produk Zenfone Selfie ZD551KL 32 GB, adik tingkat saya bilang. “ASUS termasuk terjangkau mas. Kalau spesifikasi smartphone sejenis, merk Samsung, harga kisarannya di atas 5 juta.”

Hikmah kedua

Kemampuan untuk membaca keinginan konsumen menjadi mutlak diperlukan.

Sebagai blogger pun, kita harus tahu konten-konten yang diperlukan masyarakat dan menarik calon klien untuk melakukan kerja sama.

Ketiga kekuatan presentasi ASUS

Beberapa bulan ini, saya selalu tertarik dengan gaya seseorang dalam menyampaikan materi di depan publik.

Saya ingin mencuri ilmu terkait public speaking dari mereka. Soalnya alhamdulillah sejak kemarin, saya diundang sebagai pemateri, dan menyampaikan terkait kepenulisan.

Selain itu kemampuan public speaking mutlak diperlukan oleh seseorang untuk proses komunikasi.

Kalau saya perhatikan kemarin, dari tim ASUS menyampaikan dari awal sampai akhir saya mendapatkan beberapa poin yang menurut saya penting dalam public speaking.

  1. Kekuatan foto. Foto yang disajikan besar, tidak blur dan sesuai dengan materi. Foto memang menjadi daya penarik terbesar.
  2. Dalam satu slide menerangkan poin per poin. Sehingga pemateri lebih banyak berbicara dan melihat ke arah peserta. Kalau saya dahulu, satu slide bukan poin per poin, tapi banyak deskripsi, hehe.
  3. Menggunakan gaya bercerita dan fakta. Dua hal tersebut sangat penting untuk digunakan, cerita untuk membuat peserta tertarik dengan materi yang kita bawa. Sedangkan fakta, untuk memperkuat yang kita sampaikan. Fakta juga cara membuat peserta menyetujui apa yang kia sampaikan.
  4. Penggunaan gesture tubuh dengan maksimal. Gesture diperlukan untuk menjadikan materi yang disampaikan lebih menarik dan mudah diterima oleh peserta.

Hikmah ketiga

Materi sepenting apa pun, ketika tidak disampaikan dengan baik. Materi itu tidak akan diterima oleh pendengar.

Maka penting, untuk kita mempelajari ilmu public speaking dengan baik.

Keempat menyasar semua pasar

Empat produk yang dihadirkan ASUS menyasar berbagai macam konsumen, dari mereka yang memiliki mobilitas tinggi, fotografer, blogger, hingga anak muda yang hanya sekadar untuk bergaya.

Manfaatnya jelas, memberi keuntungan luar biasa bagi perusahaan.

Hikmah keempat

Kita harus mampu melihat hingga memeta-metakan peluang dan pasar. Sehingga apa yang kita keluarkan memberikan manfaat bagi kita.

Sama seperti ngeblog. Seorang blogger, harus mampu melihat-mengambil peluang dan pasar. Sehingga konten dan keterampilan terus di-upgrade agar tidak ketinggalan dengan blogger yang lain.

Kelima tidak pernah puas

Perusahaan apa pun terutama teknologi, ketika puas dan berhenti berinovasi, mereka akan segera tertinggal oleh pesaingnya.

Begitu juga dengan ASUS, maka salah satu nilai yang terkandung di ASUS adalah inovasi dan kerja keras. Mereka akan menjadi salah satu produsen yang merajai Indonesia, ketika terus berinovasi.

Hikmah kelima

Jangan pernah puas! Konsisten dan kerja keras akan mengalahkan minat/bakat. Bagaimana menurut Anda, pelajaran mana yang penting untuk diterapkan?

Kemudian bagi Anda yang kemarin hadir di acara Zen Festival Indonesia 2015, apakah ada pelajaran yang dapat Anda ambil selain yang sudah saya jabarkan di atas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here