koperasi indonesia sandi iswahyudi
Salah satu bagian slide di video koperasi

Koperasi itu…

Khas kita.

Milik kita,

dan untuk kita

Kalimat pembuka yang terdapat dalam video saya untuk memperingati Hari Koperasi Indonesia yang ke-69.

Anda pasti juga tahu siapa bapak Koperasi Indonesia, ya, Moh. Hatta, proklamator RI. Beliau pada 1954, berkata, “Dengan koperasilah rakyat dapat melatih diri dan jiwanya untuk memperoleh kepercayaan atas dirinya sendiri dan kesanggupannya. Koperasi mendidik anggotanya berjuang bersama-sama secara persaudaraan.

Luar biasa bukan nilai yang terkandung dalam koperasi itu. Jika diaplikasikan dengan serius dan merata di seluruh pelosok tanah air. Hem… tentu sungguh luar biasa dampak yang dihasilkan, bagi perekonomian Indonesia.

BACA JUGA: 5 Tips Bagi Anda Supaya Tidak Terjerumus Saat Pertama Kali Pilih Blog Self Hosted

Maka, pada detik selanjutnya, saya menyampaikan semacam keluh kesah, jika selama ini saya merasa perkembangan dan manfaat koperasi masih belum menyentuh daerah-daerah di Indonesia selain Pulau Jawa.

Misalnya daerah di timur Indonesia. Saya berbicara ini, ketika berbincang-bincang dengan teman di sana, dan tahu dari media, jika harga kebutuhan pokok/barang lainnya lebih mahal daripada di Jawa.

Maka harapan saya, semoga menginjak usia yang tak lagi muda. Koperasi Indonesia semakin baik ke depannya, dan menjadi pendukung peningkatan perekonomian masyarakat.

Video ini saya buat simpel dengan power point 2013 dan adobe premiere. Selain pembutannya tidak membutuhkan banyak waktu. Juga harapannya, pesan bisa tersampaikan. Soalnya saya baru membuat videonya hari ini. Hari sebelumnya baru lihat pengumuman lomba, sama beberapa video hasil peserta lomba.

Kalau sampai saat ini, kemasan video #HUT69KoperasiIndonesia yang seperti ini, baru saya. Saya terinspirasi videonya dari video saya sebelumnya sama dari iklan salah satu produk minuman di instagram, yang menggunakan teknik typography.

Makna warna

Saya memberikan warna berbeda-beda pada masing-masing kata. Misalnya, pada kata khas kita, milik kita, dan untuk kita warnanya berbeda-beda.

Pemilihan warna ini, memiliki arti. Yaitu, tentang keberagaman. Bahwa sesuatu yang berbeda-beda itu, indah dan saling melengkapi. Kemudian pada kata setelah Indonesia luas, itu juga memiliki warna berbeda-beda.

BACA JUGA: Buku Muhammad Karya Martin Lings: Membuatku Tersadar Tuk Pelajari Lebih Lanjut Tentang Nabi Muhammad SAW

Saya juga ingin menyampaikan dan mengingatkan, bahwa Indonesia kaya akan keberagaman. Dari suku, bahasa, hingga agama. Lewat keberagaman itulah, muncul nama Indonesia. Berbeda-beda tetapi tetap satu, adalah makna yang ingin saya sampaikan pada bagian ini, yang tercantum dilambang negara kita.

Satu pesan: kain tenun

Kemudian satu pesan divideo ini yang ingin saya sampaikan, yaitu tentang kain tenun. Saya ingin kain tenun yang berada di masing-masing daerah dilestarikan, sebagaimana batik. Bukan hanya dijadikan bahan industri semata, tapi lebih dari itu. Tetap menjaga dan melestarikan nilai-nilai yang terkandung di dalam setiap kain tenun.

Tetap menjaga proses bagaimana nenek moyang kita dahulu, dengan sabar dan teliti menghasilkan maha karya yang luar biasa berupa kain tenun. Warna, corak, dan filosofi yang luhur tersaji.

Pesan ini saya sampaikan lebih spesifik. Sebab saya melihat dan mengetahui, baik lewat diskusi dengan pemuda yang daerahnya memiliki kain tenun serta informasi dari media. Jika kain tenun dibeberapa daerah sedang terancam kepunahan. Sayang sekali bukan? Padahal saya melihatnya, luar biasa! Indah, memesona, penuh makna, dan sayang jika esok anak cucu kita tinggal mengenang.

BACA JUGA: 18 Blogger dari Berbagai Kalangan, Berbagi Manfaat, Tips-Trik Ngeblog Pada Mahasiswa Baru FPP UMM

Maka saya berharap, lewat koperasi ini, kain tenun itu bisa dilestarikan dan dijaga. Lewat pendidikan-pendampingan pengrajin kain tenun di daerah-daerah. Serta program-program kreatif dan inovatif lainnya yang menjadikan kain tenun tidak terpisahkan dari bangsa Indonesia.


Terakhir, video ini saya buat untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh indoblognet.com dan Kementerian Koperasi dan UMKM.

Walau saya gunakan untuk keperluan lomba, namun saya membuatnya dengan hati. Karena di dalamnya, ada pesan yang ingin saya sampaikan. Ada sesuatu yang menurut saya penting untuk diketahui orang.

Nilai ini saya pegang, sebab, karya itu nanti tidak akan berhenti setelah lomba selesai. Tapi, akan terus ada sampai kapan pun.

Maka semestinya, membuat karya dari hati, dengan passion, dan untuk masa depan.

Selamat berkarya dan semoga kita selalu dimudahkan oleh-Nya untuk konsisten berkarya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here