Wisata Cangar Kota Batu sandi iswahyudi
Parkiran Wisata Cangar saat pagi hari, kabut keluar

Menikmati Kolam Hangat Pribadi di Wisata Cangar Kota Batu — Dua jam lebih, menikmati kolam hangat pribadi yang langsung bersentuhan dengan alam. Bisa menikmati hijaunya pepohonan, melihat kabut yang datang secara perlahan, udara yang sejuk, dan ditemani dengan burung-burung berkicau,.

Bagaimana perasaan Anda saat menikmati kolam hangat pribadi? Bukan yang dibatasi dengan tembok, melainkan dengan pepohonan, kadang-kadang melihat awan berkabut, dan mendengarkan burung-burung saling berkicau. Apakah Anda akan senang dan bahagia, atau malah sebaliknya?

Saya jelas, sangat menyukai momen semacam ini. Bersantai dengan panorama yang indah, membuat pikiran segar kembali. Permasalahan yang ada, sedikit demi sedikit menemui jalan keluarnya. Soalnya saat berendam, tubuh akan rileks, otak segar kembali, dan kita akan mudah untuk menemukan jalan keluar dari tiap masalah.

Pengalaman ini saya rasakan ketika Kamis, (17/3) ke Pemandian Air Panas Cangar, Kota Batu, yang terletak di kawasan Taman Hutan Rakyat R. Soerjo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji bersama seorang teman.

Cangar termasuk wisata legenda, dikarenakan di tempat ini terdapat gua peninggalan zaman Jepang. Jika ingin ke guanya Anda bisa menempuhnya melalui jalan setapak, dengan jarak ± 600 M.

BACA JUGA: Wisata Selecta Kota Batu, Wisata Legenda yang Tetap Eksis

Di sini terdapat lima lima kolam air panas: dua berupa kolam renang dan tiga lainnya kolam utama untuk berendam. Di kolam utama, tersedia satu kolam khusus perempuan. Jika ingin tempat yang lebih privasi, pengelola juga menyediakannya.

Lima kolam tersebut memiliki tingkat air panas yang berbeda-beda. Kalau di kolam renang, hangat. Di tiga kolam utama, airnya lebih panas.

Saya dan Faqih kemarin mencoba di empat kolam. Pertama di kolam renang, kami berenang di sini kurang lebih dua jam. Kedua di kolam utama, dan air yang paling panas di kolam utama.

Bagaimana caranya menikmati kolam pribadi?

Jika Anda membaca beberapa website yang menjelaskan tentang Pemandian Air Panas Cangar, pasti akan disuguhkan dengan informasi jika hari libur pengunjung meningkat. Kemudian ditunjang dengan foto-foto pengunjung yang memadati kolam pemandian.

Maka jika Anda ingin merasakan kolam hangat pribadi. Anda ingin merasakan panorama yang indah, kabut yang datang dengan perlahan-lahan, dan burung-burung berkicau. Maka datanglah ke tempat ini pada hari selain Sabtu-Minggu/hari libur.

Pasti Anda akan bisa menikmati pemandian air panas dengan puas, bak kolam hangat pribadi.

Berapa biaya dan aksesnya?

Terkait biayanya termasuk terjangkau. Biaya parkir sepeda motor Rp 2.000,-, tiket masuk per orang Rp 5.500,- dan jika Anda tidak membawa baju renang, pengelola juga menyediakannya. Kemarin kami sewa celana Rp 5.000,- tanpa batas waktu. Kemudian untuk memasuki area kolam renang, Anda dikenai tiket Rp 5.000,-.

Sedangkan untuk aksesnya termasuk mudah. Anda bisa menggunakan mobil/sepeda motor untuk ke sini. Namun transportasi umum, belum sampai sini. Jarak dari Alun-alun Kota Batu sampai ke Cangar, 18 KM.

Perjalanan menuju Wisata Pemandian Air Panas Cangar tidaklah membosankan. Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah: hutan, sawah, pegunungan, dan aktivitas warga. Udara segar menjadi teman Anda menuju lokasi.

Terakhir, setelah puas berenang dan berendam, tidak ada salahnya Anda mencoba salah satu kuliner khasnya, yaitu tape beras ketan hitam. Selain itu di sini juga ada gorengan/kuliner lainnya.

Empat tips ke Pemandian Air Panas Cangar, Kota Batu

  1. Jika ingin menikmati perjalanan ke Cangar, berangkatlah sejak pagi hari. Anda akan melihat keindahan alam, dan udara yang masih segar serta sejuk.
  2. Anda bisa menghemat pengeluaran di sini, dengan membawa makanan serta baju renang sendiri. Tapi jangan lupa untuk buang sampah pada tempatnya.
  3. Jika ingin menikmati kolam air panas seperti kolam pribadi. Maka berkunjunglah saat hari-hari aktif, yaitu di antara Senin-Jumat. Pada hari itu, biasanya pengunjungnya sedikit. Sehingga Anda bisa puas berenang dan berendam.
  4. Menuju Wisata Cangar, tidak ada angkutan kota, Anda ke sini harus ngojek, atau membawa kendaraan sendiri.

6 KOMENTAR

  1. Hmm ke cangar sih saya keknya belum pernah deh, kalau ke pacet lumayan sering. Memang wisata di gunung penanggungan ini cukup menyenangkan. hehehe Kebetulan rumah saya juga cukup dekat dengan tempat wisata tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here