ASUS VivoBook Pro 14 OLED M3400: Laptop yang Saya Butuhkan untuk Berkarya & Berdagang

Share ke yang lainnya!

ASUS VivoBook Pro 14 OLED M3400: Laptop yang Saya Butuhkan untuk Berkarya & Berdagang – Sejak aktif ngeblog pada 2014 akhir, saya sudah mendapat banyak sekali manfaat. Mulai dari pengalaman baru, bertemu dengan orang baru, hingga mendapat ilmu baru.

Salah satunya adalah ilmu tentang berdagang dengan memanfaatkan internet. Alhamdulillah aktifitas berdagang inilah yang kini menjadi salah satu sumber untuk menafkahi keluarga.

Cloud Hosting Indonesia

Aktifitas ngeblog juga sudah membawa saya untuk berkesempatan menghadiri berbagai event, yang kemudian menjadi bahan cerita di blog ini. Dan tentu saya jadi mendapat wawasan baru dari sana.

Seperti event Vokasi Vokaborasi 2022 yang menunjukkan bahwa sebenarnya masyarakat Indonesia punya berbagai keterampilan dan bahkan inovasi teknologi yang siap untuk dipasarkan dalam tataran lokal, nasional-internasional.

Vokasi Vokaborasi 2022 cimahi (2)
Mesin pemahat otomatis / Wooden CNC Creation BMTI dipamerkan pada event Vokasi Vokaborasi 2022

Selain untuk menuliskan cerita, blog ini merupakan salah satu platform yang saya gunakan untuk berjualan Alquran. Dan saat ini, saya sedang berusaha untuk memaksimalkan platform internet untuk berdagang, walaupun masih terhambat oleh keterbatasan alat.

Latar belakang di balik berjualan Alquran

Jauh sebelum mulai jual Alquran, sebenarnya dulu saya termasuk orang yang berjualan apa saja. Mulai dari jam tangan, herbal, fashion, hingga buku.

Hingga di 2018, tepat beberapa bulan setelah saya menikah, ternyata ada teman kerja yang memesan Alquran. Padahal saat itu saya masih belum pernah berjualan Alquran.

Namun saya tidak ingin menolak rezeki. Saya pun berusaha memenuhi pesanan tersebut. Yang kemudian membawa saya untuk menjalin relasi ke berbagai penerbit, hingga menjadi agen sampai sekarang.

Kesempatan yang datang itu kemudian menggerakkan hati saya untuk lebih fokus dalam berjualan Alquran.

Selain memang karena saya melihat ada peluang yang cukup bagus, mengingat Alquran akan selalu dibutuhkan oleh umat Islam, saya juga ingin menjadikan aktifitas ini sebagai misi dakwah.

Kegiatan ini membuat saya bisa ikut terlibat untuk menjadi bagian dari mereka yang mau wakaf Alquran. Dan juga membantu menyalurkan Alquran kepada mereka yang membutuhkan seperti misalnya panti asuhan, pesantren, dan TPQ.

Ini salah satu postingan laporan wakaf Alquran. Alhamdulillah bisa menjadi jalan kebaikan untuk orang. Semoga Allah berkahi dan rahmati semua yang terlibat.

Selain itu, saya juga berharap semoga dengan berjualan Alquran, bukan cuma rezeki yang didapat, tetapi juga bisa mendapat amal jariyah. Agar semakin banyak orang yang mendapatkan petunjuk setelah membacanya.

Mengingat Alquran sendiri bukanlah sekadar buku yang berisi dongeng belaka, melainkan berisi pesan bagi umat manusia yang masih terjaga keaslian isinya, hingga sekarang.

Berbagai fakta ilmiah yang terkandung di dalamnya, rasanya sudah cukup untuk membuktikan bahwa Alquran bukanlah sebuah karangan manusia yang hidup di gurun, 1400 tahun yang lalu.

Seperti misalnya soal fakta bahwa matahari yang ternyata juga mengorbit (QS 21:33), proses perkembangan embrio pada manusia (QS 23:12-14), ataupun “gunung-gunung sebagai pasak” (QS 78:6-7). Yang mana ketiga petunjuk pada contoh ayat tersebut baru diketahui kebenarannya di abad 20-21 ini.

download 1 Copy
Bentuk gunung diketahui mirip seperti pasak karena memiliki struktur bodi yang lebih banyak tertanam di bawah tanah. Sumber: eartheclipse.com

Pentingnya laptop untuk keberlangsungan usaha

Jujur saja, sampai saat ini kami belum memiliki toko fisik untuk berjualan Alquran. Hanya ada gudang sebagai tempat penyimpanan dan melakukan proses packing.

Tetapi saya yakin, jalan rezeki tidak akan tertutup jika kita terus berusaha. Ikhtiar yang saya lakukan demi mendatangkan rezeki adalah dengan memanfaatkan platform digital seperti YouTube, Instagram dan juga blog.

Dengan membuat karya berupa tulisan dan video pada berbagai platform digital tersebut, alhamdulillah sudah banyak Alquran yang berhasil kami salurkan. Mulai dari Aceh, hingga Papua.

Beberapa portofolio pengiriman Alquran bisa di baca lebih lanjut di sini.

Jual Alquran Grosir murah sandi iswahyudi (1)

Oleh karena belum memiliki toko fisik, maka kendala utama yang biasa saya hadapi adalah ketika ada konsumen yang ingin datang langsung ke lokasi.

Pernah suatu ketika, ada orang yang datang dari Google Maps untuk membeli Alquran. Lantaran sedang tidak ada stok dan lokasi gudang yang lumayan jauh, maka saya pun memutuskan untuk memberikan secara gratis salah satu sample Alquran yang sudah tidak dalam keadaan baru.

Di luar dari itu, biasanya cukup berkomunikasi via WhatsApp atau telepon saja untuk bisa melakukan closing. Atau video call jika konsumen memiliki permintaan khusus.

Jual Alquran Grosir murah sandi iswahyudi (7)

Ketiadaan toko fisik membuat saya tak punya pilihan selain memaksimalkan pemanfaatan platform digital. Dan menarik konsumen dengan konten-konten yang dipublikasikan.

Tentu saja, perangkat utama yang memiliki peran besar dalam proses pembuatan konten adalah laptop.

Sayangnya, laptop saya yang kini usianya sudah 7 tahun sudah tidak lagi bisa dimanfaatkan secara optimal. Yang pertama adalah dari segi spesifikasinya.

Selain karena memang sudah ketinggalan zaman, saya juga baru mengetahui bahwa memang seharusnya laptop ini tidak ditujukan untuk meng-handle tugas berat seperti mengedit video.

Sehingga, saya pun seringkali merasa terhambat pada saat ingin memproduksi konten-konten baru dalam bentuk video.

Di samping itu, belakangan ini layar dari laptop tersebut juga sudah mulai bermasalah. Sehingga semakin menghambat saya pada saat harus membuat katalog baru.

ASUS VivoBook Pro 14 OLED M3400 (3)
Layar laptop yang sudah bermasalah

Permasalahan layar memang bisa disiasati dengan memasangkan monitor eksternal. Namun ketergantungan pada monitor eksternal membuat saya tidak lagi leluasa untuk menggunakannya di mana saja.

Padahal, saya ingin tetap bisa produktif untuk menulis di blog walau sedang menjalankan hobi traveling bersama istri.

download 2

Dari sini saya sadar, bahwa memang penting untuk memiliki sebuah laptop yang mumpuni. Bukan hanya saya, tapi juga bagi para pelaku usaha lainnya.

Agar bisa terus mengelola toko online, berkomunikasi dengan konsumen, ataupun membuat konten di mana saja dan kapan saja.

Laptop yang cocok untuk berkarya & berdagang

Bagi saya dan mungkin pelaku usaha kecil lainnya, memiliki laptop saja sudah merupakan sebuah nikmat yang luar biasa.

Tapi jangan sampai hal itu menutup fakta bahwa alangkah baiknya jika memiliki laptop yang mumpuni. Agar bisa mengelola penjualan maupun memproduksi karya secara konsisten.

Syukur-syukur jika laptop itu bisa diajak main game tipis-tipis. Agar bisa menjadi pelarian yang mudah, cepat, dan murah, untuk membuang stress.

Sebuah pencarian membuat saya melabuhkan hati pada laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400).

Sebab saya menilai bahwa laptop ini punya potensi yang besar dalam membantu menghasilkan karya. Selain tentu saja soal harganya yang masih manusiawi bagi pelaku usaha kecil.

5 Keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Berikut ini adalah rangkuman fitur dan keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), dan perannya bagi pelaku usaha kecil.

1. Layar yang dipakai nyaman untuk mata, kaya warna, & warna dihasilkan akurat

Monitor eksternal yang saya sambungkan ke laptop memang memiliki tampilan warna yang bagus. Tapi entah mengapa saya sering merasa tidak nyaman saat menatapnya terlalu lama.

Mata jadi terasa kering, sepet, pokoknya tidak nyamanlah. Belakangan saya baru mengetahui bahwa masalah itu adalah gejala Digital Eye Strain atau Computer Vision Syndrome (CVS). Konon penyebabnya adalah karena mata terlalu lama terpapar radiasi cahaya biru dari layar.

ASUS VivoBook Pro 14 OLED M3400 4
Dampak negatif paparan sinar biru pada layar. Sumber : hellosehat.com

Solusi yang disarankan adalah dengan mengaktifkan fitur blue light filter.

Memang benar, mata jadi terasa lebih nyaman saat memandangi layar. Namun masalahnya, blue light filter membuat warna layar menjadi kekuningan. Dampaknya, tampilan warnanya jadi terlihat tidak akurat, dan bahkan terkesan aneh.

Lain ceritanya jika saya menggunakan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Layar dari laptop ini menggunakan panel ASUS OLED dengan segala kecanggihannya.

Panel yang digunakan tersebut sudah mengantongi sertifikasi SGS Eye Care Display dan juga TÜV Rheinland untuk kategori low blue light dan anti flicker.

Ini menandakan bahwa layar dari ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) terbukti memiliki radiasi cahaya biru yang lebih rendah. Sebagaimana penjelasan soal radiasi cahaya biru di atas, potensi untuk menyebabkan gejala CVS otomatis bakal lebih kecil.

Ini jelas fitur yang keren pikir saya. Apalagi ternyata tampilan warnanya pun bisa dipertahankan dan jadi tidak kekuningan. Malahan warna pada layarnya bisa dipastikan akurat karena sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated.

Sampai sini saya pikir, bagaimana bisa? Ternyata panel ASUS OLED yang digunakan pada laptop tersebut menggunakan sebuah metode khusus.

Yaitu dengan menggeser spektrum cahaya biru, agar layar bisa meminimalkan radiasi spektrum cahaya biru yang berbahaya dan berpotensi menyebabkan gejala CVS.

Hasilnya, layar ASUS OLED cenderung lebih aman untuk mata, sekaligus tetap bisa menampilkan semua warna dengan akurat, tanpa harus terlihat kekuningan.

ASUS VivoBook Pro 14 OLED M3400 5 1

Buat para pelaku usaha kecil, akurasi warna layar laptop bisa sangat penting untuk memastikan bahwa tampilan warna yang terlihat di layar bisa sama dengan produk aslinya. Jadi lebih mudah jika ingin melakukan koreksi warna.

Layar 14 inci dengan screen to body ratio 85% membuat laptop ini terlihat modern karena bingkainya yang tipis. Ditambah dengan desain covernya yang juga menarik, membuat saya semakin suka.

Layarnya itu ternyata sudah mendukung resolusi hingga 2.8K (2880 x 1800 pixel). Dan mampu menampilkan reproduksi warna hingga 100% DCI-P3 color gamut.

Jauh lebih kaya warna dibandingkan dengan monitor saya, ataupun layar laptop pada umumnya yang hanya mampu menampilkan reproduksi warna hingga 100% sRGB.

Keunggulan layar ASUS VivoBook Pro 14 OLED M3400
Keunggulan layar ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400)

Bahkan pada saat kecerahan layarnya diredupkan, panel ASUS OLED pada laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) tetap mampu menampilkan warna yang konsisten. Jadi tidak perlu lagi membuat mata silau dengan menaikkan kecerahan layar, hanya untuk dapat melihat semua warna dengan jelas.

Dinilai dari sisi layarnya saja, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sudah bisa memenuhi apa yang saya butuhkan. Yaitu layar yang nyaman di mata, kaya warna, dan mampu menampilkan warna dengan akurat.

2. Performa unggul

Selain dari sisi layar, performa dari ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga merupakan hal lain yang membuat saya tertarik.

Selama ini, saya selalu terhambat jika ingin membuat konten berupa video. Sebabnya, spesifikasi laptop saya memang bukan diperuntukkan untuk menjalankan tugas berat.

Proses berjalan lambat saat saya menjalankan aplikasi Filmora. Waktu pengeditan video pun jadi lama. Belum lagi soal masalah laptop yang mendadak mati saat sedang proses rendering. Benar-benar bikin frustasi.

Tentu akan lain ceritanya jika saya menggunakan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400). Dan saya yakin bakal bisa memanfaatkan laptop ini untuk lebih konsisten dan lebih optimal dalam membuat karya dan berdagang. Baik itu karya berupa tulisan, gambar, maupun video.

Saya bisa begitu yakin karena laptop ini sudah menggunakan AMD Ryzen 5000 H-series. Sebuah prosesor berperforma tinggi yang umumnya dipakai pada laptop gaming. Padahal, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bukan laptop gaming.

Berbeda dengan prosesor laptop biasa, AMD Ryzen 5000 H-series yang merupakan seri prosesor performa tinggi yang bakal menghasilkan kemampuan komputasi lebih baik. Khususnya saat sedang menjalankan tugas berat.

AMD Ryzen 5000 H series
AMD Ryzen 5000 H-series

Saya jadi tidak perlu lagi terhambat dan dan dibuat kehilangan semangat saat menjalankan proses pengeditan video. Karena dengan prosesor yang beneran cepat, semangat membuat konten pun bisa terus terjaga.

Penggunaan arsitektur Zen 3 dan teknologi 7nm yang digunakan pada prosesor ini, juga memastikan bahwa ia juga bisa efisien dalam hal konsumsi daya. Jadi penggunaan baterainya pun tidak boros saat penggunaan ringan.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

tampilan ASUS VivoBook Pro 14 OLED M3400 1
Tampilan ASUS VivoBook Pro 14 OLED M3400

Belum lagi dengan diterapkannya sistem pendinginan IceCool Plus yang menggunakan dua buah kipas sekaligus. Temperatur dan performanya pun bisa lebih stabil dan terjaga walau digunakan untuk menjalankan tugas berat berlama-lama.

Sangat cocok untuk para content creator yang harus menjalankan aplikasi pengeditan video selama berjam-jam.

Sistem pendinginan IceCool Plus untuk menjaga kestabilan performa
Sistem pendinginan IceCool Plus untuk menjaga kestabilan performa

Tentu saja tak kalah menarik, dukungan RAM DDR4 hingga 16GB dan penyimpanan 512GB berjenis M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD, membuat performanya semakin optimal.

Cocoklah untuk para pelaku usaha kecil yang harus bekerja gesit. Supaya semua pekerjaan bisa di-handle dan diselesaikan dengan cepat.

3. Laptopnya ringan dan ringkas, jadi bisa dipakai traveling

Alasan lain yang membuat saya sangat tertarik dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) adalah karena ia masih memungkinkan untuk diajak traveling.

Berbeda dengan laptop gaming yang biasanya besar dan berat, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki fisik yang relatif ringkas, dan termasuk ringan.

Ketebalannya hanya sekitar 1.92cm, dan bobotnya hanya 1.4kg.

Ini jelas memenuhi syarat laptop idaman. Karena memungkinkan untuk membuat berbagai jenis konten dengan performa tingginya, namun tetap enak diajak traveling dengan bobotnya yang ringan.

memiliki berat yang ringan dan ringkas
ASUS VivoBook Pro 14 OLED (M3400) memiliki berat yang ringan dan ringkas

4. Daya tahan baterai lama

Daya tahan baterainya pun masih bisa diandalkan ketika menjalankan tugas ringan, berkat prosesornya yang efisien.

Laptop ini bisa dipakai hingga lebih dari 8 jam penggunaan normal, berdasarkan pengujian PCMark 10 Battery pada mode Modern Office.

Saya jadi bisa terus meng-handle customer, me-manage toko online, ataupun menuliskan cerita di blog, sembari traveling bersama istri.

5. Kelancaran komunikasi

Pernah tidak mengalami kejadian di mana customer meminta untuk video call atau meeting online, sementara kita masih berada di lokasi yang bising?

Dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), tidak perlu khawatir. Karena ia sudah dilengkapi dengan fitur AI Noise Cancelling yang bekerja dua arah.

Jadi suara bising atau suara yang tak diinginkan bakal disaring. Sehingga komunikasi pun bisa berlangsung dengan jelas. Bukan saja dari sisi kita sebagai pengguna ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), tapi suara bising yang berasal dari lawan bicara juga bakal disaring dengan fitur tersebut.

Walau terdengar sepele, ini jelas merupakan suatu hal penting bagi para pelaku usaha. Mengingat komunikasi adalah hal yang penting dalam berdagang.

Kesimpulan

Zaman sudah modern. Berdagang bukan lagi aktifitas yang mengharuskan kita untuk menjajakan produk dari rumah ke rumah, atau membuka toko secara fisik. Walau memang akan lebih baik jika punya toko fisik sih.

artboard 10 optimized

Keterbatasan berupa ketiadaan toko fisik, bisa disiasati dengan memanfaatkan berbagai platform digital untuk berdagang. Alhamdulillah saya sendiri sudah menjalani dan membuktikannya.

Dengan memanfaatkan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), saya yakin dan percaya bahwa saya bisa lebih produktif dalam membuat karya.

Apalagi dengan performanya yang tinggi, serta memungkinkan untuk diajak traveling, berpotensi untuk membuat saya lebih leluasa dan produktif dalam memproduksi konten. Di mana saja, dan kapan saja.

Syukur-syukur bisa mengasah keterampilan baru lagi.

Di tambah dengan dukungan grafis terintegrasi AMD Radeon, rasa-rasanya bisa tuh untuk dipakai menghibur diri dengan main game tipis-tipis.

Layarnya yang cemerlang dan relatif lebih nyaman untuk dipandang, membuat saya tidak lagi enggan saat harus menatap layar berlama-lama.

Sesuailah dengan kebutuhan pelaku usaha kecil yang masih mengerjakan semuanya sendiri. Harganya pun masih manusiawi. Yaitu mulai dari Rp 11.299.000 saja.

Bagi yang merasa harga tersebut masih terlalu mahal, coba mindset-nya diubah sedikit.

Bukan soal harganya yang mahal, tapi bagaimana kita bisa memanfaatkan perangkat laptop tersebut untuk mendapatkan profit yang lebih banyak.

Caranya? Ya dengan lebih produktif dalam membuat konten! Dengan memanfaatkan kemampuan serta keunggulan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), insyaa Allah produktifitas bisa meningkat. Selama dibarengi dengan niat dan ketekunan. Aamiin.

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400):

Main Spec.Vivobook Pro 14 OLED (M3400)
CPUAMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)

 

AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)

Operating SystemWindows 11 Home
Memory16GB DDR4

 

8GB DDR4

Storage512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits,

 

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

GraphicsAMD Radeon™ Graphics
Input/Output1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
ConnectivityWi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
Camera720p HD camera with privacy shutter
AudioSmart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio
Battery50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm
Weight1.4 Kg
ColorsSolar Silver, Cosmos Blue
PriceRp11.299.000 (Ryzen 5 / 8GB RAM / 512GB SSD)

 

Rp11.799.000 (Ryzen 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Rp12.799.000 (Ryzen 7 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Warranty2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share ke yang lainnya!
Cloud Hosting Indonesia

2 pemikiran pada “ASUS VivoBook Pro 14 OLED M3400: Laptop yang Saya Butuhkan untuk Berkarya & Berdagang”

Tinggalkan komentar

Buka chat
Ada yang bisa dibantu?
Assalamualaikum, ada yang bisa kami bantu?