video animasi sandi iswahyudi(+Video Animasi) Membuat Video Animasi Hanya Bermodal Smartphone, Mudah dan Prosesnya CepatΒ β€”Β Ada yang suka film kartun? Apakah Anda suka membuat kartun, film/video animasi?

Saya suka nonton film kartun sejak kecil sampai sekarang. Sedangkan membuat video animasi sejak awal 2016.

Saya membuat video animasi dari power point 2013, adobe after effects, adobe premiere, dan video scribe. Prosesnya pun cukup menyita waktu, apalagi jika dikerjakan sendiri.

Malam kemarin (Rabu, 20 Juli 2016) saya membuat video animasi dari smartphone. Full hanya gunakan aplikasi yang ada di smartphone saya ASUS Fonepad 8.

BACA JUGA: (+Video Animasi) Lika-liku Belajar Membuat Video Animasi

Hal ini, saya lakukan karena lebih cepat, dan saya ingin eksplorasi dengan gunakan alat seadanya. Walau memang hasilnya tidak sebagus dan semaksimal jika gunakan laptop/pc untuk membuat video animasi.

Membuat video animasi adalah tentang insting, passion, keberanian untuk membuat, dan nilai.

Ditulisan ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana cara membuat video animasi dengan smartphone. Semoga bermanfaat.

Alat yang digunakan

  1. Sketsa ide di kertas
  2. Aplikasi android Sketch dari Sony Mobile Communications
  3. Aplikasi mini movie ASUS

Langkah awal sketsa ide

Langkah awal yang saya lakukan menyusun ide dalam sebuah kertas, dengan kata-kata dan karakternya. Sebelum membuat sketsa ide, saya biasanya melihat hasil video lainnya untuk saya pelajari.

Baik mempelajari ide, kemasan yang dibuat, sampai ke kata-katanya. Mempelajari video lain, bagi saya sangat penting, agar apa yang saya buat harapannya beda dan memiliki ke khasan.

Pembuatan sketsa ide mempercepat proses pembuatan video. Serta meminimalisir terjadinya kebingungan dalam menyusun ide.

Langkah kedua mengaplikasikan dalam bentuk sketsa

Setelah selesai saya mengaplikasikan ide yang sudah disketsa dengan aplikasi sketch. Aplikasi ini bisa Anda download di play store.

BACA JUGA: Percantik Media Sosial Anda dengan Aplikasi Android Sketch

Asyiknya aplikasi ini, ada bermacam stiker yang bisa kita gunakan. Tinggal download dan mengkreasikan ide saja. Ada bermacam alat yang bisa kita gunakan untuk menggoreskan warna.

Tips menggunakan aplikasi android sketch

  1. Jangan takut untuk berkreasi! Jangan ragu dan nikmati setiap goresan yang ada.
  2. Gabungkan stiker dengan warna. Banyak-banyaklah melihat karya orang lain. Ini akan memberikan Anda ide dan inspirasi.
  3. Apresiasi karya Anda. Banggalah dengan karya Anda. Bukan untuk sombong, namun untuk terus berkarya.

Sejauh ini, aplikasi pembuat gambar animasi dengan ragam stiker, yang saya suka baru ini. Saya suka dengan ragam pilihan karakternya. Apalagi aplikasinya gratis tak berbayar.

Langkah ketiga, menganimasikan gambar kartun

Aplikasi yang saya gunakan mini movie ASUS. Aplikasi ini bawaan di tiap smartphone ASUS. Saya baru gunakan untuk hasilkan video baru kali ini. Anda juga bisa download di play store.

Sebelumnya saya gunakan aplikasi lain. Sayangnya aplikasi itu ada creditnya di tiap detik video. Jadinya kurang keren. Sedangkan aplikasi mini movie, creditnya di akhir video. Sehingga tidak mengganggu konten video.

Hingga hari ini, saya masih belum temukan aplikasi pembuat video yang tidak memberikan credit.

BACA JUGA: 5 Tips Bagi Anda Supaya Tidak Terjerumus Saat Pertama Kali Pilih Blog Self Hosted

Penggunaan aplikasi ini mudah. Saya tinggal membuka aplikasi tersebut, mengurutkan gambar mulai dari awal-akhir yang mau divideokan, dan pilih tema yang diinginkan. Kemudian tinggal diupload di instagram, youtube/media sosial kita lainnya.

Proses dari awal-akhir pembuatan video animasi ini, saya lakukan dari pukul 18.30-0.00. Tapi sebenarnya lebih cepat lagi. Karena kemarin saya mengerjakan video ini sambil lihat film.

Proses yang memakan waktu cukup lama yaitu, di langkah pertama dan kedua.

Secara keseluruhan membuat video animasi memang lebih enak dan maksimal lewat pc/laptop. Walau begitu lewat smartphone kita pun bisa.

Ini menunjukkan bahwa tidak ada halangan untuk berkarya. Apa pun alatnya bisa kita gunakan dan maksimalkan.

Penekanan paling utama ada pada, seberapa besar dan kuat niat kita untuk berkarya.

Hasil video animasi yang saya hasilkan lainnya, bisa Anda buka di cv.sandiiswahyudi.com/video-animasi. Saya juga membuka jasa pembuatan video animasi, silakan kontak saya, untuk memesan/tanya-tanya.

Selamat berkarya, ditunggu video animasinya.

20 KOMENTAR

  1. Tahun ini sulung saya ambil kelas animasi u portofolio homeschoolingnya. Kebetulan banget dpt artikel ini. Nuwun ya mas sdh sharing materi bagus ini. Mudah2an hp sy kompatibel u aplikasi2 yg diperlukan.

    • haha iya gung, dg perkembangan sekarang. kita bisa manfaatkan hal yang ada untuk membuat karya. walau begitu tentu kualitasnya masih kurang maksimal jika tak pakai PC. eh Gung kamu pakai AI kan? download di mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here