smartphone ASUS Zenfone 3 sandi iswahyudi
Pesona ASUS Zenfone 3

Zenfone 3 Antarkanku Percaya Diri Buat Video Reportase yang Layak Masuk TV —Alhamdulillah, 2012 saya terjun di dunia tulis menulis, 2014 serius menekuninya. Tulisan-tulisan yang saya buat jenisnya: reportase, esai, puisi, opini, dan resensi. Saya suka menulis reportase berhubungan dengan kuliner, wisata, dan event. Tulisan-tulisan ini, saya kirim ke beberapa media, salah satunya Harian Surya.

Lewat koran ini, selain dapat uang, foto saya juga nampang di koran tersebut 😊. Saya menulis di koran tersebut sampai 2016. Di pertengahan 2016, saya juga mulai menyeriusi dunia blog. 2017-nya, saya mulai mengenal video reportase.

Bedanya menulis dan video

Persamaan keduanya, sama-sama bertujuan memberikan informasi bagi orang lain. Perbedaannya sangat banyak, mulai dari teknik pembuatan sampai ke hasil akhirnya. Walau memang segmen keduanya berbeda, namun saya menyadari, tahun ini merupakan eranya berkarya lewat video.

Entah itu dari membuat vlog, video tutorial, video reportase/lainnya. Jadi kalau gak belajar membuat video, tentu kita akan melepaskan peluang yang ada.

Percaya diri dengan Zenfone 3 5.2 ZE520KL

Akhir 2016, alhamdulillah saya memiliki Zenfone 3 5.2 ZE520KL. Lewat smartphone ini, saya bisa membuat video dengan lebih percaya diri.  Zenfone 3 5.2 ZE520KL memiliki spesifikasi yang pas buat yang suka foto dan video. Kamera utamanya 16 MP, sedangkan kamera depan 8 MP. Serta mendukung video format 4K UHD.

Kemudian dia memiliki teknologi EIS (Electronic Image Stabilization). Teknologi ini yang membuat video yang dihasilkan bebas blur, bebas goyang, dan lebih stabil daripada smartphone lainnya.

Apalagi jika kita pandai dalam teknik mengambil gambarnya, hasilnya tentu lebih baik lagi. Seperti memakai tripod, untuk menghasilkan video lebih baik dan bagus lagi. Dengan spesifikasi yang mumpuni, akhirnya saya kemarin memberanikan diri untuk mulai membuat vlog dan video reportase.

Hikmah yang saya dapatkan dari sini, gunakan alat yang kamu miliki untuk berkarya. Jangan membatasi diri untuk berkarya!

Ini video pertama saya:

Ini vlog pertama:

Vlog di Kebun Teh Wonosari

Ini pas di Taman Kelinci Batu

3 video reportase masuk di NET TV dan dapat fee

Alhamdulillah, setelah banyak video yang dikirim, tiga video saya dimuat di NET TV, baik di TV atau di web netcj.co.id. Video yang dimuat, mendapatkan fee yang lumayanlah 😊. Pokoknya satu video dihargai lebih dari Rp 200.000. Dan saat saya tanya ke teman, harga sebuah video bervariasi.

Ini 3 video yang sudah terbit di NET TV

Jadi kalau kamu dengar, video di atas sudah ada suaranya bukan? Ya, suara itu diisi sendiri oleh pihak NET TV. Jadi saya cuma kirim video tanpa musik dan suara, dengan dekskripsi video. Nanti mereka akan mengolahnya menjadi video reportase yang cantik.

Bagaimana tertarik untuk membuat video di NET TV?

Berikut ada beberapa tips, untuk membuat video reportase yang bisa masuk di NET TV.

  1. Kamu harus memiliki alat perekam, bisa smartphone, kamera DSLR, hadycam/sejenisnya. Alat-alat minimal yang dipunya yaitu tripod. Supaya video yang dihasilkan lebih stabil dan bebas goyangan.
  2. Lihat video-video yang diterima oleh NET TV, di situs net.cj.co.id. Pelajari teknik pengambilan gambar, sudut pandang cerita, dll.
  3. Pelajari juga, topik-topik apa saja yang diterima oleh NET TV di net.cj.co.id.
  4. List tempat-tempat menarik disekitarmu yang menurutmu layak untuk dibuat video reportase.
  5. Saat proses pengambilan gambar, jangan gugup/panik. Tetap tenang, dan nikmati prosesnya. Usahakan kamu bisa mengambil semua sudut. Nantinya saat proses pengolahan video, supaya kamu memiliki banyak pilihan konten menarik.
  6. Jangan putus asa! Buat banyak video, upload ke net.cj.co.id. Yakinlah bahwa salah satu video tersebut pasti akan terbit.
  7. Untuk tips lainnya kamu bisa cek di link ini: Cara mengirim video ke NET CJ dan Tips agar video kita tayang di Program program kece NET TV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here