belajar bisnis
Berfoto dengan peserta dan asesor

“Wah, harus banyak diperbaiki nih dilini bisnis yang sudah berjalan selama satu tahun,” ucapku dalam hati.

Hem… kalau sudah ketemu sama pebisnis, walau skala masih UMKM banyak sekali pelajaran yang didapatkan. Bertanya, mendengar dari kisah mereka, langsung deh introspeksi ke bisnis yang sedang dijalani.

Kesimpulannya? Harus banyak dilakukan pembenahan dibeberapa sisi. Seperti pencatat yang rapi, bisnis model canvasnya seperti apa, dsb-nya.

Memang kalau sudah terjun ke dunia usaha, owner harus banyak bergaul dengan mereka yang berpengalaman. Agar informasi sampai pelajaran tertransfer dengan baik.

Kumpul dengan mereka yang berada di jalan dagang, juga memberikan optimis dan harapan tak pernah padam.

Begitu gak sih? Tapi itu sih yang saya rasakan.

Acara sertifikasi pengelola UMKM

Acara yang diadakan OK OCE Forever bekerja sama dengan LSP-WI dengan tajuk “Pelatihan Kewirausahaan dan Sertifikasi BNSP untuk Pengelola UMKM,” pada Sabtu dan Ahad (24-25/8/2019) di Toko Cordoba, alhamdulillah saya bisa ikuti.

Kegiatan ini, dibagi menjadi dua sesi. Sabtu berisi tentang pendalaman materi kewirausahaan dasar. Dilanjutkan pada Ahad berisi bimtek dan uji kompetensi diisi oleh LSP-WI.

Apa saja yang didapat?

Alhamdulillah saya mendapatkan banyak sekali pelajaran, dari pemateri maupun peserta.

O ya, kegiatan ini hanya terbatas untuk 20 orang saja. Saya bisa belajar dari pebisnis jaket dan tas kulit, bagaimana ia memberikan kualitas kulit super yang bisa kustom sesuai tubuh pembeli.

Sehingga ketika nanti dipakai, pas dengan badan pembeli. Kemudian bisa berkenalan dengan ibu-ibu yang menjual mukena dan kerudung buat ibu-ibu umroh.

Ternyata sebelum dibisnis sekarang, beliau jatuh bangun di usaha sebelumnya. Dan di usaha sekarang, beliau menemukan ketenangan.

Terus ada juga seorang dosen yang dia miris melihat komoditi ubi cilembu diekspor dalam bentuk belum diolah.

Padahal kata dia, ubi tersebut dioleh dalam bentuk kosmetik dll, terus dijual lagi ke Indonesia, hem…

Maka beliau pun tergerak dan membuat beragam olahan ubi cilembu. Keren… bergerak karena di dalamnya ada nilai. Usaha yang akan memberikan dampak bagi banyak orang.

Pelajarannya tidak hanya itu saja, dari dua pemateri OK OCE Forever saya dapatkan pentingnya untuk membuat pencatatan sederhana sampai ke mengisi bisnis model canvas (BMC).

Lewat BMC saya jadi tahu kekurangan dan kelebihan usaha yang dijalankan. Serta seperti apa strategi ke depannya untuk melejitkan profit.

Dua hari mengikuti acara ini, saya juga dapat Alquran hafalan cordoba, sertifikat pelatihan kewirausahaan dan sertifikat BNSP pengelola UMKM. Alhamdulillah.

Semoga lewat jalan ini, Allah bukakan jalan bagi saya dan umat Islam lainnya untuk jadi pengusaha sukses berkah. Aamiin.

Insyaa Allah siap komitmen menjadi pengusaha sukses. Semoga Allah mudahkan dan berkahi.

Emang jualan apa?

jual alquran hafalan
Pengemasan Aquran Hafalan untuk komunitas di Bandung

Alhamdulillah untuk saat ini saya jualan Alquran, buku Islam, buku bisnis, dan jam tangan. Bisa beli satu atau grosir. Tentu jika beli grosir, akan dapatkan diskon spesial.

Yuk, yang mau pesan bisa langsung kontak ke 085.755.711.079.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here