Bismillah Umroh dan Haji di Umur 30-an

Sandi Iswahyudi

umroh dan haji

Haji rukun Islam ke-5. Tentu tiap orang Islam ingin ke sana, menggenapkan rukunnya. 

Kamu yang membaca ini tentu ingin melaksanakan umroh dan haji juga sebelum ajal menjemputkan? 

Jika ya, aamiin kan ya. Semoga kita semua segera Allah undang untuk melaksanakan haji dan umroh, sekeluarga bersama orang-orang tercinta dan yang rindu ingin ke sana. Aamiin

Niatan itu muncul di pertengahan 2023

Segala sesuatunya bergantung pada niat. Jika niatnya baik, Allah akan memberikannya pahala kebaikan.  

“Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap  perbuatan tergantung niatnya.  Dan  sesungguhnya  setiap  orang  (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan”

Kitab Arba’in Nawawi

Itulah enaknya Islam, kita niat baik saja, Allah sudah catat kebaikan buat kita. 

Makanya jangan pernah takut untuk berniat baik! Jangan lihat kondisi sekarang! Namun sadarlah, kita sedang berniat untuk siapa. 

Jika niat kita untuk dan karena Allah. Kita sedang berniat kebaikan yang ditujukan kepada Dzat pemilik alam semesta dan seluruh isinya, Yang Maha Kaya dan Maha Atas Segala Sesuatu. 

Islam mengajarkan kita tentang mindset berprasangka baik kepada Allah. Bergantung kepadaNya. Maka ketika berharapnya ke Allah enggak ada yang tidak mungkin. Enggak ada yang berat. Mudah bagi Allah. 

Sampai sini, jika kamu belum ada niat, yuk segera niatkan untuk haji dan umroh bersama keluarga serta orang-orang terkasih. Aamiin bismillah. 

Niatan tentang umroh dan haji muncul di pertengahan 2023. Saat melakukan sesuatu, kemudian terjadi pergulatan batin, diskusi dengan istri, hati dan pikiran lebih condong untuk melakukan umroh dahulu. 

Mungkin ini bisa dibilang, semacam tanda dari Allah, agar kami lebih memprioritaskan hal itu. 

Kemudian istri juga mencari-cari informasi dan dapatlah pemahaman, bahwa baiknya kita ini memprioritaskan untuk melaksanakan haji. Perintah yang tercantum di urutan no. 5 di Rukun Islam. 

Sedangkan hal yang kami cari sebelumnya adalah sesuatu yang mubah atau bukan prioritas utama bila dilihat dari kaca mata syariat Islam. 

Mulai dari langkah kecil

Seiring waktu, jam, hari, pikiran dan hati seolah berkata, yuk umroh dan haji dulu diusahakan betul-betul. Kemana-mana kepikiran. 

Alhamdulillah akhirnya Allah gerakkan saya untuk membuat paspor dulu. Langkah kecil yang harus dimiliki sebelum berangkat umroh dan haji. 

Rangkuman pernak pernik membuat paspor pertama kali, cepat dengan harga normal

Semua nikmat dari Allah, alhamdulillah Allah mudahkan segala sesuatunya. Sehingga bisa dengan mudah membuat paspor. 

Daftar pengajuan permohonan paspor Ahad, 4 Juni 2023. 

Dapat jadwal kedatangan ke kantor Imigrasi Senin, 12 Juni 2023. Paspor jadi Jumat, 16 Juni 2023. Alhamdulillah cepat. Biaya pembuatan paspor sesuai yang tertera di web dan media sosial mereka, Rp 350.000,-.

Pelajaran pembuatan paspor dari teman-teman

Selanjutnya saya buat poin per poin agar enak buat dibaca dan lebih menarik ya. 

  1. Buat paspor di daerah saja, mudah dapat nomor antrian/jadwal kedatangan. Saya posisi sekarang di Bandung. Saya amati di medsos Imigrasi Bandung, banyak warga yang tidak mendapatkan jadwal, karena banyaknya permintaan. Ada yang daftar lewat aplikasi di M-Paspor pada Mei namun belum dapat jadwal juga di Juni 2023. Lantaran ya… banyaknya permintaan, dan terbatasnya jadwal antrian. Solusinya, buat paspor di daerah-daerah sekitar saja. Memang agak jauh, tapi ya bisa cepat buat dan dapat paspornya. 
  2. Harga pembuatan paspor normal Rp 350.000,- enggak usah nembak. Ada teman yang buat paspor nembak, ada juga yang pakai jalur biasa. Saya pun pakai jalur biasa, hanya bayar Rp 350.000 per kepala di Kantor Imigrasi Cianjur. Alhamdulillah mudah. 
  3. Baca berbagai ketentuan, syarat, dll di media sosial resmi Imigrasi, seperti di instagram. Saya banyak membaca berbagai informasi di instagram Imigrasi tentang berbagai hal keperluan pembuatan paspor, seperti syarat, menangani kendala di aplikasi hingga saat wawancara. Itu sangat membantu, dan terbukti saat saya buat paspor lancar tidak ada kendala. Alhamdulillah.
bubur ayam cianjur
Saat ambil paspor pada Jumat, menikmati bubur ayam khas Cianjur pada pagi hari

Tips daftar permohonan pembuatan paspor di aplikasi M-Paspor

Awalnya saya agak ragu daftar, karena baca-baca komen tentang aplikasi ini kurang baik. Namun karena sekarang, enggak ada cara lain selain daftar lewat aplikasi ya… dijalanin saja.

Berikut ada beberapa tips daftar permohonan pembuatan paspor di aplikasi M-Paspor

  1. Daftar dengan kondisi internet stabil. 
  2. Siapkan data-datanya, seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Perkawinan
  3. Isi dengan teliti dan cermat. Jangan sampai ada kesalahan dalam menginput data!
  4. Jika terjadi kendala, sabar, coba lagi hingga berhasil. Fokuskan pada tujuan utamamu untuk umroh dan haji. Agar saat aplikasinya ada eror kita enggak terbawa emosi. Tetap tenang dan sabar ya. 
  5. Jika sudah berhasil daftar. Cepat catat, tanggal kedatanganmu ke kantor Imigrasi jangan sampai kelupaan ya!

Syarat pembuatan paspor

Bawa dan foto kopi syarat-syarat di bawah ini:

  1. KTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta kelahiran/ijazah/akta perkawinan/buku nikah
  4. Print bukti pendaftaran M-Paspor (tersedia di aplikasinya, nanti tinggal download dan print)
  5. Bawa materai 10.000 

Langkah kecil selanjutnya

Alhamdulillah setelah paspor sudah jadi, langkah kecil selanjutnya mengumpulkan informasi, menabung, dan berprasangka baik kepadaNya. 

Kami sudah dari beberapa minggu kebelakang mencari info seputar haji dan umroh.

Kami dapati ada banyak travel yang menyediakan paket menarik, seperti umroh plus Turki, umroh plus Aqsa, dll.

Bismillah umroh dulu haji kemudian

Kami ingin, bisa umroh plus Aqsa. Kenapa?

Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian bersusah payah melakukan perjalanan jauh, kecuali ke tiga Masjid. Yaitu Masjidku ini (Masjid Nabawi di Madinah), Masjidil Haram (di Makkah) dan Masjid Al Aqsa (di Yerusalem).”

HR. Muslim

Itulah alasannya. Ingin umroh sekaligus ke Masjid Al-Aqsa. 

Bismillah kami ingin bisa umroh dahulu secepatnya, targetnya tahun ini. Nanti saat di masjidil Haram di depan Kabah dan tempat-tempat mustajab lainnya, berdoa kepada Allah, agar Allah mudahkan kami berangkat umroh dan haji lagi bersama orang-orang tercinta. 

Bismillah semoga Allah mudahkan saya dan kita semua bisa haji dan umroh ya, yuk “Aamiin” kan sama-sama. 

Keutamaan haji dan umroh 

Dari Abdullah bin Mas’ud RA, dia berkata, “Rasulullah ﷺ bersabda, “Ikutkanlah antara ibadah haji dan ibadah umroh, karena keduanya menghilangkan kefakiran dan dosa sebagaimana api pandai besi menghilangkan karat besi dan menghilangkan kotoran emas dan perak.” 

Selengkapnya keutamaan haji dan umroh bisa ditonton divideo di bawah ini:

Kontemplasi

Ustadz Adi Hidayat mengingatkan, agar kita berniat dan mengusahakan untuk haji dan umroh. Berusaha, berusaha, nabung-nabung, berdoa, dan berprasangka baik kepadaNya.  

Bismillah. Wahai jiwa, mari yakinkan dalam diri, untuk berniat haji dan umroh sebelum ajal menjemput. Ingatlah yakinkan mata, telinga, hati dan pikiran bahwa Allah Maha Kaya, mudah bagiNya untuk memberangkatkan kita haji dan umroh. 

Maka jangan batasi diri ini dengan pikiran yang kerdil! Jangan ukur dengan kondisi saat ini! Tapi ukurlah dengan siapa kita berhubungan. 

Pakailah kaca mata iman, kita melakukan ini untuk siapa. Maka jika untuk dan karena Allah. Tentu akan jadi mudah, lantaran Allah yang memiliki segala sesuatu. 

Setelah mindset sudah benar dan tepat, langkah selanjutnya ikhtiar dengan cara menabung, membuat paspor, menulis, afirmasi, menggali ragam informasi terkait haji dan umroh, berdoa padaNya, selanjutnya tawakal. 

Bismillah, Allah pasti akan mudahkan dan Allah akan berikan yang terbaik untuk hamba-hambaNya. 

Jika kita renungkan, ada banyak pertolongan dan keajaiban-keajaiban yang Allah hadirkan sejak dalam kandungan hingga kita seperti sekarang. 

Maka, memberangkatkan haji dan umroh, tentu menjadi perkara mudah bagiNya. Semoga Allah mudahkan, lancarkan, berkahi, dan layakkan kita untuk memenuhi panggilanNya. 

Bismillah yuk haji dan umroh bersama orang-orang tercinta! Aamiin kan sama-sama ya. 

Mari selalu berprasangka baik kepadaNya. 

Baca juga:

Sandi Iswahyudi

Senang menulis sisi positif kehidupan dan berbagi catatan digital marketing. Memiliki usaha salah satunya jual Alquran grosir

Tinggalkan komentar

Open chat
Halo

Ada yang bisa dibantu?