pesawat terbang sandi iswahyudi13 Tips Mudik Aman, Nyaman, dan Selamat dengan Pesawat Terbang — Insya Allah sebentar lagi idul fitri. Itu artinya momen yang dinanti-nanti dan menjadi agenda wajib yaitu ‘mudik’ akan digelar. Kamu akan mudik kemana? Dan menggunakan apa?

Kalau aku insyaallah akan mudik ke Malang, Dampit, dan Blitar. Biasanya aku mudiknya setelah keliling dari tetangga terdekat. Aku mudik dengan saudaraku menggunakan mobil.

Nah bagi kamu yang mudiknya antar provinsi atau pulau, mudik gunakan pesawat terbang, jadi alternatif pilihan yang tepat. Dikarenakan selain cepat, juga tidak akan kena macet.

Alhasil waktu untuk keluarga jadi semakin banyak, tidak menguras tenaga dan emosi. O ya bagi kamu yang akan melakukan perjalanan lewat udara. Berikut #SobatAviasi rangkumkan 13 tips-tips aman, nyaman, dan selamat mudik gunakan pesawat terbang.

#SobatAviasi adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

13 Tips mudik, aman, nyaman, dan selamat

Berikut tips-tipsnya, semoga bermanfaat :

Pesan tiket di agen terpercaya

Sekarang banyak penjual tiket pesawat terbang sebaiknya sebelum membeli kamu harus berhati-hati. Pilihlah agen terpercaya atau agen yang direkomendasikan oleh temanmu.

Jika kamu ingin dapatkan harga yang lebih terjangkau. Kamu bisa membandingkan harga pesawat dari satu agen dengan agen yang lain. Dari satu aplikasi dengan aplikasi yang lain. Kamu bisa melakukan ini jika kamu memesannya jauh-jauh hari supaya dapat harga yang terjangkau.

Tata pakaian dan oleh-oleh dengan rapi

Tata pakaian dengan rapi.  Bawa pakaian dan oleh-oleh secukupnya. Sebaiknya kamu tidak membawa tas yang terlalu banyak agar tidak kesusahan membawanya.

BACA JUGA: Pengalaman Pertama Saya Naik Pesawat Terbang ke Samarinda

Pisahkan barang berharga

Barang-barang seperti KTP, tiket, dan smartphone disendirikan agar memudahkan kamu untuk check in.

Berangkat lebih awal

Sebaiknya kamu berangkat satu jam sebelum check in supaya tidak terburu-buru apalagi ketinggalan pesawat. Sebab jika sampai ketinggalan maka tiketpun hangus. Jadi, sebaiknya menunggu daripada tiketnya hanguskan?

Jangan gugup

Bagi kamu yang masih pertama kali mudik menggunakan pesawat terbang jangan gugup dan bingung, karena itu akan lebih mudah untuk dijahati orang. Sebaiknya  kalau kamu tidak mengerti  tanyakan kepada petugas yang ada disana biasanya mereka menggunakan pakaian resmi dan rapi.

Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal

Kejahatan itu terjadi dimana saja dan kapan saja. Jadi, kamu jangan mudah percaya pada orang yang baru dikenal.

Aktifkan mode pesawat

Jika sudah memasuki pesawat terbang kamu harus mengaktifkan mode pesawat di smartphone-mu, jika tidak ada mode tersebut maka smartphonemu harus dimatikan. Disebabkan jaringan pesawat dan smartphone itu sama.

Dengarkan instruksi dari awak kabin

Sebelum pesawat itu terbang awak kabin (pramugari/pramugara) selalu menjelaskan tentang standar keselamatan. Maka, apabila sesuatu terjadi kamu bisa melakukan tindakan keselamatan.

Pilihlah tempat duduk yang dekat jendela

Jika kamu check in lebih awal kamu bisa meminta ke petugasnya untuk memberikan tempat duduk disamping jendela. Tempat duduk disamping jendela adalah salah satu tempat favorit sebab kamu bisa menikmati dan memotret alam yang tersaji. Misalnya, gunung, awan, langit biru dan perkotaan. Kamu bisa memotret pemandangan yang tersaji di balik jendela jika kamu mengaktifkan mode pesawat terbang.

Isi waktu luang

Supaya kamu menikmati perjalanan di pesawat kamu bisa mengisi dengan membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film. Terpenting aktivitasmu tidak mengganggu orang lain.

Berdoa

Sebelum naik pesawat jangan lupa berdoa agar selamat.

Nikmati penerbanganmu

Tips terakhir nikmati penerbanganmu. Jadikan penerbanganmu ini berkesan, menyenangkan dan tak terlupakan.
Bagaimana siap mudik menggunakan pesawat terbang? Lakukan tips-tips yang ada diatas ya. Semoga penerbanganmu menjadi aman, nyaman, dan selamat selamanya.

Yuk tonton vlog di bawah ini:

17 KOMENTAR

  1. Mudik thn ini sayangnya ga pulang :). Nunggu agustus supaya tiket ga semahal skr 😀

    Buatku, yg rutin traveling, naik pesawat itu kyk me time sementara.. Ntah kenapa ada perasaan slalu happy tiap kali ke bandara, apalagi pas sudah di dlm pesawat… Kyk kembali ke rumah :)..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here