kawah putih bandung jawa barat sandi iswahyudi
Pesona Kawah Putih yang ingin saya kunjungi

Wisata Alam Bandung — Berbicara Bandung, jadi ingat, pengalaman saya saat masih mahasiswa dua kali ke sini. Pengalaman pertama, saat event esai yang diadakan oleh Universitas Padjadjaran. Saat itu alhamdulillah saya menjadi salah satu mahasiswa yang karyanya masuk 10 besar esai se-nasional.

Kesempatan itu tidak saya sia-siakan begitu saja. Saya langsung mengurus berbagai berkas di kampus untuk mengajukan dana. Supaya saya bisa ke Bandung dengan bantuan dana dari kampus 😊.

Kesempatan kedua saya ikuti saat terpilih menjadi salah satu peserta EMA (Ekspedisi Mata Angin).

Kedua momen di atas, saya menggunakan kereta api dari Malang, sebagai transportasinya. Kereta berangkat pukul 13.00 WIB sampai Bandung pagi hari. Perjalanan selama di kereta menuju Bandung selalu saya suka. Sebab menampilkan keindahan Indonesia yang saya belum tahu sebelumnya.

Tentang desa yang hijau dengan sawahnya, perkampungan yang khas, dan pernak-pernik yang selalu menjadikan saya rindu traveling menggunakan kereta api.

Pada sesi pertama, saya belum berkesempatan jalan-jalan. Sebab saat itu, waktu dan keuangan sangat terbatas.

Alhamdulillah di sesi kedua, saya bisa jalan-jalan ke beberapa wisata di Bandung, sebab ya, kegiatannya mengeksplor wisata di sini hehe.

Berikut beberapa wisata yang saya pernah susuri di Bandung, simak ya. Siapa tahu, bisa menjadi alternatif jika kamu berkunjung ke sini.

Tahura (Taman Hutan Raya) Ir. H. Djuanda

Saat event EMA, saya dan tim ke Tahura dahulu. Tahura memiliki lahan yang luas, di dalamnya kamu bisa menemukan Curug Omas (air terjun), Gua Jepang, Gua Belanda, museum, taman hingga outbound.

Tahura cocok juga bagi keluarga, udara segar menjadi salah satu daya tariknya.

Tentang Tahura saya pernah menulis reportasenya dan terbit di Koran Harian Surya.

Curug Dago

Setelah ke Tahura kami lanjut ke Curug Dago, air terjun yang di sana terdapat monumen raja Thailand. Di sini suasananya segar dan sunyi, disekeliling masih banyak tetumbuhan.

Tebing Keraton

Menjelang sore, kami langsung ke Tebing Keraton. Saat itu wisata ini termasuk baru dan belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Dari sini saya bisa melihat pemandangan Bandung dan alamnya yang indah. Saya bisa juga menikmati senja.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh Tebing Keraton kayak apa, bisa baca tulisan dan foto-fotonya pergidulu.com.

Bandung itu suasananya enak dan ngangenin, banyak alam yang ingin saya eksplorasi. Apalagi sekarang dengan kepemimpinan Ridwan Kamil, wajah Bandung semakin memesona.

Sepakat gak? 😊

Kemudian kalau ada kesempatan ke Bandung lagi ada beberapa wisata yang ingin saya kunjungi, beberapa di antaranya sebagai berikut.

  1. Kawah Putih

Kawah Putih berlokasi di Jalan Situ Patenggan, Rancabali, Bandung, tepatnya di kawasan wisata Ciwidey.

Kalau ke sini, kita bisa menikmati pemandangan kawah putih dengan warna air yang selalu berubah. Ditambah dengan pasirnya yang berwarna putih, turut menambah eksotisme lokasinya.

  1. Lereng Anteng Panorama Coffee

Bagi saya yang suka kopi, sepertinya wajib ke sini. Sebab saya bisa menikmati kopi panas dengan camilan sebagai pelengkap sembari menikmati pemandangan alam yang indah dari balik tenda transparan.

Hem… keren gak itu? Meskipun baru dibuka pada Juni 2016, destinasi ini jadi tempat favorit warga Bandung. Lokasinya di Jalan Baru Laksana No. 75 Pageur Maneuh, Bandung.

  1. Puncak Ciumbuleuit

Puncak Ciumbuleuit sepertinya sama kayak Wisata Paralayang di Kota Batu. Sama-sama memberikan pemandangan alam yang indah dengan gemerlap malam perkotaan.

Hem… buat foto, video atau tulisan di tempat ini, keren juga sepertinya.

  1. Stone Garden

Kalau yang ini, khusus untuk kamu yang suka naik gunung, soalnya lokasi berada di puncak Gunung Pawon, di kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kec. Cipatat, Kab. Bandung.

Lokasinya berupa hamparan batu-batu kapur yang tersebar sejauh mata memandang. Tempat yang instagramable nih.

  1. Ranca Upas

Terakhir, lokasi yang pas buat yang suka pemandangan gemerlap malam, yaitu Ranca Upas. Tempatnya di Jalan Ciwidey, Rancabali, Bandung, tidak jauh dari Kawah Putih. Kamu bisa kemah di sini, sambil menikmati pemandangan alam dengan taburan bintang-bintang.

O ya, kalau ke sini, jangan lupa bawa jaket tebal, sebab suhu saat malam hari, dingin. Berrr….

Kalau dari delapan destinasi di atas, kamu tertarik yang mana?

Kemudian bagi kamu yang ke Bandung, tapi tidak ada tempt untuk nebeng/numpang, gak usah bingung. Kamu bisa pesan penginapan di Airy Rooms.

Kamu tahukan, kalau Airy Rooms memberikan penginapan dengan harga murah. Saya kemarin saat di Jakarta menghadiri peluncuran smartphone, menginap di jaringan Airy Rooms bersama blogger dari Bali.

airy rooms penginapan sandi iswahyudi
Salah satu penginapan Airy Rooms di Bandung

Alhamdulillah sih, kami saat itu bisa dapat harga penginapan lebih murah daripada lainnya. Karena memang, hotel-hotel yang berada di bawah jaringan Airy Rooms, mudah ditemukan diberbagai titik kota, serta memiliki fasilitas cukup lengkap.

Fasilitasnya ada, AC, televisi layar datar, air minum, Wi-Fi gratis, dan kamar mandi lengkap dengan shower air hangat beserta perlengkapannya.

Jika kamu ingin dapatkan harga hotel Airy yang lebih murah lagi bisa pakai kode kupon: AHM30. Kamu bisa dapatkan diskon 30%. Lumayan bukan?

Tapi periode bookingnya, hanya sampai 30 September 2017, dan kamu bisa menginap kapan saja.

Jadi, manfaatkan kesempatan baik ini ya! Jangan ditunda lagi! Kamu tinggal buka web/aplikasi Airy Rooms, pilih hotel yang diinginkan, pesan, dan bayar deh. Mudah dan praktiskan?

Selamat berlibur ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here