angkutan kota terminal kota batu sandi iswahyudi
Terminal Kota Batu

Daftar Lengkap Jalur Operasi Angkot di Kota Batu dan 4 Tips Menaikinya — Sensasi yang terus terkenang dan membuat pengalaman perjalanan lebih berwarna, adalah naik angkutan kota (angkot) di suatu daerah.

Naik angkot bukan tentang tidak memiliki pilihan lain untuk keliling suatu daerah. Namun tentang melihat keindahan suatu daerah, dari kacamata angkot, berbagi rezeki, dan menambah kisah hingga pengalaman perjalanan.

Kota Batu, Jawa Timur termasuk daerah yang memiliki banyak jalur angkutan dengan jam operasi pagi sampai malam. Saya sangat beruntung tinggal di kota ini. Sehingga membuat saya bisa keliling melihat keindahan Kota Batu, walaupun tidak memiliki sepeda motor.

BACA JUGA: Menikmati 2 Sisi Indonesia dari Kereta Api dan Bus

Beberapa kali ke daerah lain baik di dalam dan luar Jawa. Saya menemukan fakta masih banyak daerah yang tidak memiliki angkot yang beragam jalur. Kadang, di suatu daerah cuma memiliki satu sampai dua jalur angkot, dan itu tidak sampai malam.

Saya sendiri menggunakan angkot untuk beraktivitas sejak kecil sampai sekarang. Banyak sekali pelajaran yang dapat saya ambil. Misalnya terkait kesabaran, rasa syukur, empati, menikmati keindahan dari sudut pandang berbeda, hingga kontribusi bagi lingkungan.

Ketika kita naik angkot, kita akan belajar tentang kehidupan di sana.

Di Kota Batu, terminalnya terletak di Jl. Dewi Sartika, berhadapan langsung dengan Pasar Besar Batu. Terminal Kota Batu beroperasi dari pagi pukul 5.00, sampai 19.00 WIB.

Rata-rata untuk kebanyak jalur angkot, paling mahal tarifnya Rp 5.000,- sedangkan jarak dekat/sedang Rp 4.000. Sedangkan untuk jalur seperti Angkot BSS, lebih dari Rp 5.000, dikarenakan jalurnya yang panjang.

Apakah Anda termasuk orang yang suka menggunakan angkot/transportasi umum lainnya?

Di tulisan ini saya akan berikan empat tips naik angkot, serta daftar jalur yang ada di Kota Batu. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang/akan berkunjung ke Kota Batu.

Empat tips naik angkot

  1. Sebelum naik tanyakan dahulu ke sopir/petugas dinas perhubungan disekitar terminal, terkait lokasi yang ingin Anda tuju. Jangan malu untuk bertanya!
  2. Angkot di Terminal Batu di atas pukul 19.00 WIB sudah tidak ada. Sedangkan di Terminal Landungsari, Malang masih ada. Jadi kalau Anda dari Terminal Landungsari ke Terminal Batu pukul 19.30-21.00 WIB masih bisa.
  3. Jagalah barang bawaan Anda, berhati-hatilah dengan sekeliling. Ketika makan/minum, bawalah sampah itu, kemudian jika sudah turun, buang di tempat sampah.
  4. Sebaiknya bayarlah dengan uang pas. Kadang, jika Anda nanti naik pagi, tidak ada kembalian, jika uang Anda nilainya besar.

Berikut jalur angkot yang ada di Terminal Batu

1. Angkot BL (Jurusan Batu–Landungsari PP) berwarna ungu muda

Rute: Terminal Batu – Jl. Dewi Sartika–Jl. Raya Pattimura–Jl. Raya Beji–Jl. Raya Mojorejo–Jl. Raya Dadaprejo–Pertigaan Pendem–Jl. Raya Sengkaling–Jl. Raya Mulyoagung–Jl. Tlogomas–Terminal Landungsari.

2. Angkot BTL (Jurusan Batu-Torongrejo–Landungsari PP) berwarna ungu tua

Rute: Terminal Batu–Jl. Dewi Sartika Atas–Jl. Terusan Agus Salim–Jl. Imam Bonjol–Jl. Wukir–Temas–Torongrejo (Klerek)– Jl. Wukir Ratawu–Torongrejo (Tutup)–Jl. Sawahan Bawah–Jl. Raya Beji–Jl. Raya Mojorejo–Jl. Pattimura Ngandat–Proliman–Dadaprejo Tengah–Areng-areng–Karangmloko–Semanding–Dermo–Klandungan–Terminal Landungsari.

3. Angkot BJL (Jurusan Batu–Junrejo–Landungsari via Junrejo/Jeding PP) berwarna kuning muda

Rute: Terminal Batu– Jl. Dewi Sartika Atas–Oro-oro Ombo–Jatim Park 2–Batu Secret Zoo–Batu Night Spectacular–Junrejo (Jeding)–Sumbersekar–Dau–Semanding–Jl. Sengkaling–Jl. Raya Mulyoagung–Jl. Tlogomas–Terminal Landungsari.

4. Angkot BJL (Jurusan Batu–Junrejo–Landungsari via Tlekung PP) berwarna kuning muda

Rute: Terminal Batu–Jl. Dewi Sartika Atas–Oro-oro Ombo–Jatim Park 2–Batu Secret Zoo–Batu Night Spectacular–Junrejo (Tlekung)–Sumbersekar–Dau–Semanding–Jl. Sengkaling–Jl. Raya Mulyoagung–Jl. Tlogomas–Terminal Landungsari.

5. Angkot BB (Jurusan Batu–Bumiaji PP) berwarna merah jambu bergaris hijau

Rute: Terminal Batu–Jl. Dewi Sartika Atas–Jl. Terusan Agus Salim–Jl. Agus Salim–Jl. Diran–Jl. Diponegoro–Jl. Arjuno–Jl. Kelud–Jl. Semeru–Alun-alun–Jl. Gajah Mada–Jl. Brantas–Bendo–Beru–Banaran–Bumiaji–Binangun Bumiaji.

6. Angkot BG (Jurusan Batu–Gunungsari PP) berwarna merah jambu bergaris merah tua

Rute: Terminal Batu–Jl. Dewi Sartika Atas–Jl. Terusan Agus Salim–Jl. Agus Salim–Jl. WR Supratman–Jl. Suropati–Jl. Hasanuddin–Jl. Indragiri–Sumberejo–Kapru–Kandangan–Gunungsari–Sumberejo–Jl. Indragiri–Jl. Hasanuddin–Jl. Suropati–Jl. WR Supratman–Jl. Agus Salim–Jl. Terusan Agus Salim–Jl. Dewi Sartika Atas–Terminal Batu.

7. Angkot BS kode A (Jurusan Batu–Songgoriti PP) berwarna hijau

Rute: Terminal Batu–Jl. Dewi Sartika Atas–Jl. Terusan Agus Salim–Jl. Agus Salim–Alun-alun–Jl. Gajah Mada–Jl. Achmad Yani–Jl. Suropati–Jl. Hasanuddin–Jl. Trunojoyo–Jl. Songgoriti.

8. Angkot BS kode B (Jurusan Batu–Songgoriti PP) berwarna warna hijau

Rute: Terminal Batu–Jl. Dewi Sartika Atas–Jl. Terusan Agus Salim–Jl. Imam Bonjol–Lippo Batu Plaza–Jl. Diponegoro–Alun-alun–Jl. Gajah Mada–Jl. Panglima Sudirman–Jl. Trunojoyo–Jl. Songgoriti

9. Angkot BSS (Jurusan Batu–Selecta–Sumber Brantas-Jurangkuali PP) berwarna merah jingga

Rute: Terminal Batu–Jl. Dewi Sartika Atas–Jl. Terusan Agus Salim–Jl. Sultan Agung–Jl. Abdul Gani–TMP–Jl. Suropati–Jl. Ahmad Yani–Jl. Brantas–Jl. Bukit Berbunga–Jl. Raya Punten–Selecta–Junggo–Sumber Brantas–Junggo.

10. Angkot BNK (Jurusan Batu–Ngantang–Kasembon PP) berwarna merah hati

Rute: Terminal Batu–Jl. Dewi Sartika Atas–Jl. Terusan Agus Salim–Jl. Sultan Agung–Jl. Abdul Gani–Jl. Suropati–Jl. Ikhwan Hadi–Jl. Panglima Sudirman–Jl. Trunojoyo–Pujon–Ngantang–Waduk Selorejo–Pasar Ngantang–Kasembon.

11. Angkot BGK (Jurusan Batu–Giripurno–Karangploso PP) berwarna kuning muda

Rute: Terminal Batu–Jl. Dewi Sartika Atas–Jl. Terusan Agus Salim–Jl. Agus Salim–Jl. WR Supratman–Jl. Ahmad Yani–Jl. Brantas–Bendo–Pandanrejo–Giripurno–Nglajar–Dowarih–Jaraan-Karangploso–Terminal Karangploso.

18 KOMENTAR

    • kalau dari stasiun Malang, berarti mbak bisa naik dengan dua cara.

      1. Pakai ojek/taksi online. ini satu kali, tapi ya gitu, tentu harga lebih mahal
      2. Pakai angkot. pertama dari stasiun ke Terminal Landungsari naik ADL/AL. Intinya naik angkot yang ke arah L (Terminal Landungsari) tarifnya 4rb. Selanjutnya naik angkot BJL warna kuning, nanti bilang aja turun di secreet zoo tarif 5rb.

      Jadi kalau naik angkot jarak dekat dan sedang 4rb. Sedangkan kalau jarak jaruh, misal antar terminal tarifnya 5b.

      Semoga manfaat

  1. Mba/mas, kalau dari stasiun malang mau ke batu naik angkotnya satu kali aja yah berarti?
    Harus naik angkot yang mana yah kalau dari stasiun malang ke batu?

  2. Mantap mas info nya ketika menulis ini saya berada di angkot bjl warna kuning untuk menuju Jatim park 2. Sekedar tips saja di terminal landungsari banyak calo yang menawarkan untuk naik jurusan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here