belajar finansial cermati saja sandi iswahyudi
Ingin belajar finansial? Cermati.com saja

Ingin Belajar Finansial dengan Mudah? Ya, cermati.com saja! — Saat ini, apakah Anda sudah memiliki tabungan atau bahkan kartu kredit? Atau mungkin, sebagian dari Anda, belum mengerti tentang tabungan, kartu kredit, hingga deposito?

Pertanyaan sederhana, namun mungkin belum banyak diantara Anda/saudara-saudara kita yang saat ini memiliki tabungan, dan produk-produk finansial lainnya. Mengingat, belum meratanya pembangunan dari Sabang sampai Merauke.

Saya pribadi, baru membuat tabungan sekitar 2014, saat itu karena tuntutan dari beasiswa. Pasti kalau tidak ada tuntunan seperti itu, hingga saat ini saya belum memiliki tabungan.

Apalagi sejak akhir 2014, saya menjadi freelance writer, 2015 jadi freelance reporter di careernews.id (ECC UGM) hingga saat ini. Telak, semua itu menjadikan tabungan hal wajib untuk saya miliki

Ada data mengejutkan, saya kutip dari dailysocial.net, menyatakan 60% masyarakat Indonesia tidak memiliki tabungan. Bahkan berdasarkan data dari McKinsey Personal Financsial Survey, bahwa kepemilikan produk finansial per kapita masyarakat Indonesia berada di angka 2.3. Sementara negara tetangga memiliki angka yang jauh lebih baik, yakni Thailand di angka 2.5, Malaysia di angka 5.4, dan Singapura di angka 7.7.

Apalagi, 2015 pasar ekonomi Asean telah dibuka. Warga asing bebas masuk ke Indonesia begitu pun sebaliknya. Alhasil ketika kesadaran menabung dan memiliki produk finansial lainnya masyarakat Indonesia rendah, besar kemungkinan persentase 60% tersebut, akan diisi oleh warga asing.

Sayang sekali bukan? Masak kita mau dijajah lagi, dalam hal finansial?

Padahal banyak sekali manfaat dengan Anda memiliki rekening tabungan/produk finansial lainnya. Mulai dari untuk keperluan mendesak, pendidikan, hingga bagi masa depan.

Malam tadi, saat selesai menikmati santap buka puasa. Saya membaca artikel menarik berjudul, Cermati Bangun Pondasi Untuk Menjadi Startup Fintech Terbaik Indonesia, lansir dailysocial.net.

Ada beberapa hal menarik di situ, yang saya pikir, bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan pengetahuan serta kepemilikan finansial masyarakat Indonesia.

Pertama kehadiran cermati.com untuk membangun Indonesia

Hal yang mengejutkan pertama adalah, founder cermati.com adalah putra bangsa, yaitu Oby Sumampouw lulusan Stanford University.

Oby dulunya telah bekerja diberbagai macam perusahaan berbasis teknologi di wilayah Silicon Valley—Google, Oracle, dan Linkedin. Oby berujar, kepulangannya ke Indonesia adalah untuk membangun bangsa.

Selain itu pendiri lainnya, yaitu Andhy Koesnandar seorang lulusan University of Washington dan University of Nebraska. Telah berpengalaman menjadi pimpinan software engineering di Microsoft selama tujuh tahun.

Cermati.com adalah perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi finansial. Fokusnya untuk menjadikan informasi finansial lebih mudah diakses dan lebih berguna bagi setiap orang dengan menggunakan platform teknologi.

Memang finansial menjadi salah satu faktor penting, untuk kemajuan suatu bangsa.

Kedua cermati.com berfokus pada online secara efektif

Kita tahu, perkembangan teknologi saat ini membawa kemudahan dalam mencari informasi.

Apalagi, masalah finansial sangat penting untuk diketahui dan diperhitungkan matang-matang, demi masa depan yang lebih baik. Kehadiran Cermati, akan memudahkan masyarakat, dalam mengelola keuangan.

Lebih lanjut, kemudian saya telusuri webnya. Karena tertarik dengan segala hal yang berhubungan dengan finansial. Saya pun membuka, terutama tentang tabungan.

Ternyata di cermati.com, dijabarkan berbagai jenis informasi tentang tabungan: tabungan bisnis, anak, pensiun, pegawai, haji dan tabungan berjangka. Bagi Anda yang suka dengan tabungan syariah pun juga ada informasinya.

Anda tinggal memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan keperluan.

Produk lainnya juga ada kartu kredit, deposito konvensional, deposito syariah, kredit tanpa anggunan, kredit multi guna, kredit motor, kredit mobil bekas, dan kredit kepemilikan rumah.

Di sana nanti akan diulas lengkap, mulai dari kisaran bunga atau kewajiban yang harus Anda bayarkan. Hingga keuntungan yang bisa Anda peroleh saat menggunakan produk finansial tersebut.

Alhasil dengan kehadiran cermati.com, Anda tidak akan tertipu lagi/lebih bijak dalam memilih produk-produk finansial.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda tertarik untuk tahu lebih jauh tentang tabungan, deposito, hingga kredit kepemilikan rumah?

Langsung saja mampir di cermati.com. Pelajari dulu informasinya dengan saksama, bandingkan, baru pilih produk finansial sesuai kebutuhan Anda.

Mumpung saat ini provider lagi gencar-gencarnya paket internet murah 😀

Selamat belajar finansial di cermati.com!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here