Keyboard Wireless Bluetooth 3.0 android ios sandi iswahyudi blogger indonesia
Keyboard Wireless Bluetooth 3.0

Trik Mengoneksikan Keyboard Wireless Bluetooth 3.0 ke Apple iOS, Android Phone atau Windows — Apakah kamu punya keyboard bluetooth? Sudah bisa mengoneksikan belum? Atau kamu masih menimbang-nimbang untuk membeli keyboard bluetooth? Kalau begitu, silahkan baca pengalaman saya tentang mengoneksikan keyboard bluetooth untuk ASUS Fonepad 8.

Saya mulai tertarik beli keyboard wireless bluetooth sejak memiliki ASUS Fonepad 8, tablet yang memiliki layar IPS resolusi tinggi 1280 x 800 HD. Sangat cocok digunakan untuk mendukung aktivitas saya sebagai blogger, freelance writer, dan reporter.

Alasan lainnya, ketika saya mengetik tulisan lewat laptop mata tidak bisa bertahan lama. Alhasil beberapa jam saja, mata sudah lelah. Oleh karena itu, saya kemudian berinisiatif untuk mencari informasi tentang keyboard yang bisa digunakan ASUS Fonepad 8.

Setalah saya baca disitus Kaskus, dijelaskan kalau ASUS Fonepad 8 mendukung keyboard Wireless bluetooth. Saya pun langsung berburu keyboard tersebut.

Cari di toko offline baru online

Awalnya saya mencari di toko HP sekitar rumah: Batu dan Malang. Namun saya tidak menemukannya, untuk tablet ASUS Fonepad 8. Akhirnya saya mencari via online. Saat itu saya membuka beberapa toko online, dan memutuskan untuk membeli di salah satu toko online, dengan harga terjangkau.

Harganya sekitar Rp 126.200—belum termasuk ongkos kirim.

Saya pikir kalau misal tidak bisa tidak apa-apa. Soalnya harganya cukup terjangkau, daripada lainnya. Ya, jadi semacam coba-coba untuk membeli barang di toko online. Beberapa hari setelah pemesanan keyboard tersebut sampai di rumah.

Saya langsung buka dan coba pertama kali bisa tidaknya dengan tablet saya. Ternyata keyboard tersebut tidak bisa saya gunakan. Sebab tidak tersambung dengan tablet.

Saya pun agak frustasi. Saya lihat lagi ternyata baterai keyboard ini memerlukan dua buah baterai kecil. Saya pun langsung beli saat itu juga. Saya coba lagi, namun masih tidak bisa tersambung :(.

Padahal saya sudah sesuai prosedur mengoneksikan dua perangkat lewat bluetooth. Yaitu dengan cara menghidupkan keyboard, terus saya sentuh tombol connect. Setelah itu bluetooth saya hidupkan. Namun tetap tidak bisa juga.

Hem… ada apa ya? Saya sudah coba ini beberapa kali, di hari-hari yang berbeda. Akhirnya keyboard pun saya taruh di tumpukan buku. Sampai-sampai adik saya bilang, gak bisa dipakai ta mas?

Kira-kira keyboard tidak saya gunakan sekitar dua sampai tiga mingguan. Padahal dalam hati, saya ingin menikmati sensasi berbeda dalam menghasilkan karya. Kemudian saya juga ingin memaksimalkan ASUS Fonepad 8 untuk urusan pekerjaan.

Cari informasi terus di Google dan akhirnya menemukan kuncinya

Spesifikasi keyboard wireless bluetooth-nya sendiri bisa digunakan di apple iOS, android/windows dengan minimal versi bluetooth 3.0.

Saya termasuk orang yang suka eksplorasi dan tidak mudah menyerah pada sesuatu. Saya pun menerapkan pada pencarian solusi dari keyboard wireless bluetooth ini di google. Setelah mencari dengan beragam kata kunci, akhirnya saya menemukan solusinya. Yaitu letaknya pada pengizinan koneksi untuk keyboard bluetooth.

Bagaimana jelasnya? Berikut saya jelaskan lebih lengkap, tahap-tahap supaya keyboard terkoneksi dengan smartphone, tablet, laptop/PC kamu.

Pertama lihat dahulu berapa baterai yang dibutuhkan

Kalau keyboard saya membutuhkan dua baterai kecil, untuk hidup. Mungkin ditipe lainnya hanya satu atau bahkan lebih dari dua.

Keyboard Wireless Bluetooth 3.0 android ios sandi iswahyudi blogger indonesia
Belakang keyboard, tombol on-off dan connect (Dok. Pribadi)

Kedua hidupkan keyboard dengan geser tombol on dan connect

Setelah baterai terisi, hidupkan keyboard dengan menggeser tombol ke on. Kemudian tekan tombol connect—saya tandai dengan persegi warna merah. Tanda jika sudah terkoneksi, lampu dibagian depan keyboard berkedip-kedip. Di model keyboard saya, lampu kedip-kedipnya berwarna biru.

Keyboard Wireless Bluetooth 3.0 android ios sandi iswahyudi blogger indonesia
Tanda persegi warna merah di gambar baterai, sebagai indikator keyboard siap untuk dikoneksikan (Dok. Pribadi)

Setalah lampu berkedip-kedip, langsung hidupkan bluetooth, masuk pengaturan -> bluetooth. Kemudian jika muncul nama bluetooth keyboard/sejenisnya sentuh dan sambungkan.

Tanda kalau bluetooth keyboard sudah terpasang berada di kolom perangkat dipasangkan. Seperti pada gambar yang saya kasih persegi warna merah di bawah ini.

Keempat keyboard siap digunakan untuk mengetik

Jika sudah terkoneksi, kamu bisa langsung menggunakan untuk mengetik. Kadang saya menggunakannya dengan jarak smartphone dan keyboard sekitar 50-100 cm. Manfaatnya mata bisa tetap sehat dan produktifitas bisa terjaga/lebih maksimal lagi.

Kalau aplikasi word yang saya gunakan untuk membuat tulisan yaitu polaris office. Kamu bisa menggunakan yang lain dan mendapatkannya di google play.

Kelima matikan dengan geser tombol ke off

Langkah terakhir, yang mungkin kamu lupakan, yaitu jangan lupa mematikan keyboard dengan menggesernya ke off! Langkah ini akan menghemat baterai keyboard kamu.

Bagaimana ternyata mudah bukan menyambungkan keyboard bluetooh ke smartphone?

Kuncinya, ada pada versi bluetooth smartphone kamu. Kalau di tablet saya, ASUS Fonepad 8, mengecek versi bluetooth-nya, tinggal masuk dipengaturan -> about -> hardware information.

Terus apa manfaatnya memiliki keyboard bluetooth ini?

Kalau saya rasakan ada dua manfaat dengan menggunakan keyboard tersebut.

Pertama lebih menyehatkan mata. Sebab kamu bisa mengetik dengan layar smartphone, tablet, laptop/PC dengan jarak yang cukup jauh dari biasanya.

Kedua memaksimalkan manfaat smartphone/tablet kamu untuk produktifitas. Bagi kamu yang suka bekerja dengan smartphone/tablet, tidak ada salahnya mempunyai keyboard bluetooth. Karena bisa dipastikan dalam melakukan kerja mengetik dokumen, lebih cepat.

Keyboard Wireless Bluetooth

Harga keyboard : Rp 126.200—belum termasuk ongkos kirim.

Beli bulan Juli 2015

Pilihan warna : hitam dan putih

Spesifikasi minimal versi bluetooth-nya 3.0

14 KOMENTAR

  1. Mas,mksh infonya. Tp saya boleh dibisikin nama olshopnya ga ya? Nyari yg jual kok ga nemu2…matur nuwun sanget kalau boleh tau 🙂

  2. Terima kasih banyak, kebtulan saya juga pengen punya sensasi yang sama dalam menggunakan Keyboard bluetooth wireless

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here