lifull website properti sandi iswahyudi blogger indonesiaBelajar dari Lifull.id untuk Memiliki Bisnis Online Sendiri — Dua fakta menarik tentang Indonesia, penduduknya termasuk terbesar di dunia, dan 40% lebih pengguna internet usia produktif.

Fakta ini, menjadikan Indonesia potensial untuk menjadi produsen/konsumen. Sampai saat ini, sudah banyak pengusaha luar negeri fokus memasarkan produknya di Indonesia. Sebab memang pasarnya luas.

Kalau kita memanfaatkan peluang yang ada, pasti Indonesia akan menjadi negara besar.

Saya pribadi sejak 2015 fokus bergelut dengan blog, dan kemudian menangkap peluang ini. Saya mulai mempelajari lebih dalam, dan melakukan observasi sekitar. Melihat kira-kira hal apa yang belum digarap serius di Malang dan sekitarnya.

Saya melihat hal yang belum digarap serius yaitu website. Sedangkan sosial media baik itu twitter atau instagram sudah banyak. Mulai yang kuliner, wisata, informasi hingga agenda kegiatan.

Sambil observasi lapangan, saya kemudian memutuskan ikut kelas BOS Malang, untuk mengetahui fondasi bisnis, dan segala hal yang berhubungan dengannya.

Selain observasi lapangan, saya juga mempelajari website/sosial media dari perusahaan besar. Ini menjadi salah satu cara saya, untuk bisa mempelajari kekuatan, strategi hingga kekurangan mereka. Bahkan sampai pada munculnya inspirasi untuk memunculkan ide, kemudian menerapkannya.

Salah satu website yang saya pelajari adalah Lifull.id, yaitu website khusus properti.

Keunggulan Lifull.id

Pertama mengerti keinginan konsumen

Website ini menjawab keinginan konsumen yang menginginkan informasi yang cepat, tepat, dan lengkap.

Situs ini memiliki tiga kategori yaitu, pertama properti dijual: rumah, tanah, apartemen, ruko, toko, kantor, pabrik, dan kost; kedua properti disewa: rumah, tanah apartemen, ruko, toko, kantor, pabrik, dan kost; dan ketiga perumahan baru: rumah dan apartemen.

Kemudian dilengkapi dengan lokasi, harga, foto, dan fasilitas semua ada di sini. Sehingga masyarakat yang mencari kost, kontrakan, atau investasi diproperti lebih mudah.

Konsumen bisa juga menjadikannya harga pembanding dengan tempat lainnya. Sebab Lifull.id memiliki jangkauan seluruh Indonesia.

Alhasil hanya dengan bermodal smartphone dan koneksi internet masyarakat mendapatkan beragam informasi, tanpa harus bersusah payah.

Kedua, memiliki fitur yang memudahkan konsumen

Pengalaman saya gunakan website Lifull.id sangat menyenangkan, karena menyediakan beragam fiitur untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Seperti fitur pencarian berdasarkan jalur transportasi, lewat ini saya bisa dapatkan informasi lokasi mana yang dekat dengan jalur transportasi. Hal ini sangat membantu baik bagi mahasiswa/pekerja yang ingin mudah dalam mobilisasi nantinya.

Fitur pencarian berdasarkan kriteria populer, memudahkan saya, mendapatkan informasi yang banyak diakses.

Terakhir fitur pencarian berdasarkan daerah dan peta. Jelas fitur ini memudahkan masayrakat untuk mendapatkan informasi yang cepat dan tepat.

Ketiga, tampilan website dan kecepatan

Tampilan websitenya simpel, warna dominan putih, dengan header dan footer berwarna orange. Kemudian website saya coba akses di smartphone juga mobile friendly.

Memang banyak pengakses internet menggunakan smartphone, daripada laptop/pc. Sehingga blog/website harus mobile friendly.

Keempat, produknya selau dibutuhkan

Saat ini, yang menjadi kebutuhan utama bukan hanya pangan, namun juga properti. Dibutuhkan untuk investasi atau sewa beberapa hari untuk berlibur.

Apalagi saat saya melihat dari beberapa informasi, menyebutkan, jika harga properti terus naik. Sehingga kalau investasi di sini sangat menguntungkan.

Empat poin di atas bisa saya adopsi dan modifikasi dengan kebutuhan di lapangan. Modal saya saat ini minimal, sudah memiliki cukup pengalaman terkait mengelola blog dan sosial media.

Tinggal saya menganalisa kebutuhan pasar, yang nanti bisa saya jadikan sebagai ide. Ide ini nantinya, akan saya bawa ke BOS Malang, untuk meminta pertimbangan trainer.

Mimpi saya tahun ini, punya bisnis online sendiri. Sehingga nantinya, saya bisa traveling sambil berbisnis. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here