batu caves malaysia sandi iswahyudiMeskipun negara Malaysia mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, wisata religi Batu Caves yang notabenenya adalah tempat ibadah agama Hindu tidak pernah sepi oleh pengunjung. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih maskapai penerbangan yang cocok buat kamu, salah satu maskapai yang bisa mengantarkanmu pergi ke Batu Caves adalah Malaysia Airlines.

Dengan menggunakan jasa Malaysia Airlines kamu akan turun di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur. Dari ibu kota Malaysia ini, kamu bisa menggunakan alat transportasi umum untuk menuju ke Selangor, tempat di mana Batu Caves berada.

Para wisatawan yang ingin masuk ke wisata Batu Caves tidak dipungut biaya alias gratis. Dari pintu gerbang masuk, kamu akan disambut patung Dewa Murugan berukuran raksasa dengan tinggi sekitar 42 meter. Konon patung Dewa Murugan ini adalah patung Hindu tertinggi di dunia. Setelah melewati patung berukuran raksasa tersebut, kamu akan disambut ratusan anak tangga yang akan mengantarmu menuju kuil utama.

Dengan menapaki 272 anak tangga, kamu akan sampai di kuil utama wisata religi ini. Seperti layaknya kuil Hindu kebanyakan, di sini kamu akan melihat banyak pendeta Hindu yang kerap kali mengajakmu untuk sembahyang, meskipun kamu bukan beragama Hindu. Selain itu, para pendeta tersebut akan menandai dahimu dengan sejenis cap.

Kuil Hindu yang pembangunannya dimuali sejak tahun 1970 ini memiliki tiga gua utama dan satu gua kecil. Di dalam gua pertama terdapat kuil yang bernama Sri Mahariamman, kuil ini dibangun oleh seorang berkebangsaan India bernama K. Thambosammi. Di gua kedua, kamu bisa melihat kuil terbesar di Gua Caves ini dan juga beberapa kuil kecil yang menempel di dinding gua.

Terdapat satu lagi gua yang berada di bawah anak tangga yang diberi nama Dark Cave. Sesuai namanya, gua ini sama sekali tidak terpapar oleh sinar matahari. Namun jangan kuatir, di mulut gua sudah menunggu puluhan orang yang siap menawarkan jasa untuk mengantarkanmu menuju ke dalam gua.

Jika kamu sudah puas berkeliling di Batu Caves, di tanah lapang tempat Patung Dewa Murugan berdiri adalah tempat yang paling cocok untuk beristirahat. Di sana kamu bisa melihat banyak orang berjualan makanan dan minuman, ada juga yang berjualan pernak pernik khas Batu Caves. Tidak hanya itu, ratusan burung dara akan menamani waktu istirahatmu.

Di waktu-waktu tertentu, Batu Caves akan dipenuhi oleh lautan manusia yang ingin datang menyaksikan festival Thaipusam. Festival yang rutin diadakan ini menggelar pertunjukkan kekebalan tubuh, ada juga atraksi kesurupan.

Oh ya, ada yang wajib kamu perhatikan jika ingin berkunjung ke Batu Caves, jika kamu seorang wanita, jangan menggunakan celana pendek, jika kamu tidak ingin dimarahi oleh para pendeta dan diharuskan menyewa kain yang kurang lebih seharga 10.000 rupiah.

Masih perlu pikir panjang lagi? Tidak sayang dengan waktu yang terbuang sia-sia? Buruan cek jadwal penerbangan Malaysia Airlines di https://www.traveloka.com/malaysia-airlines.

2 KOMENTAR

  1. Aduh dulu pas selangor thn 2013 gak tau kalo ada tempat sebagus ini disana. Moga next time punya kesempatan buat backpacker ke malaysia lagi deh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here