cara flash OPPO NEO 3 sandi iswahyudi
Sumber: Oppo.com

3 Cara Membetulkan Smartphone Oppo NEO 3 yang hanya Keluar Logo Saja —Apakah di antara kamu ada yang bingung sebab smartphone-nya hanya keluar logo saja? Jangan bingung ditulisan ini, saya akan berbagi tips bagi kamu supaya smartphone-mu kembali seperti semula, yang 100% bekerja.

Ceritanya begini, kemarin tetangga samping rumah meminta tolong pada saya untuk betulkan smartphone Oppo NEO 3 yang hanya keluar logonya saja.

Walau saya bukan ahli dalam dunia smartphone, tapi saya bisa cari di google untuk mengatasi permasalahan ini. Berikut saya rangkumkan perjalanan saya menemukan cara yang pas dan bekerja mengembalikan Oppo seperti semula.

BACA JUGA: 5 Alasan ASUS Zenbook UX305FA Jadi Kekasih Blogger-Traveler

Cara-cara yang saya lakukan

Cara 1

Saat itu, cara yang sudah umum dilakukan, adalah mengembalikan ke setelan pabrik. Saya matikan dahulu smartphone-nya. Kemudian saya hidupkan lagi dengan menekan tombol power + volume bawah dalam waktu lama, sampai muncul menu Oppo Recovery.

Di menu itu ternyata tidak ada tombol factory reset seperti di smartphone ASUS saya. Ternyata masing-masing smartphone pengaturannya berbeda. Alhasil saya klik reboot yang itu tidak berdampak apa-apa.

Cara 2

Saya akhirnya cari informasi di google, bagaimana cara membetulkan smartphone Oppo yang hanya keluar logonya saja. Judul yang saya temukan di google, ada yang bagaimana cara flash Oppo NEO 3, bagaimana cara bootloop Oppo NEO 3, dll.

BACA JUGA: Pengalaman 3 Bulan Lebih Bersama ASUS Zenfone Selfie

Akhirnya saya pun klik beberapa artikel teratas, dan menemukan cara sebagai berikut. Smartphone dalam keadaan mati, kemudian saya hidupkan dengan menekan tombol power + volume bawah sampai muncul menu Oppo Recovery.

Setelah itu klik wipe data and cache, dan pilih yes. Kemudian klik reboot. Ternyata cara ini juga tidak berdampak apa-apa. Hanya logo Oppo yang keluar.

Cara 3 yang 100% bekerja

Kemudian saya coba lagi cara berbeda yang ada di artikel yang sudah saya dapatkan. Di cara itu, penulis memberikan cara flash dengan download beberapa aplikasi. Seperti MTK Driver, USB vcom auto instaler, firmware, dan alat flashing.

Cara ini cukup ribet, pikir saya. Saya harus download banyak aplikasi dahulu, dan itu belum tentu berhasil.

BACA JUGA: ASUS Fonepad 8: Kekasih Kedua Blogger

Akhirnya saya tak aplikasikan cara ini. Tapi saya baca komentar-komentar yang ada ditulisan tersebut. Ada cara yang menarik saat itu dari orang yang berkomentar.

“Saya download OS terbaru di situs Oppo, kemudian menyimpan di micro SD, dan menginstalnya, 100% work gan!”

Tanpa pikir panjang, saya langsung mencobanya. Soalnya cara ini lebih mudah dan tak banyak download.

Langkah yang saya lakukan sebagai berikut:

  1. Saya download colorOS versi terbaru Oppo NEO 3 di situs Oppo
  2. Kemudian file berbentuk zip, saya taruh di micro SD, tanpa saya masukkan folder. Di mana sebelumnya micro SD sudah saya kosongkan sebelumnya.
  3. Smartphone dalam keadaan mati, dan menekan tombol power + volume bawah sampai muncul menu Oppo Recovery. Pilih install from SD, dan pilih yes.
  4. Tunggu beberapa menit, dan Oppo kembali seperti semula.

Proses instal tidak membutuhkan waktu lama, seingat saya tidak sampai 30 menit sudah selesai. Malamnya smartphone Oppo-nya saya kembalikan pada tetangga tersebut.

“Mbak ini Hp-nya.”

“Bisa a Ndi?”

“Iya mbak sudah bisa.”

“Alhamdulillah, terima kasih Ndi.”

Hikmah yang saya dapatkan dari sini. Segala macam informasi sesungguhnya sudah tersaji di google. Tinggal kita mau atau tidak memanfaatkannya. Bagi kita yang melek teknologi dan tahu cara mengoperasikannya. Sebaiknya bantulah mereka yang tidak melek dengan teknologi, untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Hal kecil yang kita lakukan, setidaknya mampu meringankan mereka, dan menghasilkan seutas senyum dan kebahagiaan.

Mari selalu berbagi manfaat pada sekitar, walau itu kecil dan sederhana sekalipun. Semoga tutorial cara membetulkan Oppo NEO 3 yang hanya keluar logo saja, bermanfaat bagimu.

16 KOMENTAR

  1. Oooo..ok..kemarin saya mengalami hal yg serupa dengan andromaks.. Nyerah..bawa ke bengkel… Dan sampai sekarang kalau habis batere suka susah hidup.. Dan kalau hidup harus kembali ke pengaturan pabrik..

    Saya bertanya dalam hati, apa yg menjadi pemicunya ya.. Karena tiba2 aja terjadi mas..

    Hasil investigasi si tukang bengkel.. Kebanyakan aplikasi..

    Sementara samsung lebih lama usianya ngga pernah sekalipun kaya gitu..

  2. Mas itu download nya apa harus di laptop/komputer ? Soal nya klo lewat hp gedhe bgt ukurannya, tkut data kehabisan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here