smartphone asus zenfone zoom s sandi iswahyudi
SS Foto bersama di atas panggung Zenfinity 2017 lewat channel youtube ASUS

Rahasia Menangkan ZenFone Zoom S dalam Lomba Video AR ASUS — Rahasia? Mungkin bagi kamu yang sudah biasa membuat video tak tertarik dengan tulisan ini. Sebab bisa jadi karya yang kamu hasilkan lebih baik daripada saya.

Kemudian informasi yang saya paparkan kamu sudah tahu/dengar. Sedangkan bagi kamu yang masih pemula (sama seperti saya), semoga tulisan ini bermanfaat buatmu.

Ok, sebelum ke intinya, tonton dahulu sampai habis video saya yang memenangkan Zenfone Zoom S.

Versi instagram:

#bismillah TERNYATA undangan ASUS #ZENFINITY2017 . . Hem 😥😫😔 beda dari sebelumnya. Beda dari yang lain. . Alhamdulillah 2 kali diundang @asusid di Jakarta dan Bali. Undangannya gak seperti ini. . Tapi undangan ke-3 kali ini, BEDA, KEREN, GAK NYANGKA, & KEJUTAN. . ASUS pakai teknologi Augmented Reality (AR) di undangannya. Coba deh tonton video ini sampai selesai. Kamu akan tahu gimana 😱😱😱 nya. . Teknologi AR sebenarnya sudah saya tahu beberapa tahun lalu. Ada yang sudah diaplikasikan di kaos dan ruang publik. . Kali ini saya tahu yang diaplikasikan di undangan. . Ini menandakan 2 hal sih, menurutku. ⚠️ASUS terus berINOVASI ⚠️ASUS penuh KEJUTAN . . Dan saya makin penasaran sama konsep acara launching kali ini. Apakah sama dengan 2 event sebelumnya yang saya hadiri. Ataukah berbeda? Kalau di undangannya si berbeda. Kalau di event? Kita lihat esok ya 🤔🤔🤔. . . Ini kalau dalam hal event. Kalau smartphone, apakah 😱😱😱 atau biasa saja? Kalau lihat dari cuplikan sekilas tentang #ZenfoneLive_ID & #ZenFoneZoomS_ID keren. Kita lihat saja esok ya. Apakah akan membuat semua mata tertuju pada 2 smartphone keren ini, atau akan berpaling ke lain hati? . . Kita lihat sama-sama 16 Mei 2017 mendatang ya. Kamu bisa lihat launching-nya live streaming di fanspage resmi ASUS INDONESIA atau channel youtube ASUS. . . Video lengkap ini ada di channel youtube ane. Mampir ya 😊 LINK FULL di 🔜 https://youtu.be/lvky32b-t4k . . Video dibuat dengan #Zenfone3 & #zenfoneselfie . . #builtforphotograpy #AsusARexperience #zenfinity2017 #ASUSaja #asus #smartphone #blogger #video

A post shared by Sandi Iswahyudi (@sandi.iswahyudi) on

Versi youtube lebih panjang:

Bagaimana menurutmu video ini?

Latar belakang lomba

Jadi sebelum saya ceritakan tahapan saya dalam membuat video di atas, ada baiknya saya jelaskan dahulu tentang latar belakang lomba ini. Supaya nanti kamu lebih enak menangkapnya.

Jadi, lomba ini, diperuntukkan untuk blogger-blogger yang tergabung di Komunitas Blus (Blogger ASUS) yang diundang dalam event Zenfinity 2017 di Jakarta.

Bahannya di dapatkan dari undangan yang dikirim oleh ASUS ke alamat masing-masing. Diundangan tersebut, terdapat informasi bahwa undangan ini menggunakan teknologi AR (Augmented Reality) dan terdapat lomba. Lombanya, membuat video yang inti temanya ekspresi dapatkan undangan AR dari ASUS.

Hadiahnya yaitu lima pemenang dapatkan Zenfone Live dan tiga pemenang utama, dapatkan Zenfone Zoom S.

Setelah saya dapatkan undangan, tanpa pikir panjang, malamnya saya membuat videonya. Setelah itu langsung saya upload di instagram dan youtube. Berikut tahapan saya dalam membuat videonya.

Tahapan pembuatan video ala saya

Pertama observasi video lawan

Kemarin saya tidak langsung membuat video, tapi saya melakukan observasi video-video yang sudah dikirim oleh teman-teman lainnya dengan gunakan #AsusARexperience.

Cara ini saya lakukan selain untuk dapatkan ide/brainstorming, juga untuk mencari pembeda antara video saya dengan lawan.

Jika poin pembeda tidak saya lakukan, pasti saya akan kalah dengan yang lain. Sebab video saya konsepnya sama dengan peserta lainnya.

Pembeda itu harus, apalagi dalam sebuah perlombaan. Minimal dengan kamu beda dengan yang lain. Kamu memiliki harapan untuk menang.

Kedua persiapan dan penyusunan ide

Setelah ide sudah saya dapatkan, maka saya menyusun dan mempersiapkan perlengkapannya. Perlengkapan yang saya gunakan kemarin, tripod, ZenFone Selfie, ZenFone 3 3 5.2 ZE520KL, dan ZenBook UX305.

ZenBook saya gunakan untuk membuat kisah di awal dan di akhir. Sedangkan ZenFone Selfie dan ZenFone 3, satu saya gunakan untuk merekam dan satu lagi untuk menjalankan AR-nya.

Proses merekam, tidak satu tahap selesai. Tapi saya harus melakukan beberapa kali perekaman, untuk mencari komposisi yang pas.

Ketiga eksekusi

Ketika semua bahan sudah siap, saatnya pengeditan. Saya ngedit dan gabungkan videonya pakai aplikasi Power Director yang lisensinya saya beli di play store. Selain mudah pengoperasiannya, harga aplikasinya murah dibanding via PC/laptop.

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk edit video, seperti Filmora, Viva Video, Kine Master, Adobe Premier Clip, dan Quik. Semuanya tersedia di play store.

O ya untuk menit awal/pembuka bertuliskan ‘SANDIISWAHYUDI.COM’ saya membuatnya sudah lama gunakan software After Effect.

Jadi dari tahapan yang sudah saya paparkan kamu sudah tahukan rahasia saya dalam membuat video?

Lihat juga dua video lain yang dapatkan Zenfone Zoom S, yaitu karya Mas Febri, Blogger Jambi dan Mbak Rahmi, Blogger Semarang.

Bagaimana menurutmu dua video di atas? Jika ingin melihat video peserta lainnya, kamu bisa cari di instagram dengan #AsusARexperience.

Poin penting dan rahasia lain dalam membuat video

Berikut saya rangkum beberapa poin penting dalam pembuatan video berdasarkan pengalaman saya.

  1. COBA SAJA & NIKMATI. Bagi kita yang sama-sama pemula. Coba saja dengan perlengkapan yang dipunya. Misal punya smartphone, ya sudah pakai itu saja. Jangan batasi diri untuk tidak berkarya karena alat! Terpenting action, action, dan action saja dahulu. Jika sudah mencoba, nikmati prosesnya. Selesaikan pekerjaan yang sudah dimulai sampai selesai.
  2. Buatlah video yang beda daripada yang lain. Temukan sesuatu yang beda. Apalagi saat membuat video. Saya sekarang juga masih proses untuk membuat video yang itu ‘khas saya.’
  3. MAKSIMAL, YAKIN, DAN DOA. Jangan lelah untuk melakukan sesuatu dengan maksimal, kemudian, berharap, yakin, dan berdoa! Dalam melakukan sesuatu, kita harus memiliki ini. Ketika kita sudah melakukan sesuatu dengan maksimal, maka berharap dan yakin adalah sesuatu yang pasti. Kita akan dapatkan dua kemungkinan yaitu menang dan kalah. Ditambah dengan doa, optimisme itu akan semakin tinggi. Misalnya kalah, kita pasti tak akan kecewa, sebab telah melakukan dengan maksimal.
  4. TERUS BERKARYA DAN BELAJAR. Ya, penutup dari poin ini adalah terus berkarya dan belajar. Jangan pernah lelah untuk belajar dari siapa pun serta kapan pun! Mari berkarya, sebagai apresiasi terhadap diri sendiri, menikmati hidup, dan bekal untuk hari esok.

Jadi, kutunggu video karyamu ya! 😊


Terakhir terima kasih saya sampaikan pada pihak ASUS yang telah mengundang saya untuk menghadiri Zenfinity 2017. Terima kasih juga telah memilih saya menjadi satu di antara tiga pemenang utama yang dapatkan ZenFone Zoom S. Insya Allah saya akan review smartphone-nya diblog ini.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here