blogger sandi iswahyudi
Kafe tempat yang asyik dan pas untuk berkumpul dan berbagi. Foto saat sharing tentang dunia blog dengan Booklicious Malang

Berbagi 8 Manfaat Jadi Blogger yang Saya Rasakan dengan Booklicious Malang — “Selamat Hari Blogger Nasional! Ngebloglah selagi muda dan single. Kau tak akan pernah tau kemana blog akan membawamu pergi,” Kutip dari akun twitter @TeguhSudarisman, seorang travel writer, editor, dan penulis buku Diaries 1.0.

Saya mengenal Pak Teguh Sudarisman dari bukunya Diaries 1.0, kemudian berlanjut di twitter dan facebook beliau.

Di halaman terakhir buku Diaries 1.0, beliau memberikan tip-tip bagaimana menjadi seorang travel writer.

Lewat ini saya termotivasi untuk menjadi blogger, yang suka menulis, jalan-jalan, dan bertemu dengan banyak orang.

Berlanjut 2013 bulan akhir, saya tahu dunia blog dari Mas Ridho Penggagas Komunitas Booklicious Malang. Beliau seorang blogger yang kontennya khusus bahas buku.

Alhasil sejak 2013 sampai awal 2015 saya ngeblog pakai blog gratisan yaitu iswahyudi779.wordpress.com dan sandibuku.tumblr.com.

Namun, saya baru merasakan indah dan nikmatnya dunia ngeblog saat memutuskan diri untuk membuat domain sendiri/blog berbayar.

Berbekal hasil pekerjaan menjadi penulis konten di chripstory.com yaitu sekitar $ 100. Saya memutuskan untuk membuat domain sendiri yaitu sandibrand.com, pada Maret 2015.

Saya membuat blog cuma dalam waktu satu harian saja. Sedangkan untuk pengembangan hingga menjadi tampilan seperti sekarang, saya berproses.

Artinya saya banyak bertanya di google, selain sesekali tanya ke sesama blogger.

Sekarang, delapan bulan ngeblog dengan domain sandibrand.com saya banyak merasakan manfaatnya.

Berikut saya paparkan delapan manfaat yang sudah saya rasakan berkat jadi blogger dengan domain sendiri.

Di mana delapan manfaat ini, kemarin sore (27/10/2015)  saya bagi, saat menjadi pemateri di acara Komunitas Pecinta Buku Booklicious Malang. Dihadiri oleh delapan anggota dari berbagai kampus di Malang Raya.

Salah satu motivasi saya, agar mereka nanti juga bisa berkontribusi positif bagi sekitar lewat tulisan.

Pertama memudahkan saya mendapatkan pekerjaan

Awal bulan 2015 saya melamar sebagai freelance reporter di careernews.id.

Yaitu website yang dikelola oleh Engineering Career Center Universitas Gadjah Mada (ECC UGM), pusat karier di bawah Fakultas Teknik UGM, yang bergerak dibidang informasi karier, pengembangan diri, dan layanan rekrutmen.

Websitenya sendiri berisi informasi karier dan pengembangan diri untuk mahasiswa, pencari kerja, wirausaha, dan mereka yang baru mulai meniti karier di dunia kerja.

Alhamdulillah saya diterima, walaupun sebenarnya untuk wilayah Malang tidak dibuka. Namun dengan portofolio saya yang ada diblog, akhirnya saya diterima oleh mereka hingga sekarang.

Kemudian bulan Oktober 2015 ini, saya juga selesai ttd kontrak selama 6 bulan bersama hellomalangku.com, sebagai kontributor travel writer.

Hellomalangku.com sendiri, merupakan situs yang dikelola di bawah naungan ezytravel.co.id. Mereka menerima saya, juga melihat dari karakter tulisan di blog saya.

Dua fakta yang sudah saya alami di atas, sesuai dengan penelitian yang disebutkan dalam buku Personal Brand-INC.

“Bahwa 77% rekruiter mencari calon karyawannya lewat google.”

Kenapa lewat google? Karena rekruiter bisa melihat bagaimana karakter kita dari konten yang kita hasilkan.

Jadi kalau sekarang masih suka galau di media sosial, secepatnya dirubah ya. Sudah saatnya berbagi hal positif di dunia maya.

Kedua, jadi pemateri di Universitas Mulawarman, Samarinda

Manfaat kedua baru saja saya rasakan Jumat (23/10/2015) kemarin. Saya menjadi pemateri, karena dari panitia tahu blog saya, dan melihat lebih jauh di portofolio.

Alhasil mereka pun tertarik, dan menjadikan saya sebagai pemateri Seminar Branding 2015 tentang “Bagaimana membangun branding lewat tulisan.”

BACA JUGA: 6 Trik yang Saya Gunakan Saat Menjadi Pemateri di Universitas Mulawarman, Samarinda

Selain pemateri di Samarinda kemarin, saya juga beberapa kali diundang untuk berbagi tentang kepenulisan dan blog.

Pengalaman seperti ini menjadikan saya semakin tahu manfaatnya ngeblog. Serta memotivasi diri untuk menyebarkan virus ngeblog.

Kesempatan kemarin menjadi pemateri di Samarinda, juga membuat kedua orang tua saya bangga. Beliau senang saat saya izin untuk meminta ridha mereka.

Pak, lalek kulo dadi pemateri nasional jenengan seneng ta? Iyo ta, seneng. Alhamdulillah pak, kulo dados pemateri ten Universitas Mulawarman (Pak kalau saya menjadi pemateri nasional bapak senang? Iya senang. Alhamdulillah pak, saya jadi pemateri di Universitas Mulawarman).”

“Ibu kulo lalek dados pemateri jenengan senenga? Yo seneng ta nak. Alhamdulillah bu, kulo dadi pemateri ten kampus negeri, Universitas Mulawarman, Samarinda. Kulo nedhi ridhone nggeh. Iyo nak, mugi-mugi berkah, lancar lan sukses

(Ibu saya kalau jadi pemateri ibu senang? Ya senang nak. Alhamdulillah bu, saya jadi pemateri di kampus negeri, Universitas Mulawarman, Samarinda. Saya minta ridhonya. Iya nak, semoga berkah, lancar dan sukses).

Semoga ini langkah awal untuk saya menjadi orang yang sukses dan bermanfaat. Aamiin.

Ketiga, mendapatkan uang dari ngeblog

Sejak serius terjun di dunia blog dengan membuat domain sendiri sandibrand.com. Saya jadi merasakan sendiri, kalau lewat dunia maya bisa menghasilkan uang.

Pengalaman pertama saat saya mendapatkan job review dari salah satu toko online, dengan harga per posting 85 ribu.

Saat itu saya ingin harga yang lebih tinggi, ternyata mereka tidak mau. Dikarenakan rating blog saya yang masih rendah, dengan nilai alexa di atas 1 juta.

Padahal kalau ingin harga per postingan mahal minimal alexa di bawah 1 juta.

Sekarang setelah konsisten ngeblog dan belajar tentang SEO, alhamdulillah alexa saya 400 ribuan. Saya pun per postingan sudah pernah mendapatkan 500 ribu dan 800 ribu.

Hikmahnya pengalaman dan track record sangat menentukan dalam hal harga atau lainnya.

Keempat bisa berwisata, makan, dan tidur di hotel gratis

Salah satu mimpi saya bisa keliling Indonesia, melihat keindahannya, mengabadikan, dan berkontribusi positif bagi negeri.

Alhamdulillah sedikit demi sedikit mimpi itu bisa digapai. Saya bisa merasakan arung jeram di Sahabat Air dan Progo Rafting Magelang, berseluncur di Hawai Waterpark Malang, serta menikmati pesona Borobudur dari Puthuk Setumbu.

Kalau makan gratis, saya bisa merasakan nikmatnya sambal keju di Richeese Factory Malang hampir semua menu yang ada, terus di De PawonSoga Resto, Warung Khas Batu, Moring Cangkang Kerang, dan Kopi Exotico.

Sedangkan hotel, saya pernah merasakan Quest Hotel Surabaya bintang tiga, terus Dinasty Smart Hotel Solo, serta The Batu Villas & Lounge.

Tak terbayangkan semua ini saya dapatkan dari menulis.

Sekarang saya percaya, bahwa menulis bukan hanya mengabadikan, namun juga membuat saya bisa terbang lebih tinggi. Anda pasti juga bisa!

Kelima, memiliki banyak teman blogger dari berbagai profesi

Peribahasa bilang, banyak teman, banyak rezeki dan ilmu. Saya pun percaya, dan lewat ngeblog. Saya mempunyai banyak teman di seluruh Indonesia dari berbagai profesi.

Ada yang ibu rumah tangga, pengusaha, pekerja kantoran, aktivis sosial, dosen, hingga mahasiswa. Saya biasanya belajar lewat tulisan di blog mereka, langsung diskusi via kopi darat (kopdar) atau online.

Terus saya juga ikut komunitas blogger yaitu Indonesia Food Blogger, Warung Blogger, dan Blogger Reporter Indonesia.

Saya pun beberapa kali, mendapatkan kesempatan berharga dari rekomendasi blogger lainnya. Misalnya seperti menjadi perwakilan di Pameran Produksi Indonesia 2015 di Surabaya.

Lewat ini saya mendapatkan fasilitas gratis menginap di Quest Hotel Surabaya selama dua hari dan menjadi juara, sebagai blogger terbaik di Pameran Produksi Indonesia 2015.

Kemudian di buku yang pernah saya baca—maaf lupa judulnya—banyak teman/jaringan tidak akan berpengaruh apa-apa, jika kita tidak memiliki keterampilan. Jadi mari seimbangkan antara peningkatan keterampilan dan menjalin silaturrahim.

Keenam, berkontribusi positif bagi Indonesia

Saat masih mahasiswa, apalagi masih semester muda, pasti kita terbiasa dengan kata-kata agent of change.

Hari ini pun saya baru bisa menjawab, kalau sebagai agen perubahan kita bisa bergerak dari mana saja. Terpenting apa yang kita lakukan itu memberikan kontribusi positif bagi negeri, walaupun itu kecil.

Kecil konsistenkan lebih baik, daripada besar tapi hanya satu-dua kali saja. Tapi memang lebih baik lagi, kalau besar konsisten.

Kalau saya sebagai agen perubahan salah satunya mengambil peran dengan menyebarkan konten-konten positif lewat blog sandibrand.com dan keterampilan saya menulis.

Saya percaya dan sudah banyak yang membuktikan bahwa kekuatan tulisan luar biasa. Misalnya hingga saat ini saya sudah meliput acara komunitas, usaha kecil menengah, dan wisata yang belum tereksplor.

Saya pun juga aktif dibeberapa komunitas sosial.

Ketujuh pengembangan diri

Kata Mas Muhammad Ilman Akbar, salah satu profesional yang bekerja di traveloka.com bilang pada saya melalui WA.

“Menulis itu membuat diri terus berkembang dan penulis sampai kapan pun akan terus dibutuhkan, karena dia ciptakan konten.”

Saya sepakat dengan perkataan beliau, karena alhamdulillah sejak 2013 aktif menulis saya sudah merasakan hasilnya.

Saya yang dahulunya bicara mbulet (putar-putar), sekarang jadi lebih runut dan sistematis. Kemudian, saya dahulunya masih grogi berbicara di depan orang banyak.

Sekarang dengan belajar terus menerus, alhamdulillah sudah biasa.

Selain itu, rasa dan semangat untuk saling kolaborasi satu sama lain tinggi. Sehingga ketika bertemu dengan orang baru yang terlihat memiliki visi misi sama, saya tidak segan untuk menawarkan kolaborasi.

Terpenting lagi, menulis di blog membuat saya terpacu untuk terus belajar. Karena dunia blogger itu sangatlah luas.

Kedelapan, membuka hal yang tidak pernah dibayangkan

Cuplikan dari tweet Pak Teguh Sudarisman, “Kau tak akan pernah tau kemana blog akan membawamu pergi.”

Awal ngeblog dengan domain berbayar saya tidak pernah bermimpi bisa terbang naik kapal terbang ke Kalimantan dengan gratis. Alhamdulillah dengan konsisten ngeblog, mimpi itu terwujud.

Saya pun percaya, ketika saya terus konsisten ngeblog dan berbagi. Hal-hal luar biasa akan saya dapatkan dikemudian hari.

Terpenting ngeblog itu fitrahnya untuk berbagi, jadi tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang berbau materialistis semat.

Jadi sebaiknya memang, kita harus seimbangkan antara berbagi dan bekerja, lewat blog.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk terjun di dunia blogger? Jika tertarik segera terjun, dan jangan banyak tanya.

Aksi saja dahulu, jika bingung, langsung tanya ke mbah google. Di sana telah banyak tutorial yang tersedia. Atau bisa juga tanya ke blogger lainnya.

Semoga lewat postingan ini, Anda bisa mengambil manfaat. Terutama bagi yang belum/masih tertarik terjun di dunia blog.

Saya yakin, keajaiban menulis itu bisa dirasakan oleh semua orang tanpa terkecuali. Sekarang tinggal apakah Anda yakin, jika menulis akan memberikan keajaiban pada diri Anda?

Selamat ngeblog.

48 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here