wirausaha muda mandiri sandi iswahyudiAnda Pengusaha? Ikuti WMM, Kurang 4 Hari Lagi Pendaftaran Ditutup — Ada rasa dan sikap berbeda ketika kita terjun dalam dunia bisnis. Rasa yang mungkin tak bisa dirasakan oleh mereka yang bukan pebisnis.

Saya mulai terjun dalam dunia bisnis/pengusaha, tahun ini. Dunia ini saya kenal melalui dunia blogger.

Saya mulai belajar untuk bisnis online. Menjual barang-barang, untuk konsumen yang hanya saya temui di online. Saya tidak perlu tatap muka. Hanya perlu membalas dengan responsif setiap pertanyaan dan menjaga kualitas produk.

Lewat aktivitas ini, saya merasa lebih mudah untuk melihat peluang yang ada. Menjadi semacam lebih peka daripada sebelumnya dalam hal pemanfaatan peluang.

Jika yang lain atau mereka yang bukan pengusaha, akan melihat tidak memiliki peluang, saya sebaliknya.

BACA JUGA: 13 Tips dan Trik Terjun Hingga Membangun Bisnis Online Bagi Pemula

Walau usaha saya masih kecil, dan masih tahap pemula. Tapi tak masalah. Semua memang butuh proses. Proses yang wajib untuk dinikmati oleh seorang pengusaha.

Salah satu pelajaran penting yang saya dapatkan dari aktivitas ini. Yaitu kemampuan memanfaatkan peluang sebaik mungkin. Serta berani untuk aksi, aksi, dan aksi.

Jadi ‘takut gagal’ saya buang jauh-jauh dalam diri.

Gagal akan saya dapat, ketika saya berhenti bergerak.

Kemudian salah satu nikmat yang didapat, bisa membantu orang lain. Bisa menjadi perantara rezeki dariNya.

Ketika apa yang kita lakukan memberi manfaat. Membuat orang tersenyum bahagia, maka pada saat itu, kebahagiaan akan kita dapatkan pula.

Ada perasaan tenang dan senang yang kita rasa, ketika melihat orang seperti ini. Anda jugakan pastinya?

Terus kalau jadi pengusaha, kita pun bisa kemana-mana 😀

Program WMM, untuk yang berani dan berpotensi

Ditulisan ini, saya juga ingin cerita tentang program WMM. Program yang saya tahu dari teman-teman dan media mainstream.

 

WMM kepanjangannya Wirausaha Muda Mandiri yang diadakan oleh Bank Mandiri sejak 2007.

Program ini, diadakan sebagai cara menumbuh kembangkan pengusaha muda Indonesia. Hingga hari ini, sudah lebih dari 25.000 wirausaha muda Indonesia, dapatkan pembinaan dari WMM.

Tahu sendirikan, jika saat ini jumlah pengusaha Indonesia masih sedikit, dibandingkan dengan jumlah penduduk kita.

Sasaran utama program, generasi muda Indonesia. Memiliki mimpi, kreatifitas, berani mencoba, rasa ingin tahu tinggi, dan tenaga yang banyak, menjadi salah satu pertimbangannya.

Tema program WMM kali ini, “Muda, Inovatif, Peduli.” Salah satu tujuannya Bank Mandiri ingin menumbuh kembangkan pengusaha muda yang tangguh, visioner, inovatif, serta peduli pada sesama.

Tema yang pas untuk era masa kini. Tanpa sebuah inovasi, bisnis tentu tak akan bertahan bahkan menjadi pemanang.

BACA JUGA: (+Vlog) Taman Kelinci: Wisata Baru di Jalur Wisata Paralayang

Inovasi, hal mutlak yang harus dimiliki pengusaha. Sedangkan peduli, elemen mendasar yang harus dimiliki pengusaha. Jika tak memiliki elemen ini, kenapa kita harus berwirausaha?

Hikmah lainnya dari peduli, kita bisa menciptakan ide yang bukan hanya komersil, namun juga berdampak pada sekitar. Baik dari segi ekonomi, dan kebermanfaatannya.

Terakhir, jika Anda tertarik atau ingin tahu lebih jauh tentang WMM 2016, segera mampir di -> www.wirausahamandiri.co.id. Di web tersebut banyak informasi yang akan Anda dapatkan, mulai dari tentang info event ini lebih jauh, cerita sukses, foto-foto WMM sebelumnya, dll.

Saran saya, misal Anda belum berencana ikut, tahun ini. Minimal lihat saja dahulu websitenya. Baca dan pelajari isinya. Siapa tahu Anda akan ikut pada WMM yang akan datang, insya Allah.

Saya pribadi untuk tahun ini masih belum bisa ikut. Karena baru terjun pada dunia bisnis tahun ini. Tapi tahun depan, ingin mengikuti event-event seperti ini.

Selain mengasah ide juga bisa membangun jejaring bukan?

6 KOMENTAR

  1. Program ngetop dari Bank Mandiri ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas wirausaha muda Indonesia.

    Semoga diikuti oleh pktor swasta lainnya sehingga akan semakin banyak wirausaha muda kita.

    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here