taman rekreasi selecta kota batu sandi iswahyudi
Salah satu permainan favorit di Taman Rekreasi Selecta

Taman Rekreasi Selecta Kota Batu, Si Tua yang Tak Menua — Biasanya kalau yang sudah tua waktunya untuk bersantai dan menikmati indahnya hidup. Itu sudah umum, tapi kali ini beda. Saya menemukan yang tua tapi tetap produktif, dan bahkan bisa manjakan wanita. Hem…

Kemarin Minggu (11/10/2015), saya melihat langsung fakta yang membelalakkan mata di Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu. Yaitu tua tetap produktif dan memanjakan wanita.

Saya tidak habis pikir kenapa bisa seperti itu. Padahal yang tua, biasanya tergerus oleh yang muda-muda.

Jadi kemarin waktu yang cocok dan pas sekali saya ke sana. Sehingga saya bisa belajar dari yang tua, bagaimana memanjakan wanita.

Hem… terbukti teman saya, Gea traveler asal Kalimantan Barat, saat saya ajak ke Taman Rekreasi Selecta puas dan senang. Walaupun perjalanan yang kami tempuh tidaklah mudah.

Karena kami tidak naik angkutan umum, mobil/motor saat ke sini. Melainkan dengan berjalan kaki, dari Desa Gunungsari Kota Batu.

Kalau saya perkirakan perjalanan sekitar 4-5 Km yang kami tempuh. Apalagi kami menempuhnya saat siang hari dari sebelum dhuhur sampai menjelang ashar.

Semua pengunjung yang hadir di Taman Rekreasi Selecta, saya lihat menunjukkan sikap senangnya: senyum, tertawa, dan berlarian ke sana kemari.

Inilah tua yang tetap produktif dan memberikan kepuasan bagi pengunjung wanita maupun laki-laki.

Jelas saja, Taman Rekreasi Selecta berdiri 1928, dan sampai sekarang, wisata ini tetap eksis. Luar biasa pikir saya, walaupun sudah tua namun tetap bisa menarik pengunjung.

“Taman Rekreasi Selecta itu umurnya lebih tua daripada umur ibu—umur ibu saya, 40 tahunan—nak,” papar ibu pada saya.

Di sini, memiliki bermacam-macam wahana yaitu, waterpark, mini zoo, flying fox, bahtera ayun, goa singa, berkuda, princess flowers, berkuda, kiddie ride, sky bike, taman bunga, kolam renang, dan play ground.

Fasilitasnya ada restoran, hotel, dua mushola, gazebo, dan food court.

Pesona taman bunga, membuat wanita terlena

Salah satu pesona yang menarik hati para pengunjung adalah hadirnya taman bunga. Taman bunga memiliki beragam bunga indah dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Ada yang pendek, selutut, hingga setinggi orang dewasa, serta warna yang dihasilkan pun cantik.

Saya dan Gea setelah membeli tiket masuk, langsung menuju ke kolam ikan untuk berfoto-foto. Setelah itu, membeli air minum botolan, kami langsung berjalan menuju ke taman bunga.

taman rekreasi selecta kota batu sandi iswahyudi
Kalau ke Taman Rekreasi Selecta, jangan lupa berfoto di tamannya! Tapi, jangan merusak

Ketika dalam perjalanan ke taman bunga, saya melihat wahana di waterpark dan kolam renang ramai dengan pengunjung.

Di waterpark banyak anak kecil dan sang ibu yang menunggui anak-anaknya. Sedangkan di kolam renang banyak yang remaja-dewasa.

Perjalanan melelahkan, terbayar ketika berada di taman bunga. Segar, indah, dan udara yang bersih, menjadi semacam relaksasi alami bagi tubuh.

Bunga bukan untuk kaum hawa

Apakah kamu suka dengan bunga juga, terutama kaum adam? Apakah suka foto bersama bunga juga?

Untuk pertanyaan pertama, saya suka dengan bunga. Kenyamanan dan kedamaian terasa ketika melihat bunga. Rasanya menentramkan ketika melihatnya.

Sedangkan untuk pertanyaan kedua, tidak. Saya lebih suka memfoto, daripada difoto.

Fenomena ini pun saya temukan ketika di taman bunga. Banyak laki-laki yang menjadi fotografer dadakan. Mereka bersama teman, rekan kerja, kekasih, atau sang istri.

Ada yang berfoto sendiri dengan bunga, berdua, atau bahkan ramai-ramai. Semua membaur dalam pesona taman bunga yang menawan.

Kalau di taman bunga, saya suka dengan bunga kana, yang memiliki tinggi orang dewasa. Kemarin saya menemukan ada yang warna merah muda dan kuning.

Saat sesi pemotretan, saya memilih bunga kana merah muda, yang memiliki warna sama dengan kerudung dan jaket yang Gea pakai. Sehingga saat pemotretan, Gea seolah-olah menyatu dengan bunga tersebut.

Selecta menawarkan keindahan

Keindahan yang ada di sekitaran Taman Rekreasi Selecta, tidak bisa ditutup-tutupi. Berada di ketinggian, membuat wisatawan yang berkunjung ke sini bisa melihat Gunung Arjuna, Gunung Panderman, dan pegunungan.

Apalagi, jikalau kamu menginap di Hotel Selecta, kamu bisa menikmati gemerlap lampu Kota Batu yang romantis. Serta dinginnya udara Kota Batu.

Terus, di sekitar lokasi juga mudah ditemukan penjual apel Batu. Serta bagi kamu yang ingin wisata petik apel, di sekitar sini banyak yang menyediakan jasa tersebut.

Tua yang eksis dengan wahana baru

Salah satu cara untuk tetap bertahan dalam persaingan yang semakin sengit, adalah menjaga kualitas dan meningkatkan fasilitas yang ada.

Kualitas di Taman Rekreasi Selecta yang masih terjaga hingga sekarang adalah pesona alam yang indah, udara yang masih segar. Serta pengunjung bisa menikmati taman bunga untuk sekadar relaksasi hingga lokasi pas untuk mengabadikan momen.

Hal ini terbukti, dengan yang disampaikan oleh Gea pada saya. Dia bilang, ke sini karena tertarik dengan taman bunganya.

“Saya ke sini, karena tertarik sama taman bunganya San,” ucap Gea saat kami sedang menikmati taman bunga sambil duduk.

Hal sama disampaikan juga oleh Alfi, wisatawan asal Kota Batu, menurutnya, yang paling menarik di Taman Rekreasi Selecta adalah taman bunganya.

“Yang membuat saya ingin berkunjung ke sini karena taman bunganya. Lainnya saya tidak tertarik,” kisah Alfi.

Sedangkan fasilitas, salah satu yang baru adalah adanya, sky bike. Wahana yang bisa kamu gunakan untuk melihat secara keseluruhan Taman Rekreasi Selecta dari atas.

Mereka yang mencoba wahana sky bike, bukan hanya yang muda-mudi, melainkan yang suami istri juga ada. Jadi dengan menaiki wahana ini, kamu bisa mengambil sudut foto dari ketinggian hingga mencari inspirasi.

Transportasi umum dari Malang-Selecta

Berbicara tentang transportasi umum, kawasan Malang-Batu termasuk lengkap. Banyak angkutan umum yang disediakan dari berbagai jurusan.

Sehingga untuk mencapai Taman Rekreasi Selecta/wisata lainnya sangat mudah.

Jika kamu dari Malang, naiklah angkutan umum ke arah Terminal Landungsari. Angkutan yang biasa menuju ke terminal ini, pokoknya ada logo L (Landungsari), seperti ADL, GL, LG, GML, dan AL.

Setelah itu naik angkutan umum BL (Batu-Landungsari) warna merah muda dengan tarif Rp 5.000,- per orang, turun di Terminal Batu.

Kemudian diteruskan dengan naik angkutan umum arah Selecta warna orange, turun di pertigaan Taman Rekreasi Selecta, tarifnya Rp 5.000,-. Dari sini, kamu tinggal jalan beberapa meter menuju lokasi.

Jadi, bagi kamu yang ingin melihat pesona Kota Batu ke sinilah! Jika ingin relaksasi alami dan berfoto dengan bunga-bunga yang indah, ke sinilah!

Semoga wisata yang legendaris ini, tetap bertahan di tengah persaingan yang semakin sengit.

Tiga tips menikmati Taman Rekreasi Selecta

  1. Bawalah kamera baik di HP, kamera digital/DSLR. Soalnya di sini, salah satu tempat favorit untuk mengabadikan momen ya di taman bunga. Sehingga dengan kualitas kamera yang bagus, momen tersebut bisa diabadikan dengan maksimal.
  2. Siap-siap bawa jaket, bagi kamu yang tidak terbiasa dengan udara dingin. Sebab saat sore, udara di sini dingin.
  3. Bawalah bekal (makanan dan minuman) sendiri, supaya lebih hemat. Tapi bagi kamu yang gak suka ribet, di dalam Taman Rekreasi Selecta sudah banyak penjual makanan-minuman.
Taman Rekreasi Selecta
www.selectawisata.com
Tiket masuknya sebesar Rp 25.000,- per orang

43 KOMENTAR

  1. Yep, di sini memang bunganya bagus-bagus. Menurut saya Selecta adalah salah satu wujud kesadaran masyarakat Batu dalam memulihkan objek wisata yang pernah hancur–setahu saya Selecta sempat hancur gara-gara perang terus direhabilitasi oleh orang-orang yang namanya terpampang di prasasti dekat replika Prajnaparamita di dekat pintu masuk, ya :hehe.

    Oh, skybike itu begitu keren, keren, keren! Saya suka, saya suka, bahkan kalau saya ke Batu lagi, saya mau deh naik Skybike itu. Dan jangan lupa lorong mulut singa yang spektakuler kagetnya :haha. Selecta itu seru!

  2. beeeuh… Selekta masih eksis ya? hebaaat
    Dulu ke sini sekitar tahun 80-81, itu masih dingiiiiin banget. mungkin sekarang sudah gak sedingin dulu, sama seperti tempat wisata gunung yang lain seperti puncak, lembang, kaliurang, sudah mulai menghangat.

    • masih mas. sekarang ada beberapa wahana baru. ia pak sudah biasa saja. tapi bagi warga lain Batu pasti dingin. Kalau pemandangan di sini, nurut saya masih bagus dan tambah baguslah. soalnya banyak bunga2 yang dirawat hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here